Jangan Sebut QRIS di Luar Negeri!

20 March 2024

  • Share

Kawan PRIMA, sejak 2023 Bank Indonesia telah melebarkan jangkauannya ke negara tetangga yakni Thailand, Malaysia, dan Singapura dalam rangka memperluas transaksi metode pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). (baca: Shopping di Singapore Easy Pakai QRIS)

 

Melalui layanan ini, pengguna dari Indonesia yang ingin berbelanja di ketiga negara tersebut bisa melakukan pembayaran menggunakan Cross-border QR Payment hanya dengan memindai QR Code yang tertera di berbagai supermarket, restoran, hingga pusat belanja tanpa perlu melakukan penukaran uang.

 

Kemudahan ini tidak hanya dirasakan oleh warga Indonesia yang berlibur ke Thailand, Malaysia, dan Singapura (outbound) tetapi juga berlaku bagi warga ketiga negara tersebut yang ingin bertransaksi di Indonesia (inbound). Melalui Cross-border QR Payment, pembayaran di berbagai merchant bisa selesai hanya dari telepon genggam masing-masing. Konversi pun dilakukan secara real time online Rupiah ke mata uang asing dan sebaliknya.

 

Namun ada kendala nih yang mungkin Kawan PRIMA hadapi saat ingin menggunakan Cross-border QR Payment di luar negeri. Penggunaan QRIS lazimnya digunakan di Indonesia sesuai dengan kepanjangan QRIS itu sendiri. Saat kita berwisata ke Singapura, Thailand, atau Malaysia sebaiknya kita menyebutkan payment system berbasis QR yang populer di negara tersebut seperti DuitNow (Malaysia), SGQR (Singapura), dan PromptPay (Thailand).

 

Untuk bisa bertransaksi dengan nyaman di luar negeri Kawan PRIMA cukup tanyakan ke merchant apakah bisa bayar menggunakan QR atau Cross-border QR Payment? Lalu Kawan PRIMA tinggal cek logo-logo dari produk yang sudah disebutkan di atas apakah ada atau tidak. Bila ada, Kawan PRIMA tinggal melakukan pembayaran dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka mobile banking favoritmu dan klik menu “Scan QR".

2. Scan QR di merchant yang terdapat logo “DuitNow” / “SGQR” / “PromptPay”

3. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar dalam mata uang negara destinasi

4. Konfirmasi pembayaran (konversi dari mata uang asing ke Rupiah akan dilakukan secara otomatis)

5. Masukkan PIN dan tunggu hingga transaksi berhasil

 

Transaksi yang memanfaatkan Cross-border QR Payment juga berlaku bagi turis asing di Indonesia. Agar tidak terjadi kesalahpahaman mereka bisa bertanya ke merchant di Indonesia “Apakah bisa membayar dengan QRIS?” atau menanyakan ketersediaan pembayaran menggunakan QR. Nah, bila Kawan PRIMA sudah mengetahui fakta ini semoga proses pembayaran di luar negerinya jadi lebih mudah dan tidak membingungkan ya!

 

 

Baca artikel mengenai QRIS lainnya:

Sekarang Turis Malaysia Makin Gampang Belanja Pakai QRIS

Jalan-jalan ke Singapura Makin Mudah Pakai QRIS

Belanja di Malaysia Kini Bisa Pakai QRIS

berita lainnya

Mempersiapkan asuransi kesehatan juga sebagai bentuk kepedulian Kawan PRIMA terhadap diri sendiri dan keluarga.... Selengkapnya >
Berikut adalah tips agar THR kamu bisa dikelola dengan bijak ala Jaringan PRIMA... Selengkapnya >
Merayakan Hari Film Nasional bisa dilakukan dengan berbagai caranya dengan yang paling relevan adalah dengan menonton film Indonesia yang sedang diputar di bioskop bersama orang terdekat Kawan PRIMA.... Selengkapnya >