Selamat! QRIS Tembus 12 Juta Merchant

8 November 2021

  • Share

Kawan PRIMA, penerapan QR Code Indonesian Standard (QRIS) terus mengalami pertumbuhan. Per tanggal 1 November 2021, jumlah merchant QRIS telah menembus 12 juta merchant di seluruh Indonesia. Jika dibandingkan dengan implementasi di akhir tahun 2020 yang sebesar 5,8 juta merchant, maka pencapaian menjelang akhir tahun 2021 ini terbilang signifikan. Dengan pencapaian ini, maka target perluasan QRIS 12 juta merchant yang dicanangkan Bank Indonesia (BI) pada Februari 2021 lalu telah tercapai. Tercapainya target ini salah satunya dipengaruhi karena semakin tingginya akseptasi masyarakat terhadap pembayaran digital. Dari 12 juta merchant QRIS, 88 persen diantaranya didominasi pelaku usaha mikro dan kecil. Bank Indonesia memprediksi transaksi uang elektronik dan transaksi yang dilayani secara digital oleh perbankan, masing-masing akan tumbuh sebesar 35,7 persen dan 30,1 persen pada akhir 2021.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan penerapan pembayaran menggunakan QRIS telah terbukti memberikan banyak manfaat bagi Indonesia. Diantaranya mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif dan mengurangi risiko penularan Covid-19. Semua pencapaian tersebut merupakan hasil kolaborasi yang solid dari berbagai pihak, khususnya pemerintah pusat dan daerah, Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), dan seluruh elemen masyarakat.

Selain itu, QRIS juga berperan serta dalam memajukan UMKM. Hal ini menjadi penting mengingat UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. UMKM berkontribusi 60,51% bagi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia serta menyerap 96,92% tenaga kerja. Artinya, keberadaan UMKM penting untuk dijaga dan difasilitasi.

Hingga saat ini QRIS telah digunakan oleh berbagai sektor usaha serta para pedagang kecil, mikro, menengah dan besar. Di samping itu, QRIS juga telah digunakan dalam kegiatan donasi sosial keagamaan di seluruh daerah di Indonesia. Bank Indonesia berkomitmen terus memperluas penerapan dan fitur QRIS. Terbaru, BI bekerja sama dengan Bank of Thailand untuk mengintegrasikan QR Code di kedua negara. Melalui kerja sama ini, QRIS dapat digunakan untuk bertransaksi di Thailand, sebaliknya QR Thailand pun dapat digunakan untuk bertransaksi di Indonesia.(Baca juga: beri-kado-kemerdekaan-bank-indonesia-luncurkan-qris-antarnegara).

Selain itu Bank Indonesia juga berencana memperluas penerapan pembayaran lintas negara menggunakan QRIS ke sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Arab Saudi. (Baca juga: qris-bakal-bisa-digunakan-di-asean-arab-dan-india)

Referensi:                 

BI.go.id
Kominfo.go.id

Katadata.co.id

Bisnis.com

Kompas.com

berita lainnya

BI secara resmi meningkatkan limit transaksi QRIS dari yang semula Rp 5 juta menjadi Rp 10 juta per transaksi. Kebijakan tersebut telah berlaku sejak 1 Maret 2022... Selengkapnya >
Tanggal 8 Maret diperingati sebagai International Women’s Day atau Hari Perempuan Sedunia. Jika kamu ingin tetap mendukungnya, kamu tetap bisa melakukan sesuatu dengan cara sederhana dari rumah.... Selengkapnya >
Tahukah Kawan PRIMA, dibalik khidmatnya perayaan Nyepi ini, ternyata ada beberapa fakta unik Nyepi yang mungkin belum banyak diketahui, yaitu :... Selengkapnya >