Tingkatkan Minat Baca dengan Tips Berikut Ini!

31 October 2023

  • Share

Kawan PRIMA, tahukah kamu bahwa setiap Oktober Indonesia memperingati Bulan Bahasa dan Sastra? Hal ini dikarenakan Oktober menjadi bulan lahirnya Bahasa Indonesia lewat deklarasi Sumpah Pemuda yang dikumandangkan pada 28 Oktober 1928 berbunyi “Kami Putra dan Putri Indonesia Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia”. Penetapan ini sudah dilakukan sejak 1980 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Nah, meskipun kita memperingati Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra, namun minat membaca warga Indonesia masih rendah loh Kawan PRIMA. Dikutip dari Kompas, data dari UNESCO mengatakan bahwa minat membaca kita masih di angka 0,001%. Itu sama saja dengan hanya satu yang gemar membaca dari seribu orang Indonesia.

 

Tapi tenang saja, PRIMA News punya tips seru buat meningkatkan minat baca kalian:

 

  1. Mulai dari Membaca yang Ringan namun Konsisten

Kawan PRIMA bisa memulai dari membaca tulisan-tulisan ringan mulai dari yang satu halaman, dua halaman, dan bisa berkembang seiring konsistensi Kawan PRIMA dalam membaca.

 

  1. Pilih Tema yang Disuka

Tema favorit tentu menjadi motivasi agar kita terus membaca. Kamu bisa mencari judul-judul menarik dari genre favorit kamu di Google atau forum-forum bacaan di sosial media supaya menambah semangat minat membacamu.

 

  1. Jauhkan Sumber Distraksi

Notifikasi HP, suara TV, atau tempat bising bisa menjadi sumber utama yang mengganggu fokus membacamu. Pilihlah tempat yang nyaman dan sesuai serta hindari benda-benda atau hal yang dapat mengganggu fokusmu.

 

  1. Buat Target

Bila ingin memulai membaca novel, buatlah target kecil-kecilan seperti sehari membaca 10 halaman. Cara seperti ini akan membuatmu terus terpacu menyelesaikan target setiap harinya.

 

Menurut data dari UNESCO, orang Eropa membaca 15-20 buku per tahun sedangkan Amerika 25 buku per tahun. Nah, jumlah ini sepertinya menarik untuk dijadikan target agar Kawan PRIMA makin semangat menumbuhkan niat membaca. Kawan PRIMA bisa mulai dari membaca 10-15 buku per tahun. Bagaimana, tertarik mencoba?

 

 

 

Sumber:

Tempo.co

Idntimes.com

Kompas.com

Glints.com

cnnindonesia.com

berita lainnya

Saat kita berwisata ke Singapura, Thailand, atau Malaysia sebaiknya kita menyebutkan payment system berbasis QR yang populer di negara tersebut seperti DuitNow (Malaysia), SGQR (Singapura), dan PromptPay (Thailand).... Selengkapnya >
Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan hak-hak konsumen dan kampanye dalam perlindungan konsumen yang dapat diterapkan ke dalam berbagai inovasi untuk perkembangan bisnis ke arah yang positif.... Selengkapnya >
Dengan memanfaatkan inovasi dalam dunia perbankan ini, Kawan PRIMA dapat merasakan pengalaman bagi-bagi THR yang lebih cepat, aman, dan nyaman.... Selengkapnya >