Tips Cepat Memiliki Rumah Bagi Kaum Milenial

26 June 2019

  • Share

Dalam belajar mengatur keuangan, pasti masing-masing Kawan PRIMA memiliki target yang berbeda-beda. Salah satu target yang paling ingin dicapai di kalangan milenial adalah memiliki rumah sendiri. Namun hal ini juga kerap kali menjadi ironi karena katanya kaum milenial di Indonesia, terutama di kota-kota besar, tidak mampu membeli rumah tinggal. Masa sih?

Walau memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, nyatanya beli rumah sendiri sebelum menginjak usia 30 tahun bukanlah impian belaka lho Kawan PRIMA. Yuk, simak tips-tips di bawah ini:

 

Penghasilan Tambahan

Tak dapat dipungkiri, dengan harga rumah di kota-kota besar yang kini mencapai di atas 300 juta Rupiah, hanya mereka yang memiliki gaji minimal 7,5 juta Rupiah per bulan yang sanggup mencapainya. Itupun opsinya adalah rumah tapak dengan ukuran kecil di pinggir kota atau apartemen. Sedangkan menurut riset Karir.com hanya 17% milenial yang memiliki perolehan gaji bulanan di atas 7,5 juta Rupiah. Kaum milenial sisanya, rata-rata memperoleh gaji 3-7,5 juta Rupiah sebulan.

Hal ini mengharuskan kita sebagai milenial pintar-pintar memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan atau passive income. Selain freelance, penghasilan tambahan juga bisa didapatkan dengan cara berjualan di online platform, menghasilkan sesuatu dari hobi (seperti menjual foto di Shutterstock, menulis blog, dll.), hingga memanfaatkan exposure di media sosial. Intinya, jangan pernah menyerah dan berhenti berusaha ya!

 

Menabung untuk Down Payment (DP)

Untuk membayar down payment, tentu saja kita harus menyiapkan dana. Uang tersebut dapat dikumpulkan melalui produk tabungan berjangka yang kini disediakan oleh perbankan. Tabungan rutin berjangka setiap bulan ini membuat kita jadi konsisten menabung. Selain itu, jangka waktunya pun dapat disesuaikan dengan tujuan menabung kita dan suku bunga yang diberikan cukup tinggi. Tak hanya tabungan berjangka, masih banyak instrumen lain untuk menabung yang dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Sehingga pada saatnya membeli rumah, kamu sudah siap nih Kawan PRIMA.

 

Jangan Menunda, Sesuaikan dengan Kemampuan

Jangan pernah menunda rencana untuk membeli rumah. Minimal jika belum bisa langsung membelinya sekarang juga, tabunglah biaya khusus untuk membeli rumah tersebut sedini mungkin. Ada baiknya cepat-cepatlah membeli properti karena harga properti setiap tahunnya mengalami kenaikan. Untuk itu sesuaikan rumah impianmu dengan kemampuan, dalam hal ini jadilah sosok yang realistis. Memang tidak ada hunian yang seratus persen sempurna namun akan selalu ada solusi terbaik jika kita cermat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Misalkan, tidak apa-apa untuk membeli rumah di pinggiran kota asalkan dekat dengan fasilitas transportasi, atau jika memang kebutuhan mendesak membuat kita harus tinggal di pusat kota pilihlah apartemen.

 

Manfaatkan KPR

Jangan ragu untuk manfaatkan program KPR dengan tenor yang sesuai dengan kemampuanmu. Umumnya, cicilan maksimal harus dilunasi sebelum usia kita menginjak usia pensiun (di atas 55 tahun). Mengingat usia generasi milenial masih muda, kita dapat memanfaatkan KPR dengan tenor panjang hingga 25 tahun. Lho, bukan bunganya jadi mahal? Tenang saja, mungkin suku bunga cicilan KPR dengan tenor panjang terlihat tinggi, namun apabila dibandingkan dengan harga aset yang juga dinamis dan terus meningkat kita masih untung banyak kok Kawan PRIMA.

 

Bahas soal menabung sudah, mulai membeli rumah juga sudah. Hmm... kira-kira bekal finansial apa lagi ya yang tak kalah penting untuk milenial? Nah, jangan lupa nantikan PRIMA News edisi berikutnya di minggu depan ya Kawan PRIMA!

 

BERITA TERKAIT:

Belajar Mengatur Keuangan Ala Milenial Cerdas

Ke Mana Sih Mengalirnya Pengeluaran Milenial?

 

REFERENSI:

https://www.cermati.com/artikel/simulasi-kpr-bagi-masyarakat-berpenghasilan-di-bawah-5-juta

https://properti.kompas.com/read/2019/01/24/180000121/milenial-ini-cara-mudah-punya-rumah

https://duwitmu.com/kpr/5-tips-memiliki-rumah-bagi-generasi-millennial/

https://finance.detik.com/properti/d-3457240/butuh-nabung-8-tahun-bagi-kaum-milenial-bisa-beli-rumah

https://finance.detik.com/properti/d-3460954/milenial-bergaji-kurang-dari-rp-7-juta-sulit-punya-rumah-di-jakarta

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/19/154910126/generasi-milenial-begini-cara-cepat-punya-rumah

berita lainnya

Di era technology disruption kini, setiap industri harus siap bergerak menghadapi perubahan-perubahan yang dinamis.... Selengkapnya >
Digemari banyak orang, olahraga lari kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Jenis olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang mudah, murah, dan kaya manfaat. Memiliki banyak jenis, salah satu yang begitu mendunia adalah marathon.... Selengkapnya >
Kerap kali kita mendengar istilah Revolusi Industri 4.0, era yang dikenal dengan nama disruptive technology. Di zaman ini, siapapun yang tidak cepat tanggap mengadopsi teknologi perlahan akan tertinggal dengan teknologi yang lebih baru dan maju.... Selengkapnya >