Stop Lakukan Kebiasaan Ini Sekarang!

7 November 2023

  • Share

Kawan PRIMA, sebagai pekerja kantoran kita kerap luput dari kegiatan yang membuat badan kita tetap sehat. Mungkin sebagian dari kita sudah tahu bahwa ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang berbahaya bila dilakukan jangka panjang seperti; duduk terlalu lama, mengetik dengan badan membungkuk, atau ngemil berlebihan. Namun, tahukah Kawan PRIMA bahwa ada kebiasaan lain yang mungkin terlihat ‘sepele’ namun juga berbahaya tanpa kita sadari?

  •  menyilangkan kaki

Dikutip dari kompas.com, sebuah penelitian  menunjukkan bahwa duduk menyilang dapat meningkatkan resiko skoliosis; yaitu kelainan kesejajaran pada tulang belakang.  Dengan duduk menyilang, pinggul yang menjadi sumbu topang tubuh menjadi tidak sejajar karena salah satunya akan lebih tinggi dari yang lain.

  •  Meregangkan tubuh sampai berbunyi ‘kretek’

Tentu enak sehabis bekerja berjam-jam di depan meja lalu melakukan peregangan agar otot-otot kembali rileks. Ada sensasi tersendiri saat memutar tubuh dan mendengar bunyi ‘kretek’ yang nyaring. Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan ini dilarang oleh ahli tulang karena bunyi ‘kretek’ tersebut bukanlah bunyi tulang yang kaku melainkan suara sendi yang saling bergesekan?

Dalam jangka pendek kebiasaan ini mengakibatkan tubuh menjadi lebih lemah, mudah kesemutan, dan mati rasa namun bila dilakukan jangka panjang akan menimbulkan kelainan postur dan syaraf pada bagian tubuh yang sering diregangkan hingga berbunyi ‘kretek’.

  •  Bertopang dagu

Sembari berpikir, kita terbiasa bertopang dagu dengan telapak menutupi pipi. Kawan PRIMA, perlu diketahui, tangan yang tidak higienis dapat menyebabkan jerawat atau masalah kulit lainnya di wajah. Terlebih kita mungkin banyak menyentuh alat-alat yang tidak steril seperti keyboard, pulpen, handphone, atau barang lainnya.

  •  Melewatkan minum air putih

Anjuran dari Kementerian Kesehatan dalam sehari manusia wajib mengonsumsi 2 liter air putih atau setara dengan 8 gelas per hari. Sibuknya pekerjaan sering membuat kita menganggap sepele hal ini. Padahal, kurangnya konsumsi air putih dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit seperti ginjal dan penumpukan racun dalam tubuh.

  •  Menunduk saat menatap layar handphone

Bagi sebagian Kawan PRIMA, handphone menjadi barang yang penting untuk bekerja. Namun, postur saat menggunakan handphone inilah yang harus diperhatikan. Sering menunduk dapat menimbulkan komplikasi pada punggung, bahu, dan leher, bahkan peneliti menyebut hal ini sebagai text neck syndrome. Istilah ini merujuk kepada bentuk postur abnormal yang dialami oleh orang yang terlalu sering menunduk akibat menatap layar gadget mereka.

Buat Kawan PRIMA yang sering melakukan hal-hal di atas, cobalah untuk mengurangi intensitasnya secara bertahap karena masalah yang sepele bisa menjadi serius bila dilakukan secara terus menerus.

 

Baca artikel lain seputar kesehatan di:

Aktivitas yang Baik untuk Otak

5 Makanan yang Bisa Menurunkan IQ

 

 

Sumber:

Kompas.com

Fimela.com

Cnnindonesia.com

kemkes.go.id

yesdok.com

berita lainnya

Saat kita berwisata ke Singapura, Thailand, atau Malaysia sebaiknya kita menyebutkan payment system berbasis QR yang populer di negara tersebut seperti DuitNow (Malaysia), SGQR (Singapura), dan PromptPay (Thailand).... Selengkapnya >
Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan hak-hak konsumen dan kampanye dalam perlindungan konsumen yang dapat diterapkan ke dalam berbagai inovasi untuk perkembangan bisnis ke arah yang positif.... Selengkapnya >
Dengan memanfaatkan inovasi dalam dunia perbankan ini, Kawan PRIMA dapat merasakan pengalaman bagi-bagi THR yang lebih cepat, aman, dan nyaman.... Selengkapnya >