5 Morning Routine Untuk Tingkatkan Semangat Jalani Hari

23 September 2020

  • Share

Bicara soal kebiasaan pagi, biasanya Kawan PRIMA melakukan hal apa aja nih untuk memulai hari? Memanfaatkan waktu untuk olahraga singkat? Meminum secangkir kopi? Atau justru mematikan alarm dan kembali tidur 5-10 menit nih? Hehehe… Ya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang termasuk kamu pastinya memiliki kebiasaan masing-masing, dan sekilas kebiasaan kecil itu mungkin terdengar sepele. Namun nyatanya dibalik hal ‘sepele’ itu terdapat banyak manfaat dari kebiasaan kecil yang kita lakukan setelah bangun tidur, lho. Mulai dari mendatangkan energi positif, menjadikan hari lebih bersemangat, hingga dipercaya dapat membentuk gaya hidup yang lebih sehat.

 

Eitss, tapi perlu kamu ketahui kalau nggak semua kebiasaan pagi (morning routine) bisa mendatangkan manfaat. Nah, agar tak salah langkah, berikut morning routine sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan semangat jalani hari:

 

1. Bangun Lebih Awal

Bagi kamu yang bukan morning person, dan merasa lebih produktif menyelesaikan pekerjaan di malam hari, mungkin bangun lebih awal merupakan hal yang sulit. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa bangun lebih pagi justru bisa menjadi awal yang baik untuk menjalani hari? Ya, dengan bangun pagi kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan sekaligus meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Selain itu, dengan bangun lebih awal kamu akan mendapatkan energi tambahan, serta lebih produktif dalam menjalani hari karena memiliki waktu lebih banyak. Lalu, bagi kamu yang punya masalah kulit, dengan bangun lebih awal juga konon dapat membuat kulit terlihat jauh lebih sehat karena mendapatkan tidur yang berkualitas serta sinar matahari pagi.

 

Hmm, dengan bangun lebih awal aja udah banyak manfaatnya kan? Untuk memulai kebiasaan ini, kamu bisa lakukan secara perlahan. Tidurlah lebih awal dan jangan lupa memasang alarm agar tidak bangun kesiangan. Terpenting, kuatkanlah niat dalam dirimu ya…..

 

2. Olahraga Pagi

Kalau sudah berhasil bangun lebih awal, maka sempatkanlah diri untuk melakukan olahraga sederhana. Karena sejatinya, pagi hari memang merupakan waktu ideal untuk berolahraga. Hmm, nggak ada waktu? Olahraga pagi bisa kok dilakukan 15-30 menit sebelum berangkat kerja.

 

Emang manfaatnya apa aja?

  • Meningkatkan konsentrasi dan kesehatan mental
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Membantu untuk dapatkan kualitas tidur yang lebih baik pada malam hari

 

3. Sarapan

Melakukan sarapan di pagi hari, memang baik untuk memulai hari. Namun, nggak bisa dipungkiri bahwa kebiasaan ini masih asing bagi sebagian orang. Padahal, menurut Rush University Medical Center ketika kamu sarapan pagi ada banyak manfaatnya untuk tubuh, diantaranya:

 

  • Memiliki asupan kalsium yang lebih tinggi daripada biasanya
  • Meningkatkan performa, daya ingat, dan membuat otak lebih sehat
  • Mendapatkan asupan serat harian yang lebih banyak
  • Mempunyai jadwal makan yang teratur.

 

Selain itu, dikatakan juga bahwa orang yang tidak melakukan sarapan dan konsumsi makanan rendah kalori di siang hari, justru bisa memiliki berat badan yang lebih tinggi lho. Hmm, fakta yang cukup unik yaa… Nah, meski sarapan pagi dikatakan baik untuk tubuh, kamu juga harus memperhatikan menu makanan, dan besar kalorinya. Untuk memulai hari kamu bisa memilih menu makanan untuk sarapan seperti telur, yogurt, gandum, dan kacang-kacangan. Tak lupa, konsumsi setidaknya 2 gelas air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat tidur, serta menghilangkan sisa-sisa racun dalam tubuh.

 

4. Mengapresiasi hal dalam hidup

Mungkin di hari sebelumnya kamu dilanda rasa sedih, dan kesal akibat sebuah kegagalan atau sesuatu yang belum berhasil dicapai. Namun, alih-alih mengingat kegagalan dan kekurangan diri, mulailah hari baru dengan berbagai aktivitas yang membawa energi positif untuk tubuh. Misalnya dengan melakukan meditasi yang bermanfaat agar pikiran kamu jadi lebih jernih dan mental menjadi lebih siap untuk jalani hari. Kalau tidak cobalah untuk melihat berbagai sisi positif, dan pencapaian yang telah kamu peroleh selama ini. Bersyukurlah, dan jangan lupa berterima kasih kepada sang pencipta karena karunianya, serta dirimu sendiri yang kuat dan masih bisa melewati hari kemarin. Intinya, tetaplah bersyukur, karena hidup tidak akan pernah terasa bahagia bila kita tidak pernah bersyukur.

 

5. Membuat To Do List

Sebenarnya, kegiatan ini bisa kamu lakukan saat pagi sebelum memulai hari, ataupun saat malam hari sebelum tidur. Terpenting, kegiatan sederhana ini bisa membantu kamu untuk memiliki rutinitas pagi yang produktif. Jadi, pastikan sudah mempersiapkan diri, dan memikirkan apa saja yang akan kamu lakukan di hari itu, atau esok harinya secara terencana dengan menuliskannya di buku catatan atau notes di telepon genggam-mu.

 

Nah, Kawan PRIMA Ini semua terdengar sangat sederhana untuk dilakukan bukan? Jadi, tunggu apalagi? yuk mulai hari dengan morning routine produktif agar lebih semangat jalani hari! Stay positive and be producitve !

 

 

Artikel Terkait:

Tips Usir Kantuk Di Kantor

Work Life Balance Agar Bisa Pulang Teng Go

Bedanya Pekerja Keras Dengan Workaholic

Tips Atasi Quarter Life Crisis

Cara Membuat Dan Mencapai Life Goals

Me Time Untuk Jaga Kesehatan Mental Di Rumah

 

 

Referensi:

hellosehat.com

rush.edu

lifestyle.kompas.com

berita lainnya

Sama halnya dengan detoks kesehatan dimana kamu hanya akan konsumsi makanan tertentu untuk membersihkan racun pada tubuh, detoks keuangan juga berguna bagi kamu yang ingin menghilangkan racun pada finansialmu.... Selengkapnya >
Mengambil cuti untuk sekedar melakukan me time maupun aktivitas bersama keluarga tetaplah penting dilakukan saat pandemi lho….... Selengkapnya >
Stres aja sudah tidak baik untuk kesehatan mental, apalagi kalau terjadi secara berkepanjangan? Tentu, stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh... Selengkapnya >