Merdeka Finansial dengan Terapkan Financial Wisdom

6 August 2020

  • Share

Kawan PRIMA, pasti pernah dong dengar istilah merdeka finansial atau financial freedom? Ya, istilah ini sering kali kita dengar saat membahas tingkat kemapanan dalam urusan keuangan. Secara rinci, merdeka finansial banyak diartikan sebagai kondisi dimana besarnya arus pendapatan pasif yang mencukupi kebutuhan hidup, kepemilikan atas berbagai aset berharga (rumah, tanah, emas, dsb), maupun merdeka dari beban utang, dan cicilan. Hmm, intinya kondisi finansial idaman banget deh….

 

Tapi apakah merdeka finansial adalah hal yang realistis?

Tentu, realistis selama kamu berusaha meraihnya, dan akan menjadi tidak realistis bila tidak disertai effort atau usaha. Namun selain effort, ada juga lho cara agar kamu berada selangkah lebih maju, yaitu dengan menerapkan 4 Financial Wisdom. Penasaran kan apa itu Financial Wisdom dan apa 4 Finansial Wisdom yang dapat diterapkan agar merdeka finansial? Tanpa berlama-lama kita bahas satu persatu ya

 

Financial Wisdom

Sejatinya istilah Financial Wisdom digunakan untuk menggambarkan kebijaksanaan dalam mengelola keuangan atau kondisi keuangan manfaat. Dikatakan keuangan bermanfaat karena pada titik ini kamu tidak hanya melihat uang sebagai alat pemenuh kebutuhan. Lebih dari itu, kamu memanfaatkan uang yang dimiliki untuk mendatangkan manfaat dan kebahagiaan bagi diri sendiri dan juga orang di sekitarmu dengan langkah yang bijak.

 

Lalu, apa bedanya merdeka finansial dan financial wisdom?

Secara sederhana, kita bisa melihat perbedaan kedua hal ini dari sisi pencapaiannya. Merdeka finansial identik dengan pencapaian segi finansial, sedangkan untuk financial wisdom pencapaiannya adalah kebijaksanaan pengelolaan uang, dan mindset menciptakan kebahagiaan dan manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar. Financial wisdom juga kerap disebut sebagai selangkah lebih maju dari merdeka finansial. Namun uniknya untuk memiliki dan mencapai financial wisdom kamu nggak harus mencapai merdeka finansial lho…, melainkan kamu bisa melompati merdeka finansial menuju financial wisdom.

 

 

4 Financial Wisdom Untuk Gapai Merdeka Finansial

Kawan PRIMA, tanpa kamu sadari 4 financial wisdom ini adalah kebijaksanaan finansial mendasar yang mungkin saja sudah ditanamkan oleh orang tua masing-masing sejak kita masih kecil. Namun, kita cenderung mengabaikannya karena beranggapan bahwa hal-hal ini terlalu klise dan membosankan. Padahal sebenarnya masih ada nilai-nilai tertentu yang related dengan era modern saat ini lho. Kira-kira apa aja ya?

 

1. Berusaha mandiri secara finansial

Untuk mandiri secara finansial bukan hanya soal sudah berpenghasilan atau tidaknya seseorang, tapi juga tentang tanggung jawab seseorang terhadap pengeluaran pribadi atau untuk dirinya sendiri. Untuk mengetahui kamu sudah mandiri atau tidak, kamu bisa mencoba mengenali dan cek, apakah pengeluaran pribadimu masih melibatkan atau bahkan bergantung pada orang tua? Kalau jawabannya ‘tidak’ , Selamat! berarti kamu sudah memiliki setidaknya 1 financial wisdom. Sedangkan, bila jawabanmu ‘iya’ , jangan berkecil hati atau merasa rendah. Tapi, mulailah tunjukkan kepada orangtua bahwa kamu sudah dewasa, dan siap menanggung segala kebutuhanmu sendiri tanpa sokongan dari orangtua.

