Work Life Balance Agar Bisa Pulang Teng Go

1 September 2020

  • Share

Kawan PRIMA, kesibukan kerja sehari-hari seringkali membuat kita lupa akan batasan antara waktu kerja dan juga waktu untuk diri sendiri. Padahal memiliki work life balance atau keseimbangan antara pekerjaan, kehidupan dalam keluarga, dan kepentingan pribadi merupakan hal yang penting demi kesehatan fisik, mental, serta produktivitas kerja yang lebih optimal. Tapi, kebanyakan orang cenderung mengalami kesulitan membagi waktu karena beban kerja yang berat. Ditambah pemberlakuan Work From Home di tengah situasi pandemi yang membuat work life balance semakin tak teratur.

 

‘Hmm, terus gimana ya caranya untuk mengembalikan work life balance ?’

Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut tips capai work life balance agar bisa pulang ‘Teng Go’ :

 

1. Awali dengan mengatur prioritas kerja

Ya, untuk mencapai work life balance hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat skala prioritas pekerjaan yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu dalam suatu periode tertentu, contohnya prioritas kerja dalam 1 hari, 1 minggu, atau bahkan 1 bulan. Sembari itu, perlahan-lahan mulailah susun prioritas untuk hal apa yang ingin kamu capai dalam berkarier. Dengan menyusun prioritas kerja, secara tidak langsung akan membantumu lebih fokus dalam menyelesaikan tugas harian, maupun membantumu dalam meraih sesuatu yang lebih besar.

 

2. Batasi penggunaan gadget di luar jam kerja

Gadget seperti handphone, komputer ataupun laptop memang membantu kita untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Namun, selalu terhubung dengan internet dan terus berinteraksi dengan gadget bisa menyebabkan work life balance tidak teratur. Oleh karena itu, kita perlu membatasi penggunaan gadget di luar jam kerja. Misalnya dengan detoks digital, mengurangi akses media sosial, atau mematikan notifikasi handphone. Bila hal ini tidak memungkinkan karena pekerjaan yang menuntutmu untuk selalu standby, maka kamu dapat memanfaatkan waktu menjelang tidur untuk melakukan detoks digital.

 

3. Kerja dengan Cerdas

Setelah sebelumnya kita menyusun prioritas, mungkin kamu berpikir untuk terus bekerja dengan lebih keras agar segala target dapat tercapai. Namun alih-alih bekerja lebih keras, bekerja cerdas tentu akan lebih membantu kamu dan tim dalam mencapai target. Untuk kerja cerdas, pastikan kamu melakukan segala pekerjaan dengan seefektif dan seefisien mungkin. Misalnya dengan menggabungkan pekerjaan yang bisa dikerjakan dalam satu waktu, dan meminta bantuan atau mendelegasikan beberapa tugas kepada anggota tim lainnya. Dengan begitu, work life balance bukan sesuatu yang mustahil untuk dicapai kan?

 

4. Belajar berkata tidak

Meskipun sudah lama mengenal sesama rekan kerja, nyatanya berkata ‘tidak’ masih merupakan salah satu hal yang terkadang sangat sulit dilakukan. Terlebih jika kamu adalah tipe orang yang ‘nggak enakan’, dan sulit menolak membantu orang lain. Namun, dalam mencapai work life balance, kamu harus berani berkata tidak, apalagi jika pekerjaanmu sendiri sudah menggunung.

 

Untuk belajar berkata tidak, kamu bisa mulai dengan mengembangkan self respect, kepercayaan diri, dan ingat kembali bahwa prioritas utama adalah pekerjaanmu, baru kemudian membantu orang lain jika masih memungkinkan. Membantu orang lain memang merupakan sesuatu yang baik, tapi dengan catatan pekerjaanmu sendiri sudah selesai. Jangan sampai pekerjaan dan tanggung jawab sendiri terbengkalai hingga membuat work life balance jadi terganggu ya….

 

5. Sayangi diri sendiri

Dalam upaya mewujudkan work life balance, menyayangi diri sendiri juga nggak kalah penting. Untuk itu, kamu perlu menjadwalkan berbagai kegiatan yang mendatangkan kebahagiaan, maupun kesenangan pribadi. Bila kamu memiliki kesempatan dan waktu yang cukup panjang, mungkin mengambil cuti untuk berlibur dapat menjadi pilihan. Namun, bila cenderung sibuk kamu dapat mewujudkan self love dengan hal yang paling simpel seperti makan teratur, istirahat cukup, berolahraga, dan melakukan me time.

 

Nah Kawan PRIMA, itu tadi merupakan beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk mencapai work life balance. Perlu diingat, segala sesuatu yang berlebihan dan timpang itu nggak baik, termasuk juga kerja maupun istirahat berlebihan. Jadi, yuk kita atur work life balance dengan menerapkan tips sederhana pada artikel ini secara kontinyu!

 

 

Artikel Terkait:

Me Time Untuk Jaga Kesehatan Mental Di Rumah

Tips Atasi Bosan Saat WFH

Cara Membuat Dan Mencapai Life Goals

Tips Atasi Quarter Life Crisis

 

 

Referensi:

idntimes.com

jurnalmahasiswa.unesa.co.id

linovhr.com

urbanhire.com

berita lainnya

Nah, agar hubungan tetap baik dengan sesama rekan kerja di kantor, berikut tips menghadapi rekan kerja yang toxic :... Selengkapnya >
Wanita dengan cinderella complex memiliki kecenderungan untuk menilai diri sendiri dan hidup mereka tergantungan pada kedekatan sosok pelindung yakni pasangannya... Selengkapnya >
Terdapat banyak manfaat dari kebiasaan kecil yang kita lakukan setelah bangun tidur, lho. Mulai dari mendatangkan energi positif, menjadikan hari lebih bersemangat, hingga dipercaya dapat membentuk gaya hidup yang lebih sehat.... Selengkapnya >