Tradisi Lebaran Yang Dinanti

2 May 2022

  • Share

Kawan PRIMA, lebaran merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu seluruh umat Islam setiap tahunnya. Momen lebaran menjadi ajang silaturahmi keluarga dan kerabat dekat. Sejak pandemi pemerintah membatasi perayaan lebaran untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Masyarakat hanya bisa merayakan Idul Fitri di rumah masing-masing. Namun lebaran tahun ini akan berbeda. Setelah dua tahun kita berperang melawan pandemi Covid-19, pemerintah akhirnya memperbolehkan masyarakat merayakan lebaran berkumpul dengan keluarga. Tentunya kebijakan tersebut harus dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, utamanya menggunakan masker, serta mengikuti program vaksinasi dan booster. Spesialnya lebaran kali ini karena banyak tradisi lebaran yang tidak dapat kita lakukan selama dua tahun terakhir, akan dapat kembali dapat terwujud. Berikut tradisi lebaran yang dinanti:

 

  1. Salat Id Berjamaah

Sholat Ied atau salat Idul Fitri merupakan suatu ibadah salat sunnah dua rakaat yang biasa dilakukan oleh umat Islam di hari pertama Idul Fitri. Ibadah ini biasanya dilakukan bersama-sama atau berjamaah di masjid.

  1. Mudik

Banyaknya masyarakat Indonesia yang merantau baik ke luar kota maupun ke luar negeri untuk bekerja dan belajar, menjadikan Idul Fitri sebagai ajang silaturahmi dengan kembali ke kampung halaman. Mudik lebaran tahun ini tentunya lebih bermakna setelah dua tahun sebelumnya, kita menahan rindu bertemu keluarga ya Kawan PRIMA.

  1. Open House

Open house juga merupakan tradisi lebaran yang sering dilakukan masyarakat Indonesia. Melalui tradisi ini, biasanya para kerabat atau sanak saudara akan mengunjungi kerabatnya yang melakukan open house untuk bersilaturahmi.

  1. Ziarah

Ziarah biasanya dilakukan setelah warga mengunjungi rumah-rumah saudara atau kerabat yang mengadakan open house. Ziarah dilakukan dengan mengunjungi makam saudara atau orang tua.

  1. Masak dan makan bersama

Setiap daerah dan masing-masing keluarga di Indonesia tentunya mempunyai masakan khas saat lebaran atau Idul Fitri. Menu makanan saat lebaran biasanya  adalah opor ayam, rendang, sambal goreng dan ketupat. Proses memasaknya sendiri pada umumnya dilakukan sehari sebelum lebaran, dimulai dari membuat ketupat, hingga memasak opor ayam.

  1. Bagi-bagi THR

Bagi-bagi THR adalah salah satu tradisi yang sangat identik dengan Lebaran. THR tidak hanya ditunggu oleh pekerja saja, namun juga oleh anak-anak. Ada kegembiraan tersendiri saat membagikan uang untuk keponakan dan anak-anak tetangga yang datang bersilahturahmi.

 

Kawan PRIMA, itulah beberapa tradisi lebaran yang ada di Indonesia. Tentunya beda daerah akan berbeda pula tradisi dan budayanya. Tetap terapkan prokes bersama keluarga ya Kawan PRIMA, selamat merayakan Idul Fitri.

 

Referensi:

The AsianParent.com

Merdeka.com

Detik.com

berita lainnya

Latte factor berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan. Perilaku tersebut merupakan sebuah contoh pengeluaran kecil yang jika diakumulasi akan menjadi pengeluaran besar.... Selengkapnya >
Kerajaan Inggris memberlakukan sejumlah aturan ketat bagi setiap anggota keluarga Kerajaan. Berikut adalah sejumlah makanan yang dijauhi oleh bangsawan Kerajaan Inggris.... Selengkapnya >
Mungkin ada kebiasaan dalam diri kita yang tanpa disadari merugikan orang lain dan justru berpotensi merusak hubungan. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan toxic yang bisa memperbanyak musuh... Selengkapnya >