Cerdas Gunakan Kartu Kredit!

1 July 2021

  • Share

Kawan PRIMA, beragam benefit seperti cicilan 0%, potongan harga, cashback, hingga travel poin memang menjadikan kartu kredit banyak diminati. Tak hanya itu, kepemilikan kartu kredit juga kerap diidentikan sebagai bagian dari gaya hidup kelas atas yang serba eksklusif, maka tak heran  bila hal ini turut memberikan nilai prestige bagi pemiliknya. Namun, kita juga harus memahami terlebih dahulu seluk beluk kartu kredit agar dapat menggunakannya secara bijak, dan tidak memupuk utang di kemudian hari. Tapi…. bagaimana caranya? dan apa saja yang perlu di perhatikan? Untuk menjawabnya berikut kumpulan informasi agar cerdas dalam menggunakan kartu kredit.

 

 

Ketahui jenis kartu kredit dan limit kartu

Pertama dan hal yang paling mendasar adalah mengetahui dulu jenis kartu kredit. Hmmm, tapi kan banyak banget jenis kartu kredit yang beredar? Satu bank saja mengeluarkan beragam seri kartu kredit. Ya, namun bukan berarti kamu harus memiliki seluruh seri yang ada. Baiknya pilih, dan gunakan hanya satu atau maksimal dua kartu kredit saja. Sebelum mengajukan kartu kredit, mulailah dengan mengenali terlebih dahulu kebutuhanmu akan kartu kredit. Contohnya seperti akan digunakan untuk transaksi apa saja, limit yang sesuai untukmu berapa, biaya apa saja yang harus dibayarkan di luar biaya tahunan (annual fee), hingga melakukan perbandingan benefit yang paling menguntungkanmu. Hal ini penting agar kamu dapat menemukan jenis kartu yang paling tepat untuk digunakan.

 

 

Bijak Gunakan Fasilitas Tarik Tunai

Tarik tunai berbeda dengan gestun. Pengertian tarik tunai adalah menggunakan kartu kredit di mesin ATM bank terkait untuk mengambil uang tunai. Tarik tunai merupakan salah satu fasilitas yang diberikan bank kepada pemegang kartu kredit. Sedangkan gestun (gesek tunai) adalah ketika pemegang kartu kredit melakukan penggesekan kartu di mesin EDC merchant sehingga dianggap seolah-olah sedang berbelanja, padahal kenyataannya untuk mendapatkan uang tunai dan tidak ada barang yang diperjualbelikan. Bank Indonesia menyatakan praktik gestun adalah ilegal dan fasilitas tarik tunai melalui kartu kredit hanya boleh dilakukan di ATM atau bank penerbit kartu (acquirer).

Ada fasilitas tarik tunai di kartu kredit tidak boleh membuat kita kalap ya Kawan PRIMA. Kamu perlu pelajari dan perhatikan dengan baik aturan bunga maupun biaya administrasi yang dikenakan saat melakukan tarik tunai dengan kartu kredit. Besaran bunga dan biaya administrasinya sendiri tergantung kebijakan masing-masing bank penerbit kartu kredit. Jadi pikirkan kembali baik-baik sebelum melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit. Jangan demi kesenangan sesaat, kamu malah terjebak dalam jerat utang dan bunganya di masa depan.

 

 

Manfaatkan benefit semaksimal mungkin

Ketiga, tentunya adalah memaksimalkan sebaik mungkin promosi yang ditawarkan oleh kartu kredit. Ya, tentu kita perlu memilih kartu kredit dengan melakukan perbandingan, dan pilih yang promosinya paling menguntungkan serta berguna untuk kita. Misalnya memanfaatkan promo diskon dan cicilan 0%. Penawaran cicilan 0% ini dinilai sebagai keunggulan dari kartu kredit. Menguntungkan? Jelas, jadi misalnya kita belanja di merchant senilai Rp12 juta. Jika memilih cicilan 12 bulan, kita cukup membayar Rp1 juta setiap bulan tanpa ada biaya tambahan untuk cicilan tersebut.

