Tips Merintis Usaha Rumahan

22 January 2021

  • Share

Kawan PRIMA, bisa menghabiskan sepanjang hari sambil bersantai dan tetap menghasilkan uang tentu merupakan kondisi yang diinginkan setiap orang bukan? Ya, demi mewujudkannya berbagai usaha dilakukan. Mulai dari bekerja lebih giat untuk mendapatkan promosi jabatan dikantor, melakukan investasi sejak dini, hingga merintis usaha. Hmm, kalau bicara soal merintis usaha, minggu lalu kita sudah sempat bahas soal tren bisnis rumahan di tahun 2021. Setelah membaca itu, terpikir nggak sih kalau sebenarnya dalam menjalankan usaha itu butuh modal atau ide bisnisnya dulu? Hmm, untuk menjawabnya berikut kumpulan informasi seputar tips merintis usaha:

 

Ide Bisnis dan Modal, mana lebih penting?

Minimnya modal yang dimiliki di awal membangun bisnis seringkali dianggap sebagai hambatan terbesar. Padahal dibanding itu, ada hal yang lebih penting, yaitu ide bisnis itu sendiri. Kenapa begitu? Ya, karena tanpa kita menentukan bisnis apa yang ingin kita jalankan, tentu kita tidak dapat menentukan besarnya modal yang dibutuhkan untuk merintis bisnis.

 

Selain pertimbangan tersebut, kamu juga bisa menjalankan tips merintis usaha rumahan berikut yang sudah Jaringan PRIMA siapkan khusus untukmu:

 

1. Fokus pada peluang bisnis

Entah itu usaha rumahan, atau dalam bidang industri yang lebih besar tentu langkah awal yang perlu ditempuh dalam membangun usaha adalah dengan mencari tahu secara mendalam peluang bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan. Selain itu, pastikan juga kamu memilih bidang usaha yang sesuai dengan passion-mu. Kenapa? Ya, karena jika dilandasi dengan passion, maka apa yang kita jalani tentu akan lebih bergairah, dan penuh semangat. Lalu, di saat bisnis dijalankan dengan penuh semangat, niscaya peruntungan baik akan datang.

 

2. Menentukan visi dan misi usaha

Setelah menentukan fokus pada satu bidang usaha, kita perlu menentukan hal mendasar dalam sebuah bisnis, yaitu visi dan misi. Visi dan misi ini penting sebagai pengingat dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Meskipun bisnis yang ingin dijalani hanya sekelas rumahan, tetapi kita juga harus menentukannya dengan jelas sehingga saat bisnis berjalan, tidak hanya asal hanya berjalan tetapi mempunyai target. Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi samar dan sulit untuk di capai.

 

3. Ciptakan diferensiasi produk

Tak kalah penting, usai menentukan visi dan misi bisnis, mulailah ciptakan diferensiasi produk atau pembeda produk dibanding produk lainnya yang beredar di pasaran. Hal ini penting agar produk yang kita miliki dapat diterima baik oleh konsumen. Kita harus menciptakan produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. Mengingat sekarang ini persaingan semakin ketat, tentu kita harus berinovasi untuk memikat dan menarik hati pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan produk yang unik, brand kita juga berperluang untuk mudah diingat oleh para konsumen.

 

4. Menyusun timeline dan roadmap bisnis

Dalam memulai usaha, menyusun rencana realisasi bisnis dengan format timeline dan roadmap cukup penting. Ini berguna agar kita dapat melihat progress berjalan bisnis dari waktu ke waktu. Dalam menyusun timeline, pemilihan waktu juga menjadi salah satu faktor yang cukup penting untuk meraup keuntungan bisnis.

 

5. Lakukan promosi yang tepat

Usai menyusun timeline bisnis, melakukan promosi produk juga menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk ke publik. Untuk itu strategi promosi harus sesuai dengan target market produk, agar berjalan efektif dan tepat sasaran.

 

6. Menanamkan mindset untuk terus belajar dan tak takut gagal

Terakhir, yang namanya merintis usaha tidak selalu diiringi keberhasilan. Karena, tidak ada hal yang pasti di dunia ini. Namun, ada dua pilihan dalam hidup kita yang menentukan kesuksesan, yaitu maju atau diam. Jika kita berkeinginan maju, maka tanamnkan mindset untuk terus belajar dan siap untuk menghadapi kegagalan. Ketika gagal, jangan langsung putus asa, teruslah mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Jika kamu dari awal sudah merasa takut gagal, maka usahamu akan berjalan dengan ketakukan dan kegelisahan. Oleh karena itu, kamu harus bisa meyakinkan dirimu sendiri dan buang jauh-jauh segala pikiran mengenai kegagalan. Seorang pebisnis sejati harus mampu bangkit dan belajar dari kegagalan tersebut, karena sesungguhnya kegagalan adalah guru terbaik menuju kesuksesan.

 

Nah Kawan PRIMA, itu tadi merupakan kumpulan informasi seputar tips merintis usaha rumahan bagi kaum milenial. Semoga rangkaian informasi ini membantu, dan selamat mencoba!

 

 

Artikel Terkait:

Tren Bisnis Rumahan 2021

Ide Bisnis Saat New Normal

Modal Utama Bisnis: Uang Atau Mindset ?

Film Yang Wajib Kamu Tonton Buat Inspirasi Usaha

 

 

Referensi:

cnnindonesia.com

jabar.idntimes.com

jurnal.id

paper.id

berita lainnya

Untuk mencapai hidup sehat dan bahagia, kita juga perlu tetap optimis untuk menjalankan kunci hidup sehat dan bahagia... Selengkapnya >
berikut aspek penting yang perlu kamu perhatikan agar transaksi online jadi lebih aman... Selengkapnya >