Ngabuburit Asik & Produktif di Tengah Pandemi

27 April 2021

  • Share

Kawan PRIMA, bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, biasanya kegiatan apa aja nih yang kamu lakukan untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa? Menyelesaikan pekerjaan? Berburu takjil untuk berbuka puasa? Atau berselancar di social media hingga azan maghrib berkumandang nih? Hehehe…. Ya, daripada memandangi jam dan terus menunggu, memang ada baiknya kita melakukan kegiatan yang produktif dan menghibur. Hmm, tapi kira-kira apa aja ya? Untuk menjawabnya, berikut ide ngabuburit asik nan produktif yang bisa kamu lakukan di rumah.

 

1. Olahraga Ringan

Kamu pasti bertanya-tanya, sudah seharian menahan haus dan lapar memang masih realistis untuk berolahraga? Eitsss, selama yang dilakukan adalah olahraga ringan 30 - 60 menit sebelum waktu berbuka, ini masih realistis kok Kawan PRIMA. Terlebih buat kamu yang menjadikan puasa sebagai ajang diet, olahraga yang dilakukan sebelum makan atau menjelang waktu berbuka puasa akan membantu diet menjadi semakin efektif. Dikatakan demikian karena olahraga yang dilakukan saat puasa membuat tubuh membakar simpanan lemak sebagai sumber energi dalam metabolisme.

 

Untuk jenis olahraga yang direkomendasikan adalah berjalan, jogging, dan bersepeda. Intinya hindari olahraga dengan intensitas yang lebih tinggi dari yang biasa kamu lakukan karena ditakutkan tubuh tak mampu melakukannya.

 

2. Memasak

Ide selanjutnya adalah memasak menu berbuka puasa-mu sendiri. Ya, dibanding kamu membeli makanan untuk buka puasa di luar rumah, lebih baik kamu mencoba memasaknya sendiri. Tak hanya membuat ngabuburit menjadi lebih seru, ini sekaligus menjadi produktif karena menambah ilmu memasak. Selain itu, karena kamu yang memproses masakan tersebut, jadi kamu bisa menjamin sendiri kebersihannya. Lalu, kalau bingung mau masak apa, kamu bisa mencari inspirasi resep masakan dari berbagai platform. Tetap ingat, selama pandemi ini sesuaikan menu makanan yang akan kamu masak. Misalnya memasak menu makanan sehat dengan bahan yang simple untuk menambah daya tahan tubuh selama berpuasa, juga memaksimalkan stok makanan yang ada didapur.

 

3. Membaca Buku

Kegiatan ini bisa jadi pilihan ngabuburit asik nan produktif. Sesuai dengan pepatah “buku merupakan jendela dunia”, percaya atau tidak ini ada benarnya bila kamu rutin membaca buku, dan melihat segala manfaat dari membaca. Misalnya ketika kamu membaca buku biografi, buku pengetahuan umum, buku rohani maupun edukasi khusus itu sudah pasti akan membawakan kamu terhadap suatu pengetahuan baru. Sama halnya dengan membaca novel, mungkin sebagian orang menganggap novel tidak mendatangkan pengetahuan baru. Tapi sebenarnya membaca novel dapat memperkaya perbendaharaan kata, perspektif, menggugah empati yang menjadikan kamu lebih open minded, meningkatkan memori hingga mengasah kreativitas. Dengan membaca novel kita bisa membayangkan tentang plot cerita, karakter yang hidup dalam novel tersebut seperti menonton film, sesuai imajinasi kita sendiri.

 

4. Menonton

Kalau kegiatan yang satu ini dijamin cocok banget buat kamu yang mau tetap melakukan kegiatan asik tapi mager, hehehe. Kalau produktif atau enggak-nya sebenarnya kembali lagi pada apa yang kamu tonton untuk ngabuburit. Misalnya bila konten yang kamu tonton memberikan nilai tambah atau pengetahuan baru untuk diri, tentunya bisa dikatakan sebagai menonton yang produktif. Untuk mendapatkan bahan tontonan, kamu bisa mengaksesnya via media online. Entah itu dakwah online, serial drama, web series, maupun talkshow kini lebih mudah di akses dengan adanya platform menonton streaming online. Untuk bahan tontonan seru dan produktif, Jaringan PRIMA merekomendasikan kamu untuk nonton bincang-bincang asik PRIMA Talk yang dapat kamu akses di youtube channel Jaringan PRIMA. Penasaran apa aja yang dibahas di PRIMA Talk? Tonton aja dulu PRIMA Talk Episode 1 dengan klik disini

 

5. Berbagi kebaikan melalui genggaman tangan

Selanjutnya, jelang ‘waktu emas’ atau momen 10 hari sebelum idul fitri, menunaikan berbagai amalan wajib di bulan puasa seperti membayar zakat bisa jadi ide ngabuburit yang asik dan produktif. Bila pada ramadan sebelumnya kamu terbiasa melakukan pembayaran zakat dengan mendatangi langsung masjid maupun lembaga zakat, tahun ini kamu bisa mencoba memberikan zakat secara online menggunakan aplikasi pembayaran atau transfer ke rekening lembaga zakat resmi. Untuk cara hitung dan bayar zakat fitrah secara online, klik disini

 

Nah Kawan PRIMA, itu tadi merupakan 5 rekomendasi kegiatan asik dan produktif yang bisa kamu coba untuk ngabuburit. Intinya tetap semangat menjalankan ibadah puasa di tengah bulan suci ramadan ini untuk memupuk berkah.

 

 

Artikel Terkait:

Tetap Produktif Saat Puasa

Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19

Makanan Unik di Bulan Ramadan

Tips Hitung dan Bayar Zakat Fitrah Online

Jadwal Sholat & Imsakiyah 1142 H/ 2021 M

 

 

Referensi:

kompas.com

hot.liputan6.com

antaranews.com

womantalk.com

halodoc.com

hellosehat.com

cermati.com

berita lainnya

Sambut Lebaran Sehat & Aman di tengah Pandemi Covid-19... Selengkapnya >
Jaringan PRIMA mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah... Selengkapnya >
Di tengah pandemi ini kita tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan aturan yang berlaku saat liburan. Kira-kira jenis wisata seperti apa yang sehat dan aman ya?... Selengkapnya >