Belanja di Malaysia Kini Bisa Pakai QRIS

17 May 2023

  • Share

Para pengguna QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) patut berbahagia. Hal ini karena QRIS (dibaca KRIS) kini sudah dapat digunakan untuk bertransaksi di Malaysia. Kabar bahagia tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dalam acara pembukaan Festival Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 beberapa waktu lalu. Sebelum diluncurkan, QRIS antarnegara Indonesia-Malaysia tersebut telah melalui tahap uji coba sejak Januari 2022. Melalui layanan ini, pengguna dari Indonesia yang ingin berbelanja di Malaysia, bisa melakukan pembayaran menggunakan QRIS hanya dengan memindai QR Code yang tertera di berbagai supermarket, restoran, hingga pusat belanja yang ada di Malaysia. Setelah memindai QR Code, pengguna dapat langsung melakukan pembayaran dengan saldo mata uang Rupiah yang terdapat pada aplikasi pembayaran milik pengguna.

Sebaliknya, saat berbelanja di Indonesia, turis dari Malaysia juga bisa melakukan pembayaran dengan mata uang Ringgit Malaysia menggunakan aplikasi pembayaran yang biasa mereka gunakan di negara asalnya. Hal ini bisa dilakukan karena BI juga telah mencapai kesepakatan penggunaan mata uang lokal atau Local Currency Settlement (LCS) dengan bank sentral Malaysia.

Secara teknis, kerjasama dari implementasi QRIS antarnegara ini dijalankan antara Switching to Switching. Dalam hal ini, Jaringan PRIMA sebagai salah satu switching di Indonesia akan terhubung dengan switching di Malaysia menggunakan API (Application Programming Interface) dan standard messaging dalam proses integrasi.

 

Bagaimana cara menggunakan QRIS di Malaysia?

Bertransaksi menggunakan QRIS di luar negeri sangatlah praktis dan mudah. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi perbankan atau jasa keuangan yang memfasilitasi QRIS antarnegara. Setelah berhasil terinstal, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi pembayaran dan klik menu “Scan QRIS".
  2. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer, dalam mata uang Ringgit Malaysia. Misal 10 Ringgit Malaysia.
  3. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (akan terkonversi secara otomatis, misal dari 10 Ringgit Malaysia akan otomatis menjadi Rp 33.000).
  4. Masukkan PIN dan kamu akan menerima notifikasi bahwa transaksi berhasil dilakukan.
  5. Pembayaran dengan QRIS antarnegara selesai dilakukan.  

 

Rencana perluasan implementasi QRIS

Sejauh ini Thailand dan Malaysia merupakan 2 negara yang telah terhubung dengan QRIS. Kedepan, implementasi penggunaan QRIS akan terus diperluas ke beberapa negara ASEAN lainnya, diantaranya Singapura dan Filipina. Bank Indonesia menargetkan pembayaran lintas negara berbasis QRIS dengan Singapura dapat diluncurkan pada akhir tahun 2023 ini. Setelah kerja sama tersebut terealisasi, implementasi QRIS antarnegara akan diperluas hingga ke Filipina. Tidak sampai disitu saja, Bank Indonesia juga sudah melakukan penandatanganan MoU untuk penggunaan QRIS dengan India, Korea Selatan dan Jepang. (baca juga: qris-bakal-bisa-digunakan-di-asean-arab-dan-india)

Referensi:

 

BI.go.id

Medcom.id

Katadata.co.id

berita lainnya

Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Irianto - Plt Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 24 Juni di Bank Jateng, Semarang... Selengkapnya >
Fitur tarik tunai tanpa kartu atau Cardless Cash Withdrawal (CCW) yang dapat dilakukan oleh nasabah melalui aplikasi mobile banking mereka.... Selengkapnya >
Meskipun sudah 48 juta masyarakat Indonesia terhubung dengan QRIS namun kita masih dihadapi dengan pertanyaan oleh merchant seperti “QRIS-nya pakai apa kak?”... Selengkapnya >