 

Selain itu, terkadang kita juga tidak sadar bahwa setiap berbelanja dengan kartu kredit, reward point dalam kartu kredit akan bertambah. Nah, jumlah poin yang sudah terkumpul banyak ini dapat kamu nikmati manfaatnya dengan ditukarkan barang atau promo-promo menarik. Penukaran poin ini merupakan salah satu keuntungan dari kartu kredit, namun kamu harus teliti dalam memantau serta menggunakan point reward kamu. Selalu ingat bahwa promosi itu menarik, tetapi manfaatkan dan maksimalkan sesuai kebutuhan. Jangan sampai malah kamu menjadi lebih boros karena terjebak ragam promosi menarik yang ditawarkan kartu kredit

 

Gunakan untuk bayar tagihan bulanan

Selanjutnya adalah memanfaatkan kartu kredit untuk membayar berbagai tagihan bulanan seperti asuransi, internet, tv kabel, hingga tagihan telepon setiap bulan. Dengan fitur autodebet pada kartu kredit akan mempermudah kamu dalam membayar berbagai tagihan bulanan tanpa repot. Dikatakan demikian karena kamu tidak perlu membayarkannya satu per satu, melainkan akan dibayarkan terlebih dahulu dengan kartu kredit, dan sesuai tanggal tagihan kartu kredit kamu akan mendapatkan tagihan atas total seluruh biaya bulanan tersebut. Fitur yang praktis dan cocok banget kan buat kamu yang sibuk dan suka lupa bayar tagihan? Hehehe…

 

 

 

 

Memahami utang pada kartu kredit

Terakhir, dan tak kalah penting adalah kamu harus memahami asal uang pada kartu kredit itu sendiri. Ya, berbeda dengan uang pada kartu debit yang asalnya memang merupakan sejumlah dana milik pribadi, uang pada kartu kredit adalah pinjaman, dan bukan uang tambahan yang bisa kamu gunakan begitu saja. Di balik penggunaan sejumlah uang pada kartu kredit, kamu harus ingat bahwa ada kewajiban untuk tetap dibayar dan dilunasi. Jangan sampai terlalu banyak mengajukan cicilan hingga pendapatanmu tiap bulan hanya bisa digunakan untuk membayar tagihan minimum beserta bunga. Kalau itu terjadi, kamu harus melakukan finansial check up untuk mengecek kembali kesehatan keuangan karena mungkin saja selama ini penggunaan kartu kreditmu hanya untuk memenuhi lapar mata dengan menimbun utang konsumtif tuh….

 


Bayar tagihan tepat waktu

Terakhir, dan tak kalah penting yaitu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Terdengar sepele, tapi kalau telat bayar, bisa-bisa kamu dikenakan biaya tambahan berupa denda keterlambatan bayar. Besarnya denda yang dibebankan beragam, tergantung kebijakan masing-masing bank penerbit kartu kredit. Lebih jauh, bila akhirnya kamu tidak membayar tagihan kartu kreditmu secara terus menerus, maka secara tidak langsung kamu akan mencetak credit score yang buruk di catatan bank penerbit kartu maupun Bank Indonesia.

 

 

Nah Kawan PRIMA, itu tadi merupakan kumpulan informasi yang perlu kamu perhatikan dan pertimbangkan agar cerdas dalam menggunakan kartu kredit. Bertransaksi dengan kartu kredit memang mudah dan praktis, namun perlu dilakukan dengan bijak agar manfaatnya benar-benar terasa. Selanjutnya, kita juga perlu bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajiban membayar utang sampai lunas demi kelancaran finansial dikemudian hari.

 

 

Artikel Terkait:

Pentingnya Transaksi Kartu Kredit dengan PIN

Pentingnya Credit Score Bagi Kelancaran Finansial

Utang Konsumtif VS Utang Produktif

Merdeka Finansial dari Warisan Utang

3 Cara Detoks Keuangan Untuk Kesehatan Finansial

 

 

Referensi:

money.kompas.com
finance.detik.com

liputan6.com

koinworks.com

cermati.com

berita lainnya

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang jika tidak dirubah, hanya akan menjauhkan seseorang dari kesuksesan dan kekayaan.... Selengkapnya >
Jika kamu termasuk salah satu orang yang kesulitan menabung, produk perbankan bernama tabungan berencana atau tabungan berjangka bisa menjadi solusi.... Selengkapnya >
Menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi menjadi suatu keharusan. Sebab jika sudah jatuh sakit, potensi tertular virus corona akan semakin besar.... Selengkapnya >