Belanja di Thailand, Mudah Banget Pakai QR

5 June 2024

  • Share

Kawan PRIMA, di tengah pemberitaan mengenai QR Antarnegara (QR Cross-border Payment System) yang sudah marak dan umum, tahukah kamu bahwa Thailand menjadi negara di Asia Tenggara yang dapat terkoneksi dengan sistem pembayaran QR di Indonesia yakni QRIS. Hal ini dikemukakan pertama kali oleh Bank Indonesia pada Agustus 2022 lalu. QRIS sebagai alat pembayaran berbasis QR yang sah di Indonesia kini sudah bisa digunakan di berbagai negara seperti Thailand, Singapura, Malaysia, dan yang masih menanti peresmiannya di tahun ini adalah di Tiongkok dan Jepang.

QR Antarnegara ini berlaku tidak hanya bagi wisatawan Indonesia yang pergi ke Thailand, Singapura, dan Malaysia namun juga berlaku sebaliknya. Turis ketiga negara tersebut bisa melakukan pembayaran di berbagai merchant di Indonesia tanpa harus repot melakukan penukaran uang. Hal itu dikarenakan QR Antarnegara secara real-time melakukan konversi dari mata uang setiap negara ke Rupiah dengan nilai tukar yang kompetitif.

Semua fitur dan kemudahan ini bisa dilakukan melalui aplikasi di mobile banking / e-wallet masing-masing dan tentu mencegah penggunanya untuk membawa uang tunai dalam jumlah banyak sehingga proses bertransaksi menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman.

Sebelum berwisata ke Thailand dan menikmati fasilitas QR Antarnegara, ada baiknya Kawan PRIMA juga memahami penyebutan QR payment di negara tersebut. (Baca: Mengenal Apa Itu PromptPay) Berbeda dengan penyebutan QRIS yang lazim di Indonesia, masyarakat Thailand lebih umum dengan penyebutan PromptPay sebagai alat pembayaran berbasis QR mereka.

Untuk bisa menikmati fitur ini tanpa bingung, Kawan PRIMA sebagai nasabah cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka mobile banking favoritmu dan pilih menu “scan QRIS”
  • Scan QR yang terdapat logo PromptPay pada merchant
  • Masukkan nominal pembayaran dalam Baht Thailand
  • Konfirmasi nominal pembayaran dalam Rupiah
  • Masukkan PIN dan tunggu hingga transaksi berhasil

Mudah banget bukan menggunakannya? Sekarang jalan-jalan di Thailand tidak perlu lagi khawatir dan ribet karena semua kemudahan bertransaksi ini bisa diselesaikan dengan cepat, aman, dan nyaman! Ayo gunakan QR Antarnegara (crossborder) sebagai solusi transaksi bepergian luar negerimu!

 

Baca lagi terkait QR Antarnegara:

Shopping di Singapore, Easy Pakai QRIS

Sekarang Turis Malaysia Makin Gampang Belanja di Indonesia

 

Sumber:

Bisnis.com

Kompas.com

berita lainnya

Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Irianto - Plt Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 24 Juni di Bank Jateng, Semarang... Selengkapnya >
Fitur tarik tunai tanpa kartu atau Cardless Cash Withdrawal (CCW) yang dapat dilakukan oleh nasabah melalui aplikasi mobile banking mereka.... Selengkapnya >
Meskipun sudah 48 juta masyarakat Indonesia terhubung dengan QRIS namun kita masih dihadapi dengan pertanyaan oleh merchant seperti “QRIS-nya pakai apa kak?”... Selengkapnya >