Mengenal Apa itu QRIS, PromptPay, SGQR, dan DuitNow

24 April 2024

  • Share

Dibukanya akses pembayaran QR antarnegara (Crossborder QR Payment) antara Indonesia dengan Malaysia, Thailand, Singapura dan sebaliknya membuat QR Payment menjadi salah satu alat pembayaran yang diandalkan saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Di Indonesia metode pembayaran menggunakan QR dikenal akrab dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), namun di luar negeri tentu nama QRIS tidaklah akrab oleh warga lokal di sana.

 

Nah, untuk bisa lancar menggunakan QR Payment di luar negeri, sebaiknya Kawan PRIMA perlu mengetahui penyebutan “QRIS” versi ketiga negara tersebut untuk memastikan bahwa pembayaran QR dari digital payment-mu bisa berhasil:

 1. PromptPay - Thailand

Dikutip dari laman resminya, PromptPay merupakan jasa pembayaran yang dapat melakukan pengiriman dan penerimaan dana menggunakan telepon seluler atau Kartu Tanda Penduduk melalui internet banking, M-Banking, atau ATM. Untuk bisa bertransaksi menggunakan QR di Thailand, Kawan PRIMA perlu melihat apakah ada logo PromptPay yang terpampang di QR merchant atau tanyakan kepada merchant apakah bisa bertransaksi menggunakan PromptPay.

 2. SGQR - Singapura

Singapura menjadi negara paling baru dalam  membuka kerja sama crossborder QR Payment dengan Indonesia melalui kerja sama antara Bank Indonesia (BI) dengan Monetary Authority of Singapore (MAS). Untuk Kawan PRIMA yang berada di Singapura bisa melakukan transaksi dengan mencari logo SGQR yang terpampang di QR merchant.

 3. DuitNow - Malaysia

DuitNow merupakan transaksi QR Nasional Malaysia. Dengan dibukanya kerja sama dengan QRIS (Indonesia) maka seluruh pengguna QRIS melalui e-wallet ataupun m-Banking dapat melakukan transaksi QR Payment di Malaysia dengan memperhatikan logo DuitNow yang terdapat di merchant. Dengan menerapkan skema yang sama, Kawan PRIMA bisa menanyakan apakah bisa membayar menggunakan DuitNow saat bertransaksi di Malaysia.

 4. QRIS - Indonesia

Mengutip dari penjelasan Bank Indonesia, Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Agar bisa melakukan transaksi di luar negeri, QRIS bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa pembayaran seperti NETS (Singapura), ITMX (Thailand), dan Paynet (Malaysia), sehingga baik wisatawan Indonesia dan asing bisa saling bertransaksi (Inbound & Outbound) menggunakan QR di keempat negara tersebut.

 

Itu dia Kawan PRIMA penjelasan mengenai keempat brand QR payment dari empat negara. Setiap negara mungkin memiliki beberapa QR Payment sesuai kebijakan masing-masing tidak seperti Indonesia yang distandarisasi oleh satu pintu melalui QRIS. Untuk itu penting bagi Kawan PRIMA mengenal mana QR payment asing yang terkoneksi dengan sistem di e-wallet / m-banking favoritmu. Ke depannnya, direncanakan bahwa Crossborder QR Payment akan meluas ke Jepang dan China, semakin banyak nama-nama yang mungkin Kawan PRIMA harus ketahui di kemudian hari. Nantikan terus perkembangannya ya!

 

Sumber:

Bi.go.id

duitnow.my

bangkokbank.com

mas.gov.sg

berita lainnya

Liburan kenaikan sekolah bisa dijadikan momentum bagi Kawan PRIMA untuk berburu tiket dari jauh-jauh hari seperti tiket kereta api atau tiket pesawat.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, untukmu yang rutin menggunakan kartu debit dalam bertransaksi pernahkah mengalami kendala dan kamu tidak tahu apa penyebabnya?... Selengkapnya >
Kawan PRIMA sendiri tahu tidak kalau baik kartu ATM dan debit itu memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan?... Selengkapnya >