Shopping di Singapore Easy Pakai QRIS

22 January 2024

  • Share

Kawan PRIMA, tahun lalu, pada acara Singapore Fintech Festival 2023 (17/9), Indonesia melalui Bank Indonesia meresmikan metode pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang sudah bisa dilakukan di Singapura yang dikenal dengan nama QRIS Antarnegara (QRIS Cross-border). Terobosan ini merupakan bentuk implementasi dalam mendukung perluasan ekonomi dan akselerasi dalam sistem pembayaran digital. Ini tandanya, Kawan PRIMA bisa menikmati seluruh sistem pembayaran di Singapura hanya dari telepon genggam tanpa perlu melakukan penukaran mata uang asing.

 

Untuk mendukung kemudahan bertransaksi tersebut, Jaringan PRIMA bekerja sama dengan beberapa bank nasional sebagai issuer (penyedia m-banking) di antaranya:

  1. Bank Central Asia (BCA)
  2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)
  3. Bank Mega

 

Kemudahan QRIS Antarnegara ini membuat nasabah bank di atas tidak perlu repot-repot lagi mencari tempat penukaran uang asing untuk bertransaksi di Singapura dan cukup mengandalkan mobile banking favorit dari ponsel masing-masing seperti BRIMo, BCA Mobile, atau M-Smile (Mega Smart Mobile).  Nasabah cukup melakukan scan di berbagai merchant di Singapura yang memiliki lambang SGQR (SIngapore Quick Response Code) untuk menyelesaikan pembayaran.

 

Keunggulan QRIS Antarnegara (Cross-border) selain mempermudah pengalaman bertransaksi namun juga secara real-time melakukan konversi dari mata uang Dolar Singapura ke Rupiah dengan nilai tukar yang kompetitif.

 

Selain itu, tentunya metode pembayaran ini lebih aman dan nyaman karena Nasabah tidak perlu membawa uang fisik dalam jumlah besar. Untuk bisa menikmati fitur ini, Kawan PRIMA sebagai nasabah dari tiga bank di atas cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka mobile banking favoritmu dan pilih menu “scan QRIS”
  • Scan QR yang terdapat logo SGQR pada merchant
  • Masukkan nominal pembayaran dalam Dolar Singapura
  • Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN hingga transaksi berhasil

 

Menariknya lagi dari QRIS Antarnegara, bahwa fitur ini tidak hanya berlaku bagi warga Indonesia saja, melainkan warga Singapura yang berada di Indonesia juga bisa memanfaatkan fitur ini. Hal tersebut menjadikan QRIS Antarnegara (Cross-border) menjadi sebuah solusi yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Kemudahaan transaksi ini bisa terjadi karena Jaringan PRIMA sebagai perusahaan switching Indonesia telah terhubung dengan perusahaan switching Singapura (NETS).

 

Easy bukan menggunakannya? Sekarang jalan-jalan di Singapura tidak perlu lagi khawatir dan ribet karena semua kemudahan bertransaksi ini bisa diselesaikan dengan cepat, aman, dan nyaman! Ayo gunakan QRIS  sebagai solusi transaksi bepergianmu!

berita lainnya

Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 15th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Zulhelfi Abidin, Direktur Digital & TI, Bank Jatim., Indonesia, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Rabu, 24 April 2024 di Kantor Pusat Bank Jatim, Surabaya... Selengkapnya >
Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada ⁠Ibu Asfima Aisya Tusin Putri - Head of Digital, Analytics & Servicing, Standard Chartered Bank Indonesia, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 19 Februari 2024 di Kantor SCB Indonesia, Jakarta... Selengkapnya >