 

2.Beli sesuatu berdasarkan kebutuhan

Financial Wisdom yang satu ini terdengar mudah ya? Tapi, coba deh liat lagi list pengeluaranmu beberapa bulan terakhir, jangan-jangan selama pandemi dan kebanyakan waktu berdiam diri di rumah malah membuatmu jadi lebih boros dengan belanja atau jajan yang sebenarnya nggak butuh-butuh banget. Padahal, di tengah situasi pandemi yang serba nggak pasti ini seharusnya kita lebih bijak kendalikan emotional spending, dan beli sesuatu berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Untuk informasi soal bedanya kebutuhan dan keinginan serta cara kelola uang bulanan, kamu bisa klik disini ya…

 

3. Sisihkan uang untuk masa depan

Terkait menyisihkan uang, masih ingat kan nasihat orang tua untuk rajin menabung? Ya, selaras dengan hal itu, pada poin finansial wisdom ketiga, menyisihkan uang yang dimaksud adalah menabung, dan berinvestasi. Ini menjadi Financial Wisdom yang harus banget kamu terapkan dan biasakan karena dengan menabung kamu bisa siapkan dompet agar nggak kecolongan saat ada keperluan mendesak, situasi yang tak terduga, maupun hal lainnya yang sifatnya darurat. Selain menabung, berinvestasi juga penting untuk mengamankan nilai uang dari inflasi. Untuk mulai berinvestasi kamu nggak harus menunggu punya banyak uang ya Kawan PRIMA. Karena sekarang ada banyak kok platform, dan instrumen investasi yang menawarkan investasi dengan modal awal mulai dari Rp 10.000,-.

 

4. Beramal

Selain saving, financial wisdom yang nggak boleh kelewatan adalah giving. Hal ini menjadi poin penting karena dengan beramal, kita menjalankan inti dari financial wisdom, yaitu membangun mindset untuk menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri dan orang disekitar kita. Jadi, sisihkanlah sedekah secara teratur sesuai dengan keikhlasan hati dan ketetapan kepercayaan masing-masing. Jika ada rezeki lebih, tak ada salahnya menyisihkan sedekah lebih banyak juga dari biasanya untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

 

 

Nah, Kawan PRIMA sudah tau kan apa itu financial wisdom, bedanya financial wisdom dengan meredeka finansial, hingga 4 financial wisdom yang dapat kamu terapkan untuk gapai merdeka finansial? Jadi tunggu apa lagi? Yuk terapkan financial wisdom untuk gapai merdeka finansial versi kamu! Untuk Kawan PRIMA yang kehilangan pendapatan selama pandemi, ada baiknya berfokus pada kelola keuangan sembari mencari sumber pendapatan baru ya, tetap semangat dan stay positive !

 

 

Artikel Terkait:

Tips Mengatur Keuangan Di Tengah Pandemi COVID-19

Cerdas Kelola Uang Bulanan

7 Investasi Yang Cocok Bagi Milenial

Tips Terhindar Dari Investasi Bodong

Latte Factor : Penyebab ‘Bokek’ Kaum Milenial

Tips Atasi Quarter Life Crisis

 

 

Referensi:

koinworks.com

kompas.tv

magazine.job-like.com

blog.halofina.id

gentwenty.com

berita lainnya

Nah, agar hubungan tetap baik dengan sesama rekan kerja di kantor, berikut tips menghadapi rekan kerja yang toxic :... Selengkapnya >
Wanita dengan cinderella complex memiliki kecenderungan untuk menilai diri sendiri dan hidup mereka tergantungan pada kedekatan sosok pelindung yakni pasangannya... Selengkapnya >
Terdapat banyak manfaat dari kebiasaan kecil yang kita lakukan setelah bangun tidur, lho. Mulai dari mendatangkan energi positif, menjadikan hari lebih bersemangat, hingga dipercaya dapat membentuk gaya hidup yang lebih sehat.... Selengkapnya >