Tips Usir Kantuk di Kantor

11 September 2020

  • Share

Kawan PRIMA, apakah kamu pernah tertidur saat dikantor? Ya, entah itu saat sedang asik mengerjakan sesuatu, saat meeting, maupun saat memasuki ‘jam rawan’ pukul 13:00 -15:00 rasa kantuk itu kerap datang. Meski sudah meminum secangkir kopi, kadang hal ini tak banyak membantu. Alhasil kinerjamu hari itu jadi nggak maksimal, berbagai pekerjaan tak terselesaikan, dan ujung-ujungnya lembur mengejar deadline. Hmm, kalau dibiarkan begini terus bukan hanya work life balance yang terganggu, bisa-bisa kamu juga di cap nggak profesional lho !

 

Nah, agar semua itu tak terjadi, berikut tips usir kantuk saat dikantor:

 

1. Mendengarkan musik yang bersemangat

Suasana kantor yang sunyi memang membuat kita menjadi lebih konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun, tak dapat dipungkiri, bahwa suasana kantor yang sepi juga yang membuat rasa kantuk menyerang. Oleh karena itu salah satu cara mengusir rasa kantuk yang efektif adalah dengan mendengarkan musik yang bersemangat. Selain bisa ‘menyegarkan’ otak, mendengarkan musik yang bersemangat juga dapat menjadi moodbooster saat suasana hati nggak enak. Tapi ingat ya, jangan sampai kamu jadi lupa diri ataupun menganggu rekan kerja lainnya.

 

2. Tetap aktif di tempat kerja

Pada beberapa profesi, tuntutan pekerjaan mengharuskan untuk standby duduk di depan komputer, mungkin kamu salah satunya nih? Hehehe… Ya, untuk mengusir rasa kantuk karena terlalu lama duduk di satu tempat dengan posisi yang sama, cobalah untuk tetap aktif dengan melakukan gerakan ringan. Salah satu contohnya adalah dengan berjalan kaki mengelilingi lingkungan kantor selama 10 menit seusai makan siang. Secara ilmiah, berjalan kaki akan memicu jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen tersebut dapat membuat otak lebih aktif dan waspada sehingga rasa kantuk yang sebelumnya kamu rasakan pun hilang.

 

3. Melakukan teknik pernapasan

Tak kalah ampuh, teknik pernapasan juga dipercaya bisa mengusir rasa kantuk lho! Hmm, kok bisa ya? Tentu, karena teknik pernapasan dapat membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah. Semua manfaat itu dapat membuat energi tubuh meningkat dan kantuk pun sirna. Cara melakukannya juga simpel, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Duduk dengan tegak di kursi, lalu fokuslah untuk bernapas menggunakan perut.
  • Letakkan tangan kanan pada perut, tepatnya di bawah rusuk. Kemudian letakkan tangan kiri pada dada.
  • Tarik napas yang dalam melalui hidung, dan biarkan perut mendorong tangan kanan. Usahakan dada tidak bergerak, dan hembuskan napas melalui bibir secara perlahan
  • Lalu, ulangi langkah-langkah tersebut sebanyak 10 kali.

 

4Memanfaatkan waktu istirahat makan siang sebaik mungkin

Usai menyantap makan siang, keinginan untuk bersantai dan merebahkan kepala di meja seringkali muncul, apalagi didukung dengan AC kantor yang sejuk. Eitss, tapi jangan biarkan dirimu untuk melakukannya ya, karena hal ini bisa jadi mendatangkan rasa kantuk dan menurunkan semangat kerja. Agar lebih produktif, kamu bisa menyibukan diri untuk mengobrol dengan rekan kerja, membaca artikel, atau nonton video komedi.

Tapi kalau misalnya sudah ngantuk dari sebelum istirahat gimana dong?

Bila memungkinkan, lakukanlah power nap atau tidur siang sejenak selama 15-20 menit. Ingat, jangan kurang atau lebih ya! Karena jika kurang dari 15 menit, tubuh tidak akan memperoleh manfaatnya. Sebaliknya, jika lebih dari 20 menit kamu malah akan semakin lesu dan mengantuk.

 

Lalu, bila tidak memungkinkan untuk melakukan power nap, kamu bisa cuci muka atau menyiramkan sedikit air dingin ke wajah. Suhu dingin yang menyentuh wajah diyakini efektif menghilangkan rasa ngantuk.

 

5. Konsumsi camilan sehat

Banyak orang yang menjadikan kopi dan makanan manis sebagai kudapan untuk mengusir kantuk saat bekerja. Memang sih, kafein pada kopi mampu menahan rasa kantuk, tapi efek lainnya justru menurunkan kualitas tidur. Sementara itu, gula pada makanan manis akan membuat tubuh kamu jadi cepat lelah.

 

Nah, dibanding kopi dan makanan manis, berikut referensi camilan sehat yang mudah di dapatkan untuk usir kantuk:

  • Yoghurt - bisa dikombinasikan dengan kacang-kacangan.
  • Biskuit gandum.
  • Buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, kiwi, dan pepaya.
  • Teh hijau, tanpa tambahan gula.

 

6. Memperbaiki kualitas tidur

Ini merupakan cara terpenting agar kamu nggak ngantuk saat bekerja. Sebisa mungkin batasi aktivitas pada malam hari dengan melakukan detoks digital menjelang waktu tidur. Selain itu, usahakan waktu tidur tidak kurang dari 7 jam setiap harinya. Lalu, jam tidur dan bangun di pagi hari juga perlu diperhatikan. Mulailah tidur dan bangun pada jam yang sama di setiap harinya. Misalnya tidur malam selalu di jam 22:00 dan bangun pagi selalu di pukul 05:00. Hal ini bermanfaat agar tubuh memiliki jam biologis yang teratur sehingga kamu tidak mudah mengantuk.

 

Bagaimana Kawan PRIMA, sudah tau kan tips untuk usir kantuk saat kerja? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk perbaiki gaya hidup, dan terapkan rangkaian tips sederhana ini agar lebih konsentrasi, dan fokus dalam menyelesaikan segala pekerjaan di kantor!

 

Stttt…. dengan begini work life balance jadi teratur juga lho

 

 

Artikel Terkait:

Work Life Balance Agar Bisa Pulang Teng Go

Bedanya Pekerja Keras Dengan Workaholic

Me Time Untuk Jaga Kesehatan Mental Di Rumah

Career Goals, Gaji Besar Atau Jabatan Tinggi?

 

 

 

Referensi: 

alodokter.com

halodoc.com

hellosehat.com

sehatq.com

berita lainnya

Nah, agar hubungan tetap baik dengan sesama rekan kerja di kantor, berikut tips menghadapi rekan kerja yang toxic :... Selengkapnya >
Wanita dengan cinderella complex memiliki kecenderungan untuk menilai diri sendiri dan hidup mereka tergantungan pada kedekatan sosok pelindung yakni pasangannya... Selengkapnya >
Terdapat banyak manfaat dari kebiasaan kecil yang kita lakukan setelah bangun tidur, lho. Mulai dari mendatangkan energi positif, menjadikan hari lebih bersemangat, hingga dipercaya dapat membentuk gaya hidup yang lebih sehat.... Selengkapnya >