Modal Utama Bisnis: Uang atau Mindset ?

19 June 2020

  • Share

Kawan PRIMA, apa sih yang pertama kali muncul di benakmu jika mendengar ‘modal bisnis’ ? Uang? Relasi? Pengalaman? Pengetahuan? Atau aspek lainnya seperti mindset ? Ya, memang dari beberapa hal tersebut tidak ada yang salah, karena modal merupakan dasar yang penting dalam bisnis. Ibarat rumah, modal adalah fondasi awal yang akan memperkokoh dan mendukung perkembangan bisnis diatasnya sebagai rumah.

Untuk mempermudah kita dalam mengenalinya, modal dalam kewirausahaan dibagi menjadi dua jenis, yaitu modal tangible atau yang berwujud yang biasanya kita kenal dengan aset riil berupa uang, dan modal intangible yaitu modal yang tak berwujud seperti mindset . Dua jenis modal ini kerap diperdebatkan, terutama soal yang mana yang lebih penting atau utama dalam menunjang bisnis. Hmm, kira-kira mana ya yang lebih utama? Untuk menjawab hal tersebut, kita bahas satu persatu:

Uang sebagai modal dalam bisnis

Mulai dari bisnis mikro hingga makro, uang nampaknya merupakan jenis modal yang tak dapat dipisahkan dalam bisnis. Kenapa begitu? Ya, karena meski kamu tak mengeluarkan uang secara langsung, alat atau inventaris yang kamu gunakan untuk menunjang bisnis sudah bisa dipastikan berasal dari uang bukan? Eitsss, tapi jangan sampai salah paham ya! Dalam bisnis uang bukanlah segalanya, karena sekalipun kamu memiliki modal usaha yang besar, bisnis tetap tidak akan berjalan baik kalau kamu nggak mampu mengelola arus kas atau cash flow modalnya. Nah, bagi kamu yang saat ini sedang berencana atau tengah membangun usaha, kumpulkanlah modal uang dan pelajari cara untuk mengatur arus kas bisnis sejak dini seperti memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, melakukan perencanaan keuangan bisnis, membuat laporan laba rugi, dsb.

Mindset  dalam membangun bisnis

Pasti Kawan PRIMA sudah sering dengar istilah mindset entrepreneur kan? Ya, hal ini juga tak kalah penting dengan modal uang lho… Karena dalam membangun bisnis, kita semua perlu melakukan penyesuaian secara fisik, dan menyingkirkan mental blocks yang selama ini telah terbangun di benak kita agar keberanian, dan rasa percaya diri didalam berbisnis dapat terbentuk.

 

Lalu, setelah menyingkirkan mental blocks, mindset entrepreneur apa aja sih yang perlu dikembangkan?

1. Berani ambil resiko, dan keluar dari zona nyaman

Keluar dari zona nyaman merupakan hal yang biasanya dihindari oleh kebanyakan orang. Namun, mindset entrepreneur sejati perlu mendekati ketidaknyamanan itu, dan berusaha untuk bisa settle dan berkembang dalam kapasitas lebih besar yang telah kamu ciptakan sendiri. Contoh simpelnya adalah menyingkirkan pola pikir dari pekerja (Salary man) yang mendapatkan fixed income menjadi mencari pendapatan usaha tiap bulan sesuai dengan target bisnismu.

 

2. Jeli dalam melihat peluang

Salah satu mindset entrepreneur sukses berikutnya adalah pandai mencari, bahkan menciptakan peluang itu sendiri. Intinya, temukan atau kembangkan dan tuai setiap potensi yang sudah kamu usahakan dan jangan berhenti pada satu titik poin keberhasilan. Jadilah peka terhadap setiap peluang yang datang pada kita, dan rencanakan secara matang untuk setiap strategi eksekusi yang harus dikerjakan atau delegasikan bersama anggota tim lainnya.

 

3. Menghindari NATO (No Action Talk Only)

Inovasi, dan ide cemerlang memang sangat dibutuhkan, tetapi keseimbangan antara ide dan juga eksekusi perlu dimiliki para entrepreneur. Karena ide sehebat apapun tanpa adanya eksekusi yang jelas, tidak akan membawamu sampai pada keberhasilan.

 

3. Menjadikan hidup sebagai proses belajar

Ya, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Ada banyak hal di luar sana yang dapat kita pelajari dari waktu ke waktu. Bahkan, waktu selama hidup ini tidak akan cukup untuk dapat mempelajari segala pengetahuan yang ada.

Terakhir, untuk memulai segala hal yang ada, termasuk keempat mindset ini, seorang entrepreneur harus mampu memotivasi diri sendiri, dan menjaga api semangat tim  dalam membangun bisnis.

 

Nah Kawan PRIMA, setelah kita bahas dua jenis modal bisnis, menurutmu lebih utama uang atau mindset nih dalam memulai bisnis?

 

 

Artikel Terkait:

Film Yang Wajib Kamu Tonton Buat Inspirasi Usaha

Tips Mempertahankan Bisnis Di Tengah Pandemi

Produktif Cari Penghasilan Tambahan Walaupun #DiRumahAja

3 Cara Mudah Dapatkan Uang Tambahan

 

Referensi:

economy.okezone.com

Sanawiri, Brillyanes dan Mohammad Iqbal. 2018. KEWIRAUSAHAAN. Malang: UB Press

koinworks.com

lifepal.co.id

finansialku.com

berita lainnya

Sama halnya dengan detoks kesehatan dimana kamu hanya akan konsumsi makanan tertentu untuk membersihkan racun pada tubuh, detoks keuangan juga berguna bagi kamu yang ingin menghilangkan racun pada finansialmu.... Selengkapnya >
Mengambil cuti untuk sekedar melakukan me time maupun aktivitas bersama keluarga tetaplah penting dilakukan saat pandemi lho….... Selengkapnya >
Stres aja sudah tidak baik untuk kesehatan mental, apalagi kalau terjadi secara berkepanjangan? Tentu, stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh... Selengkapnya >