Hindari Belanja Overbudget Jelang Hari Raya

30 April 2021

  • Share

Bicara soal hari raya Idul Fitri, Kira-kira apa nih yang terlintas di benakmu? Apakah salat Ied? Momen silaturahmi dengan keluarga? Baju baru? Atau soal kulinernya nih? Hehehe….. Ya berbagai hal tersebut memang identik dengan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Oleh karenanya, menjelang hari raya diperlukan persiapan yang matang baik dari kesiapan hati, pikiran, termasuk persiapan lainnya yang turut meramaikan perayaan Idul Fitri.

 

Meski bukanlah hal utama, persiapan lainnya seperti pakaian baru, alat beribadah baru, hingga menyiapkan berbagai menu makanan malah terkadang membuat kita berbelanja hingga overbudget. Padahal di tengah pandemi ini, kita seharusnya lebih bijak dalam mengatur keuangan. Nah, agar belanja tetap onbudget, berikut tips hindari belanja overbudget jelang hari raya:

 

1. Atur Prioritas

Pertama, hal ini merupakan hal terpenting dalam mengatur keuangan. Baik dalam keuangan harian, bulanan, tujuan keuangan, mengelola THR, dsb. Untuk membantumu menentukan prioritas, pertama-tama kamu perlu membangun pola pikir atau mindset yang tepat. Cobalah buat list dan pisahkan antara keinginan dan kebutuhan. Tapi, apa aja sih kategori keinginan dan kebutuhan itu? Cara terbaik mengelompokkan kebutuhan dan keinginan adalah dengan memegang pemahaman dasar bahwa kebutuhan merupakan sesuatu yang diperlukan manusia untuk menunjang kehidupan. Sebaliknya, keinginan lebih mengacu pada suatu perasaan ingin memiliki sesuatu, baik segera maupun di waktu yang akan datang.

 

Dengan memprioritaskan hal yang sedang dibutuhkan untuk melanjutkan hidup kamu akan lebih mudah melakukan kontrol finansial. Lalu, saat kebutuhan terpenuhi dan masih ada budget, kamu bisa menentukan prioritas lain, misal dana darurat, tabungan, membayar zakat hingga akhirnya bila dana yang dimiliki masih ada, berbelanja barang yang kamu inginkan tentu sah saja ya, hitung-hitung buat self reward,

 

2. Review dan susun perencanaan keuangan

Kedua, setelah berhasil menentukan prioritas keuangan, kamu perlu melakukan review atas pengeluaran hari raya tahun lalu. Dari sini kamu bisa memproyeksi biaya dan menyusun perencanaan keuangan dengan menempatkan prioritas keuanganmu. Pastikan perencanaan keuangan hari raya tahun ini sesuai dengan budget yang kamu miliki, dan tidak terpaut jauh dengan review keuangan hari raya di tahun sebelumnya.

 

3. Berbelanja dengan menggunakan daftar belanja

Selanjutnya adalah tetap berbelanja dengan menggunakan daftar belanja. Ya, meski sebelumnya sudah menyusun perencanaan keuangan, saat berbelanja ada baiknya kamu tetap membawa daftar yang berisikan barang apa saja yang akan kamu beli. Hal Ini sebagai wujud antisipasi diri dari pengeluaran berlebih dan menjauhkan diri dari godaan diskon barang-barang yang ada di luar daftar. Tetap ingatkan diri untuk hanya membeli barang yang memang masuk di daftar, jangan tergiur diskon untuk barang-barang yang tidak kamu perlukan dan tidak tertulis dalam daftar belanjamu ya…..

 

4. Kontrol diri

Tak kalah penting, kontrol diri tetap diperlukan. Izinkan dirimu berbelanja, namun kamu perlu memiliki batasan diri dan berkomitmen untuk berbelanja sesuai dengan budget yang telah dianggarkan. Meski banyak godaan diskon menarik jelang hari raya, pastikan sebelum memutuskan untuk bertransaksi, cobalah pertimbangkan kembali kebutuhan akan barang tersebut. Pisahkan faktor emosi dalam diri yang memicu keinginan untuk berbelanja. Intinya, kamu harus meyakini dari dalam diri sendiri untuk berhemat.

 

Nah Kawan PRIMA, itu tadi merupakan tips hindari belanja overbudget jelang hari raya. Semoga membantumu untuk melakukan kontrol belanja, dan terakhir tetap ingat bahwa persiapan utama menyambut hari raya adalah hati, dan pikiran.

 

 

Artikel Terkait:

Bijak Kelola Keuangan Jelang Lebaran Di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Aman Belanja Online Untuk Lebaran Saat Pandemi Covid-19

Ramadan Di Tengah Pandemi Covid-19

Tetap Produktif Saat Puasa

Makanan Unik Di Bulan Ramadan

Tips Hitung Dan Bayar Zakat Fitrah Online

 

 

Referensi:

merdeka.com

cnnindonesia.com

bola.com

cosmopolitan.com

liputan6.com

berita lainnya

Sambut Lebaran Sehat & Aman di tengah Pandemi Covid-19... Selengkapnya >
Jaringan PRIMA mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah... Selengkapnya >
Di tengah pandemi ini kita tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan aturan yang berlaku saat liburan. Kira-kira jenis wisata seperti apa yang sehat dan aman ya?... Selengkapnya >