Tips Atasi Bosan Saat WFH

31 March 2020

  • Share

Sejak pemerintah menyerukan kerja, belajar dan ibadah dari rumah, berbagai perusahaan merespon imbauan tersebut dengan menerapkan Work From Home (WFH). WFH menjadi salah satu upaya bersama untuk menekan penyebaran COVID-19. Berdasarkan data dari Disnakertrans DKI Jakarta per 30 Maret 2020, terdapat 751 perusahaan yang memberlakukan WFH, dan 1.470 perusahaan telah mengurangi kegiatan usaha di Jakarta. Gerakan dukungan WFH juga digaungkan melalui tagar #dirumahaja di berbagai media sosial. Dua minggu sejak imbauan bekerja dari rumah disampaikan, tak jarang rasa bosan mulai melanda saat WFH. Apalagi, buat Kawan PRIMA yang hobi bersosialisasi, hangout, jalan-jalan dan belanja di mall.

Berikut tips atasi bosan saat WFH ala PRIMA:

  1. Olahraga

Meski WFH, Kawan PRIMA perlu berolahraga agar stamina tetap terjaga. Menurut National Health Service (NHS) England atau layanan kesehatan nasional Inggris, olahraga ringan yang dilakukan rutin selama 15 menit setiap hari terbukti dapat membuat tubuhmu tetap bugar. Kawan PRIMA bisa mencoba dengan berjalan kaki, jogging, bersepeda di sekitar rumah,  senam ringan, dsb. Anggap saja olahraga yang kamu lakukan mengantikan aktivitas fisik yang biasanya dilakukan sehari-hari.

  1. Membereskan Rumah

Kegiatan bersih-bersih dan merapikan rumah, bisa menjadi selingan selama WFH. Tapi, membereskan seluruh bagian rumah pastinya akan memakan waktu. Kawan PRIMA bisa memulai dari ruang kerja atau benda-benda yang sering dipegang seperti, laptop, handphone, remote tv, dsb. Kamu juga bisa menyusun jadwal harian untuk membersihkan rumah berdasarkan ruangan yang paling sering dipakai. Selain menghilangkan kebosanan, aktivitas ini membuat tempat tinggalmu jadi lebih rapi dan nyaman.

  1. Eksperimen Memasak

Bereksperimen memasak? Siapa takut. Ga perlu masak yang ribet-ribet, Kawan PRIMA cukup memanfaatkan bahan makanan dan bumbu dapur yang ada di rumah. Hmmm, kalau masih bingung kamu juga bisa membuat cemilan favoritmu atau minuman seperti dalgona coffee yang lagi hits !

  1. Mendengarkan Musik

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan pada Journal of Positive Psychology, musik dapat merubah mood seseorang. Orang yang mendengarkan musik ceria dapat membuat suasana hati mereka lebih baik. Buat playlist lagu-lagu terbaik agar tetap bersemangat meski WFH ya Kawan PRIMA! Buat kamu yang tidak bisa fokus bekerja sambil mendengarkan musik, kamu dapat mendengarkan musik diluar jam kerja ya.

Nah Kawan PRIMA sudah tahu kan gimana cara mengusir kebosanan saat WFH? Ingat selalu untuk tetap sehat,  produktif dan positif selama bekerja dari rumah.

 

Artikel Terkait:

Fakta dan Mitos Seputar Corona

Cegah Penyebaran Virus Corona, Dorong Transaksi Nontunai, Ayo Pake QRIS!

 

Referensi:

Bit.ly/DataWFHDKI  (Disnakertrans)

tribunnews.com

detik.com

berita lainnya

Nyaris semua yang dulu dilakukan serba manual, kini bisa diproses dengan praktis, dan dilakukan dalam sekejap mata.... Selengkapnya >
Sama halnya dengan detoks kesehatan dimana kamu hanya akan konsumsi makanan tertentu untuk membersihkan racun pada tubuh, detoks keuangan juga berguna bagi kamu yang ingin menghilangkan racun pada finansialmu.... Selengkapnya >
Mengambil cuti untuk sekedar melakukan me time maupun aktivitas bersama keluarga tetaplah penting dilakukan saat pandemi lho….... Selengkapnya >