Tips Mengelola THR Lebaran dengan Bijak

3 April 2024

  • Share

Kawan PRIMA, hari raya Idulfitri 1445 H akan jatuh di 10-11 April ini. Tentunya sebagian dari Kawan PRIMA yang sudah bekerja telah menerima THR atas upah hasil kerja setahun dari beberapa hari sebelum hari H tiba.

Nah, mendapat uang dengan jumlah berlebih tentu membuat kita kalap ingin membelanjakan uang tersebut untuk berbagai kebutuhan seperti oleh-oleh mudik, barang impian, atau persiapan untuk salam tempel bagi sanak saudara. Ujung-ujungnya banyak yang menghadapi situasi di mana uang THR habis sebelum Idulfitri itu tiba.

 

Berikut adalah tips agar THR kamu bisa dikelola dengan bijak ala Jaringan PRIMA:

1. Alokasikan untuk Tabungan dan Investasi

Kawan PRIMA, di awal 2024, JakPat melakukan survei bahwa 68% masyarakat Indonesia ingin lebih rajin menabung di tahun ini. Momen THR bisa menjadi instrumen yang tepat untuk menjadi modal finansial yang ampuh bagi kamu yang ingin memulai menabung. (Baca: Intip Resolusi Paling Menarik di 2024).

Instrumen menabung pun ada banyak macamnya, bisa dimulai dari investasi low-risk seperti deposito, reksadana, atau emas (baca: Tips Investasi Emas Digital Bagi pemula) hingga yang high-risk seperti saham atau trading.

 

2. Membayar Hutang

Tidak ada salahnya menggunakan sebagian THR untuk keperluan di luar hari raya. Jika memang kamu masih memiliki cicilan yang harus segera dibayarkan, ada baiknya menggunakan THR untuk membayar utang. Kawan PRIMA bisa menyisihkan maksimal 30% dari total THR yang diterima untuk memenuhi kewajiban tersebut.

 

3. Buat Pos Pengeluaran Hari Raya

Mengutip dari Media Indonesia, Head of Research and Advisory Bank Commonwealth, Thadly Chandra memberi rekomendasi alokasi THR 10-20-60-10, yaitu 10% untuk membayar zakat, 20% untuk tabungan dan investasi, 60% untuk kebutuhan hari raya dan membayar utang atau cicilan, dan 10% untuk dana darurat. 

Dengan adanya pos alokasi biaya ini tentu lebih memberikan manfaat bagi Kawan PRIMA terutama dalam melakukan “rem” terhadap pengeluaran-pengeluaran yang tidak diperlukan.

 

4. Membayar Zakat atau Sedekah

Menunaikan zakat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat Muslim. Menjalankan salah satu rukun Islam ini menunjukkan kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan serta sebagai tindakan berbagi kegembiraan pada hari raya.

Selain zakat fitrah, jangan lupa pula menyisihkan THR kamu untuk memberi infaq dan sedekah kepada anak yatim, kaum dhuafa. Ingatlah bahwa terdapat hak orang lain dalam setiap harta yang kita miliki.

Itu dia tips mengelola THR dengan bijak versi Jaringan PRIMA. Perlu diingat bahwa memanfaatkan THR untuk kebutuhan pribadi juga diperlukan demi menyenangkan diri. Kamu bisa juga memanfaatkan uang tersebut untuk membeli pengalaman baru atau berekreasi pascalebaran dengan membeli tiket menuju destinasi favoritmu menggunakan transportasi pilihan yang pembayarannya terhubung dengan mitra bank Jaringan PRIMA seperti kereta api (KAI), pesawat (Citilink, Super Air Jet, Lion Air, dan Sriwijaya Air), atau moda transportasi favorit lainnya.

 

Baca artikel bertema Ramadan yang lain:

Yuk Berburu Tiket Mudik Bersama Jaringan PRIMA

Tradisi Lebaran yang Dinanti

Tradisi Mudik Sudah Ada sejak Zaman Majapahit?

 

Sumber:

Kumparan.com

Kompas.com

Mediaindonesia.com

berita lainnya

Mempersiapkan asuransi kesehatan juga sebagai bentuk kepedulian Kawan PRIMA terhadap diri sendiri dan keluarga.... Selengkapnya >
Merayakan Hari Film Nasional bisa dilakukan dengan berbagai caranya dengan yang paling relevan adalah dengan menonton film Indonesia yang sedang diputar di bioskop bersama orang terdekat Kawan PRIMA.... Selengkapnya >
Terdapat 81 juta millenials di Indonesia yang tidak memiliki rumah.... Selengkapnya >