Yuk Ajak Teman Thailand Belanja di Indonesia!

26 April 2024

  • Share

Sebagai bukti komitmen dalam menggerakkan roda perekonomian dan perluasan transaksi di Indonesia, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) telah melebarkan jangkauannya ke negara tetangga yakni Thailand, Singapura, dan Malaysia sejak 2022 lalu dan rencananya akan meluas ke Tiongkok dan Jepang di 2024 ini. (Baca: Belanja di Malaysia Kini Bisa Pakai QRIS)

 

Melalui layanan ini, pengguna dari Indonesia yang ingin berbelanja di Thailand contohnya, bisa melakukan pembayaran menggunakan QRIS hanya dengan memindai QR Code berlogo “QR PromptPay” yang tertera di berbagai supermarket, restoran, hingga pusat belanja yang ada di Thailand tanpa perlu melakukan penukaran uang ke Baht Thailand. Ingat, hanya bisa digunakan di merchant berlogo “QR PromptPay” ya! (Baca: Jangan Sebut QRIS di Luar Negeri!)

 

Kemudahan ini tidak hanya dirasakan oleh warga Indonesia yang berlibur ke Thailand (outbound) tetapi juga berlaku bagi warga Thailand yang ingin bertransaksi di Indonesia (inbound). Dengan fitur QRIS ini, warga Thailand di Indonesia tidak perlu khawatir bila tidak sempat melakukan penukaran uang. Pasalnya, lewat QRIS pembayaran di berbagai merchant bisa selesai hanya dari telepon genggam masing-masing. Konversi pun dilakukan secara real time online dari Baht ke Rupiah sehingga turis tidak perlu pusing untuk menghitung-hitung kembali.

 

Nah, yang perlu diperhatikan; bagi turis Thailand, pembayaran berbasis QR di sana akrab disebut dengan PromptPay sehingga mereka perlu tahu bahwa di Indonesia lebih umum disebut dengan QRIS ya. Turis Thailand bisa meminta kepada merchant lokal “Apakah bisa membayar dengan QRIS?” (Baca: Mengenal Apa itu QRIS, PromptPay, SGQR, dan DuitNow)

 

Lalu, bagaimana caranya bagi wisatawan Thailand untuk bisa melakukan QR Payment saat berwisata di Indonesia?

 

  1. Buka mobile banking / e-wallet favoritmu dan klik menu “Scan QR".
  2. Scan QR di merchant yang terdapat logo “QRIS”
  3. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang Baht Thailand
  4. Konfirmasi pembayaran (konversi dari Baht ke Rupiah akan dilakukan secara otomatis)
  5. Masukkan PIN dan tunggu hingga transaksi berhasil

 

Dengan memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran, wisatawan Thailand akan merasakan berbagai manfaat seperti keamanan dalam pembayaran (tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar), lebih praktis, cepat, dan fiturnya juga easy-to-use. Nah, ayo manfaatkan QRIS sebagai alat pembayaranmu baik di dalam maupun di luar negeri!

 

Baca tentang QR Payment Crossborder lainnya:

Jalan-jalan ke Singapura Makin Mudah Pakai QRIS

Shopping Singapore, Easy Pakai QRIS

berita lainnya

Liburan kenaikan sekolah bisa dijadikan momentum bagi Kawan PRIMA untuk berburu tiket dari jauh-jauh hari seperti tiket kereta api atau tiket pesawat.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, untukmu yang rutin menggunakan kartu debit dalam bertransaksi pernahkah mengalami kendala dan kamu tidak tahu apa penyebabnya?... Selengkapnya >
Kawan PRIMA sendiri tahu tidak kalau baik kartu ATM dan debit itu memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan?... Selengkapnya >