Investasi yang Cocok bagi Kaum Milenial

4 July 2019

  • Share

Kawan PRIMA, pada edisi PRIMA News sebelumnya kita telah membahas tentang Tips Cepat Memiliki Rumah Bagi Kaum Milenial. Setelah mengikuti tips-tipsnya seperti mencari penghasilan tambahan, menabung untuk DP, menyesuaikan dengan kemampuan, dan memanfaatkan KPR, mungkin sebagian Kawan PRIMA sudah mulai mempertimbangkan untuk membeli hunian idaman. Tidak hanya punya tempat tinggal yang nyaman dan ‘kece’, milenial juga harus cerdas mempersiapkan diri untuk bekal masa tua nanti.

Daripada banyak cicilan menumpuk setiap bulannya karena terus menerus membeli gadget dan sneakers terbaru, lebih baik kita bijak mengelola keuangan yuk Kawan PRIMA. Menabung merupakan hal yang baik, namun jika hanya disimpan saja tidak akan bertambah, maka itu ada hal yang disebut investasi. Tahu nggak sih apa itu investasi? Investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu demi memperoleh timbal balik yang lebih besar di masa depan. Mengapa sih anak muda harus investasi?

"If you don't find a way to make money while you sleep, you will work until you die." kata Waren Buffet. Salah satu alasan kita berinvestasi sejak dini adalah mempersiapkan dana pensiun di hari tua nanti, atau bahkan lebih baik lagi apabila kita bisa pensiun dini alias mengalami financial freedom sebelum berusia 55 tahun. Dengan kondisi tersebut, biar uang yang bekerja untuk kita.

Namun alasan utama investasi adalah adanya inflasi. Melalui investasi yang tepat dan cermat, nilai uang kita tidak akan tergerus jumlahnya karena inflasi. Hal ini karena investasi biasanya dibarengi oleh tingkat bunga yang cukup tinggi. Selain inflasi, masih banyak alasan-alasan lain untuk berinvestasi, seperti teknologi yang kini sudah serba canggih dan mempermudah kita untuk mengakses laporan investasi, sampai rasa lebih optimis dan percaya terhadap aset yang kita tanamkan dan hasilkan.

Apa saja yang harus kita siapkan untuk berinvestasi?
Sebelum berinvestasi, hendaknya kita mempertimbangkan tiga hal terlebih dahulu: tujuan, modal, dan risiko diri. Tujuan yang jelas mempengaruhi jangka waktu dan penempatan modal investasi. Sedangkan risiko diri menggambarkan profil kita sebagai investor dalam menghadapi untung-rugi. Modal juga tak kalah penting. Modal dapat disesuaikan dengan aset yang dimiliki sekarang dan hendaknya pendapatan sudah bersifat stabil. Dengan mempersiapkan hal-hal ini, kita jadi bisa mengambil langkah selanjutnya yaitu menentukan instrumen investasi. Jangan lupa, penting juga untuk mempelajari setiap instrumen investasi dengan bijak dan penuh pertimbangan terlebih dulu.

Lalu, instrumen investasi seperti apa saja kah yang cocok untuk pemula?
Banyak instrumen investasi yang cocok untuk para pemula alias investor muda. Semua itu kembali lagi kepada ketersediaan modal dan profil kamu. Namun, melihat profil para investor muda dengan modal yang minim, instrumen yang disarankan ialah emas, reksa dana, saham, sukuk ritel, dan yang terbaru P2P (peer-to-peer lending). Nah, yang paling baru, kalian dapat mencoba berinvestasi SBR 007. Tips terpentingnya adalah jangan pernah menaruh semua uangmu di satu keranjang, sekalipun pilihan investasi andalanmu sudah terjamin dari segi keamanan dan portofolionya.

Setelah sebulan penuh menambah pengetahuan mengenai keuangan bersama Jaringan PRIMA, kini Kawan PRIMA sudah menjadi milenial yang cerdas finansial dong pastinya? Jangan ragu untuk terus baca PRIMA News ya! Akan selalu ada informasi-informasi yang menarik dan edukatif untuk Kawan PRIMA ke depannya lho.

 

BERITA TERKAIT:
Belajar Mengatur Keuangan Ala Milenial Cerdas
Ke Mana Sih Mengalirnya Pengeluaran Milenial?
Tips Cepat Memiliki Rumah Bagi Kaum Milenial



REFERENSI:
https://www.akseleran.com/blog/pengertian-investasi-dan-cara-berinvestasi/ 
https://www.finansialku.com/mengapa-harus-berinvestasi/

https://www.indopremier.com/ipotnews/newsDetail.php?jdl=21_Alasan_Kenapa_Kita_Harus_Investasi&news_id=88184&group_news=IPOTNEWS&news_date=&taging_subtype=FINANCIALPLANNINGEDUCATION&name=&search=y_general&q=investasi&halaman=1

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/26/113905626/kalahkan-inflasi-dengan-investasi-sejak-muda?page=all 
https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-smart/4-pilihan-investasi-untuk-pemula-dengan-modal-minim.page

berita lainnya

Tentu kita ingin serba praktis jika membawa uang untuk keperluan selama traveling. Yuk, simak apa saja sih kiat-kiat praktis dan aman membawa uang saat traveling!... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, saat mengalami penat rasanya ingin sekali pergi liburan ya? Namun saat merencanakan liburan, masalah lain yang seringkali timbul adalah minimnya budget. Tenang dulu Kawan PRIMA, ternyata berlibur tidak harus selalu mahal dan boros lho!... Selengkapnya >
Beli rumah sendiri sebelum menginjak usia 30 tahun bukanlah impian belaka lho Kawan PRIMA. Yuk, simak tips-tips di bawah ini...... Selengkapnya >