Hobi yang Menghasilkan Uang

1 March 2021

  • Share

Kawan PRIMA, bisa menghasilkan uang dengan menjalankan hobi tentunya akan menyenangkan bukan? Siapa yang tidak mau melakukan hal-hal yang disukai sekaligus mendapatkan income. Namun, sebelum itu benar nggak sih hobimu itu bisa menghasilkan uang? Atau hobimu hanya sekedar aktualisasi diri aja?

Banyak yang masih beranggapan bahwa hobi yang mendatangkan uang hanya hobi pada bidang olahraga, dimana seseorang yang menekuninya berkesempatan menjadi atlet. Diluar itu, hobi dianggap sebagai ajang aktualisasi diri, maupun pelepas penat dari aktivitas sehari-hari. Hmmm, kini muncul banyak hobi yang bisa mendatangkan uang. Tapi apa aja ya? Berikut hobi yang bisa menghasilkan uang:

  • Berkebun

Menurut penelitian Columbia University tahun 2020, berkebun dapat mencegah penyusutan otak pada orang dewasa, serta mempengaruhi kemampuan kognitif seperti pembelajaran dan ingatan. Kegiatan berkebun juga kerap dikaitkan dengan mindfulness dan obat depresi. Eittts, nggak sampai disitu, berkebun juga dipandang sebagai salah satu hobi yang menjanjikan lho! Ya, dikatakan demikian karena beberapa tanaman hias kini hits seperti “monstera” yang harganya bisa mencapai puluhan juta. Untuk memulai berkebun tidak perlu menghabiskan banyak uang. Cukup berbekal bibit tanaman, pengetahuan, dan kemauan untuk bersahabat dengan tanaman. Tidak memiliki lahan? Tenang, kini ada kok tanaman hias hidroponik yang tidak membutuhkan tanah sebagai media tanam.

  • Fotografi

Jika kamu mempunyai hobi fotografi, tapi belum mempunyai modal maupun peralatan professional, tidak perlu khawatir. Di jaman yang serba digital saat ini, semakin banyak pilihan peralatan fotografi yang terjangkau. Sebelumnya, Kawan PRIMA perlu menentukan tema dan objek foto yang akan diambil, bisa foto makanan, alam, ekspresi wajah, tinggal sesuaikan dengan passion-nya masing-masing ya. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari foto. Kamu bisa menjual foto-foto yang kamu miliki di situs penyedia gambar, seperti iStockphoto, Shutterstock, Pixabay, Foap, Clashot, dan masih banyak lagi lainnya.  Masing-masing situs penyedia gambar mempunyai sistem dan harga jasa yang berbeda beda ya. Berikutnya kamu juga bisa membuat animasi atau slide show foto hasil karyamu untuk diupload ke Youtube. Kamu berpeluang mendapatkan income dari hasil monetisasi atau pihak yang berminat dengan hasil karyamu dan langsung menghubungimu. Atau jika hobimu adalah fotografi olahraga, kamu bisa melakukan hunting foto public figure yang sedang berolahraga. Kamu bisa menawarakan hasil fotomu melalui pesan langsung ke akun media sosial tokoh tersebut. Siapa tau hasil jepretanmu diminati dan deal harga, itung-itung nambah kenalan orang penting juga kan.

  • Bermain Musik

Terakhir, apakah kamu memiliki hobi bermain alat musik seperti gitar, drum, bass, maupun alat musik lainnya? Kamu bisa membuat video musik, baik itu ciptaanmu sendiri maupun meng-cover lagu hits, lalu upload ke Youtube untuk di-monetize. Oiya, kalo mau meng-cover lagu orang lain untuk di-monetize di Youtube, jangan lupa minta izin dulu ya sama penciptanya.  Rasa boring pergi, dapet deh hasil monetisasi.

  • Bermain game

Hobi yang satu ini seringkali dipandang sebelah mata karena dirasa tidak membawa manfaat selain menghabiskan waktu saja. Tapi, taukah kamu bermain game bisa menghasilkan uang juga, lho. Tapi, masa sih? Ya, di game online, ada beberapa fitur pada karakter yang bisa diperjualbelikan kepada sesama gamers. Selain itu, kamu juga bisa menjadi game reviewer untuk mendapatkan uang. Untuk ini, kamu perlu mempelajari trik-trik khusus dalam suatu game yang caranya belum diketahui banyak orang sehingga dapat meningkatkan nilai kontenmu.

Tapi apakah semua game bisa dijadikan menghasilkan uang? Tentu tidak. Namun kini tersedia beberapa mini game yang bisa menghasilkan uang dengan pencapaian poin atau kredit apabila bisa memenangkannya. Kemudian kredit tersebut dapat ditukarkan dengan uang asli maupun pulsa. Hitung-hitung lepas penat sambil mendapatkan uang tambahan seru kan?

Nah Kawan PRIMA, itu tadi merupakan beberapa hobi yang dapat menghasilkan uang. Terpenting, bila kamu berniat menjadikan hobi sebagai sumber pemasukan utama, maka kamu juga perlu memahami realita pekerjaan di balik hobi yang kamu miliki ya…. Selamat mencoba, dan salam sukses!

 

Artikel Terkait:

Tren Bisnis Rumahan 2021

Ide Bisnis Saat New Normal

3 Cara Mudah Dapatkan Uang Tambahan

 

 

Referensi:

kumparan.com

idntimes.com

lifestyle.sindonews.com

cermati.com

lifepal.co.id

finansialku.com

qwords.com

 

berita lainnya

Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award" kepada Direktur TI & Operasional PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Benny Sudarsono Tan, didampingi, Kepala Divisi Jaringan & Operasi PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Yudi Gunawan dan Kepala Departemen Operasional TI & Data Center PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Arief Candra dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Rabu, 14 April 2021.... Selengkapnya >
Mari bersihkan hati dan jiwa di bulan yang suci ini, sambut kembali indahnya Ramadan penuh berkah dengan mendekatkan diri kepada-Nya.... Selengkapnya >
Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Santoso Liem, Direktur PT Bank Central Asia Tbk dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Kamis, 1 April 2021.... Selengkapnya >