Me Time untuk Jaga Kesehatan Mental di Rumah

4 June 2020

  • Share

Kawan PRIMA, kapan nih terakhir kali kamu meluangkan waktu untuk dirimu sendiri? Minggu lalu, bulan lalu atau malah saking lamanya kamu sudah lupa tuh? Hehehe… Memang, meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time sangat sulit dilakukan buat kamu yang sibuk, di tambah keadaan pandemi ini membuat anggota keluargamu melakukan berbagai aktivitas di dirumah, mendapatkan ruang bebas dan me time jadi terasa engga mungkin.

Namun dibalik itu, taukah kamu kalau me time penting untuk menjaga kesehatan mental?

Ya, melakukan me time mampu menurunkan tingkat stres, mengembalikan energi (recharge), dan meningkatkan produktivitas. Selain itu me time bukan berarti kamu egois lho ya… Ada masanya kamu perlu melakukan hal-hal yang memberi energi positif pada mental, emosional, dan spiritualmu. Nah, untuk mencapai 3 hal tersebut, me time membawamu pada kesabaran yang lebih besar dan sikap yang lebih positif terhadap hubungan kamu dengan orangtua, pasangan, anak, bahkan lingkungan tempat kerja. Keren banget kan manfaatnya?

Hmm, meski begitu masih banyak lho yang menunda keinginannya untuk melakukan me time. Salah satunya adalah keinginan untuk menciptakan me time sempurna dengan budget yang besar. Nah, jika kamu menunggu keinginan tersebut terpenuhi, yang ada kamu malah engga jadi-jadi deh me time nya.

 

Me time itu simpel

Menurut Harvard health, idealnya seorang individu membutuhkan me time 30 menit hingga satu hari penuh (24 jam), atau paling sedikit dilakukan selama 5 menit. Disini tidak dijelaskan berapa lama keharusan waktu yang kamu perlu dalam melakukan me time, jadi balik lagi pada ketersediaan waktumu ya! Simpel bukan?

Tapi itu minimalnya lima menit, emang bisa apa me time segitu singkatnya ?

Percaya deh, segala hal yang kamu jadwalkan dengan baik pasti bisa tepat. Nah, untuk dapat melakukan me time singkat yang berkualitas, kuncinya adalah jadwal dan komunikasi. Untuk membuat jadwal, kamu bisa mulai dengan menandai kalender, kapan kamu bisa me time, serta durasi waktu yang kamu miliki, setelah itu komunikasikan dengan orang disekitarmu seperti orangtua, pasangan, saudara, maupun anak, mengenai rencana me time mu. Mudah kan….

 

Terus, me time dengan waktu singkat dan dilakukan dirumah enaknya ngapain ya? Kita bahas satu persatu:

1. Mengekspresikan diri lewat musik

Buat kamu yang suka mendengarkan musik, bermain alat musik, bernyanyi, atau menari, boleh nih menjadikan hobby sebagai ide me time. Untuk playlist nya dapat kamu persiapkan dulu sesuai lagu yang sedang kamu sukai. Bagi kamu yang engga punya banyak waktu, me time  5 menit juga bisa kamu lakukan dengan mengekspresikan diri cukup dengan 1-2 lagu.

2. Streaming film favorit

Dari kemarin ingin streaming film atau series favorit tapi belom sempet nonton sampai sekarang? Jadwalin aja me time untuk menonton film tersebut. Jangan lupa, pastikan kuota internet tersedia, juga jaringan internetmu lancar… Eitss, siapin juga cemilan kesukaanmu biar semakin menambah suasana menonton layaknya di bioskop.

3. Membaca buku

Membaca buku juga bisa menjadi ide untuk melakukan me time. Agar semakin berkualitas, pilihlah buku yang dapat menambah wawasanmu, mau itu terkait pekerjaan, pengetahuan umum, studi yang sedang kamu dalami, kumpulan motivasi diri, maupun hobby. Intinya buku yang dapat menambahkan value untuk diri kita. Buat kamu yang tidak terbiasa membaca, tapi ingin memulai membaca buku, pastikan tulisan yang dibaca tidak terlalu berat.

4. Melakukan Perawatan diri

Perawatan diri engga cuma bisa dilakukan di salon aja lho! Kamu juga bisa melakukannya di rumah sendirian. Kamu bisa luluran, maskeran, scrubbing, creambath, atau mencoba waxing sendiri di rumah. Eitss, berlaku juga untuk laki-laki ya. Untuk laki-laki, kamu dapat merawat diri dengan mencukur atau merapihkan bentuk kumis dan janggut, mencoba maskeran, dsb. Intinya lakukan dengan rileks dan santai ya Kawan PRIMA.. Selain membuat jiwa kamu semakin bahagia, melakukan perawatan diri juga membuat tubuh merasa disayang. Jadi, jangan hanya berlelah diri aja ya, tapi memanjakan diri juga, oke?

5. Detoks digital jelang tidur

Buat kamu si super sibuk, hal ini cocok untuk kamu lakukan terapkan sebagai ide me time. Tapi sebelumnya, detoks ini berbeda ya dengan detoks pada artikel sebelumnya. Hehehe…

detoks digital merupakan upaya yang dilakukan untuk terlepas sejenak dari perangkat teknologi atau mengurangi penggunaan gadget. Kamu dapat melakukannya di malam hari menjelang waktu tidur untuk memastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk keluarga, istirahat dan melakukan hal privasi lainnya.

 

Nah, jadi sudah tau kan pentingnya me time hingga ide-ide me time singkat di rumah? Semoga Pandemi ini cepat berlalu ya, tetap jaga kesehatan mental, dan fisik ya Kawan PRIMA!

 

 

Artikel Terkait:

Usai Lebaran, Perlukah Melakukan Detoks Tubuh?

Tips Atasi Bosan Saat WFH

Tips Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi

Tips Pertahankan Bisnis di tengah Pandemi

 

Referensi:

halodoc.com

health.harvard.edu     

idntimes.com

lifestyle.bisnis.com

tirto.id

kumparan.com

berita lainnya

Sama halnya dengan detoks kesehatan dimana kamu hanya akan konsumsi makanan tertentu untuk membersihkan racun pada tubuh, detoks keuangan juga berguna bagi kamu yang ingin menghilangkan racun pada finansialmu.... Selengkapnya >
Mengambil cuti untuk sekedar melakukan me time maupun aktivitas bersama keluarga tetaplah penting dilakukan saat pandemi lho….... Selengkapnya >
Stres aja sudah tidak baik untuk kesehatan mental, apalagi kalau terjadi secara berkepanjangan? Tentu, stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh... Selengkapnya >