Daerah di Indonesia Yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Film Dunia

15 June 2021

  • Share

Kawan PRIMA, bicara soal film terkenal, bukan hanya soal naskah, alur cerita, dan siapa aktornya. Hal lain dalam film seperti makanan, budaya, serta latar lokasi syuting tak jarang memicu rasa penasaran muncul, dan menggugah kita untuk mencari tau. Terlebih kalau hal tersebut berkaitan dengan aktor/aktris yang kamu idolakan, pasti langsung searching kan? Hehehe… taukah kamu kalau Indonesia juga sempat menjadi latar syuting untuk film-film terkenal? Penasaran kan kira-kira dimana aja spot syuting-nya? Berikut daerah di Indonesia yang pernah jadi lokasi syuting film terkenal:

 

Pulau Mursala, Tapanuli – King Kong

Menyimpan panorama yang eksotis, Pulau Mursala di Tapanuli menjadi lokasi syuting film berjudul King Kong garapan sineas internasional, Peter Jackson pada tahun 2005 silam. Pada Film King Kong, pulau Mursala disebut sebagai Skull Island atau pulau tengkorak yang menjadi tempat Kong pertama kali ditemukan. Pulau ini sangat fenomenal dengan air terjunnya yang alirannya langsung jatuh ke laut. Tak kalah, pemandangan bawah lautnya yang indah menjadikan para turis domestik maupun mancanegara yang datang ke pulau ini memanfaatkan momen berlibur mereka dengan aktivitas snorkeling.

 

Pulu Bintan, Kepulauan Riau – World Within

Selanjutnya Pulau Bintan atau pulau utama dari Kepulauan Riau yang pernah menjadi lokasi syuting untuk film World Within. Bagi kamu penggemar film Korea pasti tau dong? Ya, film serial yang dibintangi oleh Hyun Bin, dan Song Hye Kyo pada tahun 2009 menggunakan latar lokasi Pulau Bintan. Film ini menceritakan lika-liku karir sutradara perempuan pendatang baru bernama Jun Yeong Ju yang berusaha membuktikan bahwa ia juga bisa menjadi sutradara profesional, meski profesi tersebut didominasi oleh pria.

 

Jakarta - Blackhat

Sebagai Ibukota, Jakarta juga pernah dijadikan tempat syuting salah satu film Hollywood dengan judul Blackhat yang rilis di tahun 2015. Dibintangi oleh Chris Hemsworth, film Blackhat bercerita tentang misi peretasan yang dilakukan demi membongkar kejahatan cybercrime tingkat tinggi. Latar Jakarta yang digunakan dalam film ini tepatnya di Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanah Abang, Lapangan Banteng, dan pemandangan metropolitan Jakarta sebagai pelengkap film. Tak sampai disana, film ini juga menampilkan pagelaran budaya Indonesia yang melibatkan ± 5000 orang untuk salah satu adegan dalam film blackhat.  

 

Hutan Mangrove, Kalimantan – Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid

Bagi kamu pencinta film hollywood pasti tau deh film ini! Ya, film legendaris dengan judul Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid yang rilis tahun 2005 ini sempat duduk di jajaran box office dunia pada masanya. Dibalik latar hutan yang digambarkan pada film ini, siapa sangka bahwa ternyata latar hutan yang diambil berlokasi di hutan mangrove, Kalimantan. Dengan latar hutan rimba, film karya Dwight H. Little ini mengisahkan petualangan sekelompok orang untuk menjelajahi hutan demi menemukan tanaman anggrek yang bisa menyembuhkan penyakit.

 

Ubud, Bali – Eat, Pray, Love

Sebagai destinasi wisata, Bali memang menyimpan sejuta keindahan alam, terutama keindahan pantainya. Eitss tapi tak hanya identik dengan itu, Film Eat, Pray, Love (2010) besutan Ryan Murphy dan Brad Pitt justru menggambil spot syuting yang berbeda, yaitu di Monkey Forest hingga Ubud Art Market. Adaptasi dari novel karya Elizabeth Gilbert, film ini menceritakan tentang perjalanan Liz yang dibintangi oleh aktris terkenal Julia Roberts yang sempat hilang arah setelah gagal dalam berumah tangga hingga akhirnya ia menemukan berbagai hal baru dalam hidupnya dengan berkunjung ke beberapa negara, termasuk menemukan cinta sejatinya di pulau Dewata, Bali.

 

Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat – The Savage

Taukah kamu ada Pulau Moyo terletak di Nusa Tenggara Barat? Mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Ya, Pulau Moyo di Nusa Tenggara Barat memang merupakan destinasi wisata yang bersifat eksklusif. Meski tak banyak dikenal turis domestik, nama pulau Moyo cukup terkenal di kalangan turis mancanegara. Tak heran, bila film The Savage (2012) yang dibintangi oleh John Travolta, Blake Lively, dan Salma Hayek menjadikan Pulau Moyo sebagai lokasi syuting. Dalam film, salah satu set menarik yang diambil adalah keindahan pantai yang ada di Pulau Moyo.

 

Nah Kawan PRIMA, itu tadi merupakan daerah di Indonesia yang pernah menjadi lokasi syuting film terkenal. Dari 6 daerah tersebut mungkin bisa jadi referensi untuk destinasi wisata nih, hehehe….. Eitss, tapi ingat ya di tengah pandemi ini kita tetap harus taat akan protokol kesehatan yang berlaku dan memastikan tubuh fit saat melakukan travelling ya!

 

Artikel Terkait:

Tren Wisata Sehat Dan Aman Di Tengah Pandemi

Film Yang Wajib Kamu Tonton Buat Inspirasi Usaha

 

Referensi:

merdeka.com

popbela.com

haibunda.com

indozone.id

hot.liputan6.com

kumparan.com

kompas.com

travel.tempo.co

berita lainnya

COD merupakan fitur transaksi di marketplace atau e-commerce yang memungkinkan pembeli melakukan pembayaran saat pesanan mereka sampai... Selengkapnya >
Buat kamu yang tidak ingin terjebak dengan investasi bodong skema ponzi, berikut kumpulan informasi untuk menghindarinya.... Selengkapnya >
Sebelum kamu memutuskan untuk membeli charger wireless atau tidak berikut tips memilih charger yang tepat terlepas itu wireless atau kabel:... Selengkapnya >