Sekarang Turis Malaysia Makin Gampang Belanja di Indonesia Pakai QRIS!

9 February 2024

  • Share

Sebagai bukti komitmen dalam menggerakkan roda perekonomian dan perluasan transaksi di Indonesia, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) telah melebarkan jangkauannya ke negara tetangga yakni Thailand, Singapura, dan Malaysia. Perluasan ini telah dilakukan sejak 2022 lalu dimulai dari Thailand, Malaysia, dan yang terakhir Singapura. (baca: Shopping di Singapore Easy Pakai QRIS)

 

Melalui layanan ini, pengguna dari Indonesia yang ingin berbelanja di Malaysia contohnya, bisa melakukan pembayaran menggunakan QRIS hanya dengan memindai QR Code berlogo “DuitNow QR” yang tertera di berbagai supermarket, restoran, hingga pusat belanja yang ada di Malaysia tanpa perlu melakukan penukaran uang ke Ringgit Malaysia.

 

Kemudahan ini tidak hanya dirasakan oleh warga Indonesia yang berlibur ke Malaysia (outbound) tetapi juga berlaku bagi warga Malaysia yang ingin bertransaksi di Indonesia (inbound). Dengan fitur QRIS ini, warga Malaysia di Indonesia tidak perlu khawatir bila tidak sempat melakukan penukaran uang. Pasalnya, lewat QRIS pembayaran di berbagai merchant bisa selesai hanya dari telepon genggam masing-masing. Konversi pun dilakukan secara real time online dari Ringgit ke Rupiah sehingga turis tidak perlu pusing untuk menghitung-hitung kembali.

 

Untuk memaksimalkan pengalaman bertransaksi antarnegara ini, Jaringan PRIMA bekerja sama dengan Paynet (switching company Malaysia) menggunakan API (Application Programming Interface) dan standard messaging dalam proses integrasi.

 

Lalu, bagaimana caranya bagi wisatawan Malaysia untuk bisa memanfaatkan QRIS saat berwisata di Indonesia?

 

  1. Buka mobile banking favoritmu dan klik menu “Scan QR".
  2. Scan QR di merchant yang terdapat logo “QRIS”
  3. Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang Ringgit Malaysia
  4. Konfirmasi pembayaran (konversi dari Ringgit ke Rupiah akan dilakukan secara otomatis)
  5. Masukkan PIN dan tunggu hingga transaksi berhasil

 

Dengan memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran, wisatawan Malaysia akan merasakan berbagai manfaat seperti keamanan dalam pembayaran (tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar), lebih praktis, cepat, dan fiturnya juga mudah untuk diimplementasikan. Nah, ayo manfaatkan QRIS sebagai alat pembayaranmu baik di dalam maupun di luar negeri!

 

Baca tentang QRIS Antarnegara lainnya:

Jalan-jalan ke Singapura Makin Mudah Pakai QRIS

Belanja di Malaysia Kini Bisa Pakai QRIS

berita lainnya

Data dari Bareskrim Polri sepanjang Januari-Februari 2023 mengatakan bahwa ada lebih dari 6000 kasus pelaporan penipuan bermodus love scam yang terjadi di Indonesia.... Selengkapnya >
Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada ⁠Ibu Asfima Aisya Tusin Putri - Head of Digital, Analytics & Servicing, Standard Chartered Bank Indonesia, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 19 Februari 2024 di Kantor SCB Indonesia, Jakarta... Selengkapnya >