Aktivitas yang Baik Untuk Otak

25 January 2023

  • Share

Aktivitas yang Baik Untuk Otak

Kawan PRIMA, otak merupakan organ yang paling berperan penting dalam mengendalikan seluruh sistem dalam tubuh. Tidak hanya sebatas memproses informasi, otak juga berfungsi untuk mengendalikan sistem pernapasan hingga reproduksi. Kerusakan pada sistem saraf pusat ini secara otomatis akan menganggu fungsi organ tubuh lainnya.  Oleh karena itu, menjaga kesehatan otak menjadi sebuah keharusan.

Di sisi lain, pertambahan usia ternyata bisa mempengaruhi penurunan fungsi otak seseorang loh. Jika dibiarkan, hal tersebut dapat memicu seseorang mengalami kepikunan, demensia dan penyakit Alzheimer di masa tuanya. Namun jangan khawatir, risiko penurunan fungsi otak akibat pertambahan usia dapat dicegah dengan rutin melakukan berbagai aktivitas berikut ini.

1. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang mampu membantu kamu menjaga kesehatan otak. Berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan diantaranya berenang, bersepeda, berlari, yoga, menari dll. Berolahraga secara rutin akan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak sehingga pertumbuhannya dapat menjadi optimal.

2. Bermain Musik

Bermain musik dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kecerdasan seseorang. Bermain musik akan melatih seseorang dalam merespon suara dan bahasa. Dalam otak, musik disimpan di sebuah area khusus yang terletak pada sistem limbik. Sistem limbik merupakan bagian-bagian otak tertentu yang berhubungan dengan emosi, perilaku, memori jangka panjang, dan lainnya.

3. Membaca Buku

Kabar gembira bagi kamu yang mempunyai hobi membaca. Menurut penelitian, membaca dapat menghindarkan kamu dari penyakit demansia. Kebiasaan membaca bisa membantu melenturkan otot-otot yang terdapat pada otak seseorang. Menurut penelitian yang dilakukan Haskins Laboratories for the Science of the Spoken and Written Word, aktivitas membaca akan memberikan kamu banyak waktu untuk memproses, berpikir, serta membayangkan narasi. Hal ini disebut dapat meningkatkan kapasitas memori otak seseorang.

4. Bersosialisasi

Bergaul dan bersosialisasi dengan banyak orang tidak hanya bermanfaat dalam membentuk jaringan pertemanan. Lebih dari itu, menjalin komunikasi seperti bercengkrama dengan banyak orang ternyata berguna untuk menjaga kesehatan otak. Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. David Bennett dari Rush University Medical Center, menjelaskan bahwa memiliki jaringan pertemanan yang luas dapat membantu kamu terhindar dari penyakit Alzheimer.

5. Bermain Catur

Bermain catur merupakan sebuah permainan yang mampu melatih konsentrasi dan kreativitas. Rutin bermain catur juga akan melatih dua sisi otak, yakni otak kanan dan otak kiri. Selain itu, bermain catur juga dapat meningkatkan daya ingat dan melatih kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

 

Referensi:

Halodoc.com

Alodokter.com

Kompas.com

CnnIndonesia.com

berita lainnya

Kawan PRIMA, Indonesia akan segera memasuki era baru teknologi Toll Road 4.0. Salah satunya dengan rencana penerapan teknologi MLFF. Apakah kamu sudah mendengar bahwa sistem MLFF akan diterapkan di jalan tol Indonesia mulai tahun 2023?... Selengkapnya >