Film yang Wajib Kamu Tonton buat Inspirasi Usaha

16 June 2020

  • Share

Inspirasi memang bisa datang dari mana aja. Tapi untuk kamu yang suka nonton film, mungkin kamu paham kalau dalam film banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil. Mau tentang hubungan dengan orang lain, berdamai dengan diri sendiri, dan nggak sedikit juga film tentang struggle dalam membangun bisnis.

Film-film yang semuanya diangkat dari kisah nyata ini mungkin harus kamu tonton kalau kamu sedang struggling dengan bisnismu.

 

1. The Pursuit of Happyness (2006)

Siapa yang nggak kenal Will Smith? FYI, ia mendapat nominasi Oscar dari film ini, lho! Perannya sebagai Chris Gardner memang patut diacungi jempol dehhh! Film ini diangkat dari kisah nyata Chris Gardner yang menjadi tunawisma selama setahun sambil menjalankan unpaid internship selama 6 bulan dan berusaha menjual alat scan yang menjadi target salesnya. Ditambah lagi, ia tetap harus menjalankan kewajibannya sebagai orang tua.

Film ini menunjukkan bagaimana etika kerja yang digabungkan dengan keyakinan dan kemauan untuk melakukan apa pun demi mencapai keinginan akan terbayar dengan kesuksesan. Intinya film ini cocok banget buat kamu yang sedang struggle dengan dunia pekerjaan maupun kehidupan nih, Kawan PRIMA. Tapi jangan lupa siapin tisu kalau mau nonton film ini, ya!

Kutipan film yang menginspirasi : “You got a dream… You gotta protect it. People can’t do something themselves, they wanna tell you that you can’t do it. If you want something, go get it. Period.”

 

2. The Billionaire (2011)

The Billionaire merupakan film yang diangkat dari kisah nyata di Thailand tentang CEO dari Tao Kae Noi, yaitu Aitthipat Kulapongvanich alias Top. Buat kamu yang sering jajan di minimarket pasti familiar banget dengan merek rumput laut yang satu ini. Top memulai bisnis camilan rumput laut di usia yang sangat muda, yaitu 19 tahun dengan uang yang dikumpulkannya dari jual beli di game online, dan berbagai usaha lainnya.

Namun, yang namanya bisnis pasti ada lika-likunya, Top terpaksa meninggalkan bangku perkuliahan, eksperimen produk yang mengalami kegagalan panjang, hingga berbagai kegagalan lainnya. Namun semua itu terbayarkan! Tao Kae Noi Food berhasil mendunia. Pada usia 26 tahun, Top juga sudah berhasil menghasilkan 800 juta baht atau setara Rp 367 Miliar per tahun dari bisnis camilan rumput lautnya. Jadi dalam memulai bisnis, bisa dibilang engga ada kata ‘terlalu muda’ untuk mulai asal ada kemauan ya,  Kawan PRIMA!

Kutipan film yang menginspirasi : “Do not lose your courage no matter what. Because if we give up, the game is over.”

 

3. Chef (2014)

Untuk kamu penggemar Netflix, mungkin familiar dengan serial ‘The Chef Show’. Serial itu diangkat dari film Chef ini, lho! Chef menceritakan tentang Carl Casper, seorang head chef terkenal yang berhenti dari pekerjaan prestisiusnya dan membeli food truck untuk memenuhi visi kreatifnya sejak dulu. Dipenuhi dengan ambisi artistik dan masalah keluarga, Chef menceritakan perjalanan Carl menjalankan bisnis food truck bersama keluarganya serta hal-hal menarik yang terjadi selama perjalanan bisnis mereka.

Film ini cocok banget ditonton untuk kamu yang sedang merasa frustasi dan jenuh dengan keadaan. Selain menghibur, film ini juga bisa jadi pengingat akan passion yang mungkin sudah lama kamu lupakan akibat rutinitas.

Kutipan film yang menginspirasi : “I may not do everything great in my life, but I’m good at this. I manage to touch people’s lives with what I do and I want to share this with you.”

 

4. Joy (2015)

Film ini cocok banget untuk perempuan yang mau buka usaha. Film Joy diangkat dari kisah nyata tentang Joy Mangano, wanita yang hidup di apartemen yang sempit bersama keluarga besar dan mantan suaminya. Berawal dari frustasi dengan kain pel biasa, ia menciptakan self-wringing mop yang masih kita gunakan hingga saat ini, dan Joy juga berhasil menciptakan 100 alat lainnya yang ia patenkan atas namanya.

Dengan latar cerita di tahun 1990-an, film ini menggambarkan bagaimana Joy sebagai pemeran utama wanita yang kerap dipandang sebelah mata dan banyak mengalami lika-liku dalam menjalankan bisnisnya. Menginspirasi bukan?

Kutipan Inspirasi dari film ini : "We got here from hard work, patience, and humility. Don't think the world owes you anything because the world owes you nothing."

 

5. The Founder (2016)

film The Founder terinspirasi dari kisah Dick dan Mac, pemilik sekaligus pelopor makanan cepat saji McDonald's. Film ini menceritakan perjuangan bisnis McDonald's dalam mengembangkan usaha waralaba mereka. McDonald's awalnya merupakan restoran hamburger California yang didirikan pada 1950-an. Bisnis itu mulanya dikelola Dick dan Mac. Atas peran Ray Kroc, franchise McDonald's dibuka di beberapa kota hingga mendunia.

Kesuksesan Ray membuatnya dikenal sebagai pendiri McDonald's alih-alih Dick dan Mac. Dalam Film ini kamu bisa belajar tentang kapitalisme wirausaha, inovasi, ekspansi perusahaan, dan hak kekayaan intelektual. Dan yang pasti kamu bisa belajar mengenai pentingnya negosiasi dengan benar dari awal dan untuk berhati-hati dalam memilih rekan bisnis.

Kutipan film yang menginspirasi : “Nothing in this world can take the place of good old persistence. Talent won’t. Nothing’s more common than unsuccessful men with talent. Genius won’t. Unrecognized genius is practically a cliche. Education won’t. Why the world is full of educated fools. Persistence and determination alone are all powerful.”

 

Itu dia list film-film struggle bisnis yang diangkat dari kisah nyata. Semoga film tadi dapat menginspirasi kita semua dalam menghadapi berbagai keadaan bisnis di tengah Pandemi ya, Kawan PRIMA! Intinya Stay positive!

 

 

Artikel Terkait:

 

Tips Mempertahankan Bisnis Di Tengah Pandemi

Produktif Cari Penghasilan Tambahan Walaupun #DiRumahAja

3 Cara Mudah Dapatkan Uang Tambahan

Me Time Untuk Jaga Kesehatan Mental Di Rumah

 

Refensi:

entrepreneur.bisnis.com

indozone.id

tirto.id

merahputih.com

99signals.com

berita lainnya

Sama halnya dengan detoks kesehatan dimana kamu hanya akan konsumsi makanan tertentu untuk membersihkan racun pada tubuh, detoks keuangan juga berguna bagi kamu yang ingin menghilangkan racun pada finansialmu.... Selengkapnya >
Mengambil cuti untuk sekedar melakukan me time maupun aktivitas bersama keluarga tetaplah penting dilakukan saat pandemi lho….... Selengkapnya >
Stres aja sudah tidak baik untuk kesehatan mental, apalagi kalau terjadi secara berkepanjangan? Tentu, stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh... Selengkapnya >