Pentingnya Perencanaan Keuangan

7 July 2020

  • Share

Kawan PRIMA, bisa bersenang-senang di usia muda, dan tetap berinvestasi untuk hari tua memang menjadi kondisi keuangan dambaan setiap orang. Namun, apakah kita bisa menjalankan kondisi keuangan ideal itu, meski kebutuhan yang kian hari kian mahal? Tentu bisa! Dengan catatan bila kita memiliki perencanaan keuangan yang baik dan matang untuk saat ini, masa depan, termasuk perencanaan biaya tak terduga seperti dana darurat.

 

Hmm, emangnya perencanaan Keuangan itu apa sih?

Secara sederhana, perencanaan keuangan merupakan seni sekaligus prinsip yang perlu diterapkan untuk mengelola keuangan pribadi, rumah tangga maupun bisnis agar lebih efektif dan efisien. Jika digambarkan, perencanaan keuangan itu merupakan ‘roadmap’ kita untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Untuk menyusunnya pun kamu perlu melakukan pendekatan ilmu keuangan, logika dan seni kelola uang agar tujuan keuangan dapat tercapai dengan baik. Jadi, ingat ya Kawan PRIMA perencanaan keuangan itu bukan sebuah ramalan untuk masa depan dan juga tidak dapat mengubah kondisi keuangan kamu hanya dalam waktu semalam. Kenapa begitu? Ya, karena dalam praktiknya perencanaan keuangan membutuhkan waktu dan proses bahkan hingga seumur hidup. Maka, tak heran orang-orang rela merogoh kocek untuk jasa perencana keuangan (financial planner) demi perencanaan keuangan yang lebih matang.

 

Selain untuk mencapai tujuan keuangan, kira-kira apa manfaat dan pentingnya perencanaan keuangan yang membutuhkan proses belajar hingga seumur hidup?

1. Identifikasi kesalahan alokasi dana

Hal ini mungkin menjadi hal pertama yang akan kamu sadari saat melakukan perencanaan keuangan baik itu untuk jangka pendek, maupun jangka panjang. Karena dalam perencanaan keuangan, kita perlu memperhatikan sekecil apapun cashflow atau arus kas uang masuk hingga kemana saja alokasi dana dilakukan, termasuk untuk tabungan dan investasi. Perencanaan keuangan keseluruhan ini akan membuat kita menyadari kesalahahan pemanfaatan dana yang selama ini dilakukan sehingga dapat diperbaiki, dan berujung pada peningkatan cashflow.

2. Memiliki dana darurat

Tak ada yang dapat memprediksi masa depan, hal apapun bisa aja terjadi. Ibarat sedia payung sebelum hujan, dengan memiliki perencanaan keuangan yang baik kita dapat menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak. Misalnya untuk meng-cover biaya pengobatan ketika jatuh sakit, terkena musibah, atau bahkan saat tiba-tiba kehilangan sumber pendapatan.

3. Mewujudkan tujuan hidup

Nah, hal ini yang membuat perencanaan keuangan menjadi penting banget untuk dipraktikan setiap orang. Ya, memang tujuan hidup terdengar mirip dengan tujuan pada perencanaan keuangan. Namun lebih tepatnya tujuan keuangan selalu beriringan dengan tujuan hidup. Mudahnya, ketika kamu mencapai 1 (satu) tujuan keuangan, itu secara tidak langsung akan memberikan progress atau bahkan memenuhi tujuan hidupmu. Misalnya tujuan hidupmu adalah menikmati masa pensiun dengan kebebasan finanasial, dan untuk mencapainya, kamu memiliki tujuan keuangan dengan memiliki dana pensiun. Berkaitan banget kan? Nah, dengan perencanaan keuangan yang tepat seperti penghematan, menabung, atau berinvestasi tentunya akan membantu lebih dekat dengan tujuan hidup lho !

 

Terakhir, satu perencanaan keuangan tidak dapat digunakan untuk seumur hidup. Melainkan perlu ditinjau ulang dan selalu di-update saat bertambahnya jumlah tanggungan, ingin mengubah tujuan keuangan, adanya kebutuhan darurat, atau terjadi perubahan jumlah pendapatan.

 

Bagaimana Kawan PRIMA, setuju kan kalau perencanaan keuangan itu penting banget? Apalagi di tengah Pandemi ini, keadaan serba tak pasti membuat kita harus semakin teliti dalam melakukan perencanaan keuangan atau meninjau rencana yang sudah ada agar keuangan kita semua dapat survive. Intinya tetap semangat dan stay positive bagaimanapun kondisi keuanganmu ya! Bagi kamu yang ingin tau lebih mengenai cara atur keuangan di tengah Pandemi, klik disini ya…

 

Artikel Terkait:

Belajar Mengatur Keuangan Ala Milenial Cerdas

Tips Mengatur Keuangan Di Tengah Pandemi COVID-19

Investasi Yang Cocok Bagi Kaum Milenial

7 Investasi Yang Cocok Bagi Milenial

Produktif Cari Penghasilan Tambahan Walaupun #DiRumahAja

3 Cara Mudah Dapatkan Uang Tambahan

 

 

Referensi:

money.kompas.com

liputan6.com

finansialku.com

simulasikredit.com

berita lainnya

Nah, agar hubungan tetap baik dengan sesama rekan kerja di kantor, berikut tips menghadapi rekan kerja yang toxic :... Selengkapnya >
Wanita dengan cinderella complex memiliki kecenderungan untuk menilai diri sendiri dan hidup mereka tergantungan pada kedekatan sosok pelindung yakni pasangannya... Selengkapnya >
Terdapat banyak manfaat dari kebiasaan kecil yang kita lakukan setelah bangun tidur, lho. Mulai dari mendatangkan energi positif, menjadikan hari lebih bersemangat, hingga dipercaya dapat membentuk gaya hidup yang lebih sehat.... Selengkapnya >