Pentingnya Kelola Stres di Tengah Pandemi COVID-19

12 October 2020

  • Share

Kawan PRIMA, di tengah Pandemi COVID-19 berbagai aktivitas yang dahulu kita jalani sehari-hari terpaksa harus ditunda maupun dialihkan secara virtual. Oleh karenanya, kita dituntut untuk mudah beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah situasi pandemi. Selama proses adaptasi dengan rutinitas baru, tak jarang dari kita ada yang ‘kewalahan’ , kelelahan, hingga mengalami stres. Hmm, padahal seperti pada artikel Me Time Untuk Jaga Kesehatan Mental Di Rumah, menjaga kesehatan mental merupakan hal yang sudah sewajarnya kita lakukan. Namun dibalik itu, sebenarnya seberapa penting sih menjaga kesehatan mental di tengah pandemi ini? Bukannya seluruh aktivitas justru lebih santai ya? Nah, untuk mejawab hal tersebut, berikut kita bahas serangkaian informasi seputar kelola stres ditengah pandemi:

 

Stres dan Gangguan Kesehatan Mental

Secara sederhana stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres bisa terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau sebaliknya ketika terlalu bersemangat. Situasi ini akan memicu respon tubuh, baik secara fisik ataupun mental. Respon tubuh terhadap stres dapat berupa napas dan detak jantung menjadi cepat, otot menjadi kaku, dan tekanan darah meningkat.

 

Stres dapat dipicu oleh berbagai hal, termasuk tekanan batin, seperti masalah dalam keluarga, hubungan sosial, patah hati, atau masalah keuangan. Selain itu, stres juga bisa dipicu oleh penyakit yang diderita. Memiliki anggota keluarga yang mudah mengalami stres, akan membuat orang tersebut juga rentan mengalami stres.

 

Kapan Seseorang Dikatakan Stres?

Pada dasarnya, setiap orang, termasuk anak-anak, tentu pernah mengalami stres. Meski dikatakan stres, kondisi ini tidak selalu membawa efek buruk dan umumnya hanya akan bersifat sementara. Stres akan berakhir saat kondisi yang menyebabkan tekanan atau frustasi tersebut dilewati. Seseorang yang sedang mengalami stres tidak memiliki gejala pasti karena gejala yang muncul saat seseorang mengalami stres dapat berbeda-beda, tergantung penyebab dan cara menyikapinya. Gejala atau tanda stres dapat dibedakan menjadi:

 

  • Gejala emosi, misalnya mudah gusar, frustasi, suasana hati yang mudah berubah atau moody, sulit untuk menenangkan pikiran, merasa rendah diri, kesepian, tidak berguna, hilang kendali, hingga tampak bingung, menghindari orang lain, dan depresi.
  • Gejala fisik, seperti lemas, pusing, migrain, sakit kepala tegang, gangguan pencernaan (mual dan diare atau sembelit), nyeri otot, jantung berdebar, sering batuk pilek, gangguan tidur, tubuh gemetar, telinga berdengung, kaki tangan terasa dingin dan berkeringat, atau mulut kering dan sulit menelan. Selain itu, stres pada wanita juga dapat menimbulkan keluhan atau gangguan menstruasi.
  • Gejala kognitif, misalnya sering lupa, sulit memusatkan perhatian, pesimis, memiliki pandangan yang negatif, dan kerap membuat keputusan yang tidak baik.
  • Gejala perilaku seperti tidak mau makan, menghindari tanggung jawab, serta menunjukkan sikap gugup seperti menggigit kuku atau berjalan bolak-balik, merokok, hingga mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

 

Lalu, Bagaimana Dengan Dampak Stres Berkepanjangan ?

Hmm, stres aja sudah tidak baik untuk kesehatan mental, apalagi kalau terjadi secara berkepanjangan? Tentu, stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan fisik serta melemahkan daya tahan tubuh. Selain itu, stres juga dapat menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan dan sistem reproduksi. Orang yang mengalami stres secara berkepanjangan biasanya juga akan mengalami gangguan tidur. Nah, karena itu bila kamu saat ini tengah mengalami stres yang menggangu aktivitas sehari-hari atau sudah terjadi berkepanjangan, maka jangan sepelekan, dan ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau psikiater.

 

Nah Kawan PRIMA, dari informasi yang sudah kita bahas tadi, Kamu sudah tau kan kenapa mengelola stres di tengah pandemi adalah hal yang penting? Intinya meski kini keadaan kita sedang sulit di tengah pandemi, tetap jaga kesehatan fisik dan mental ya! Untuk cara sederhana jaga kesehatan mental, klik disini

 

 

Artikel Terkait:

Me Time Untuk Jaga Kesehatan Mental Di Rumah

Cara Sederhana Jaga Kesehatan Mental

 5 Morning Routine Untuk Tingkatkan Semangat Jalani Hari

Tips Jaga Keuangan Tetap Aman Hadapi Resesi

 

 

 

Referensi:

halodoc.com

alodokter.com

 

berita lainnya

Sama halnya dengan detoks kesehatan dimana kamu hanya akan konsumsi makanan tertentu untuk membersihkan racun pada tubuh, detoks keuangan juga berguna bagi kamu yang ingin menghilangkan racun pada finansialmu.... Selengkapnya >
Mengambil cuti untuk sekedar melakukan me time maupun aktivitas bersama keluarga tetaplah penting dilakukan saat pandemi lho….... Selengkapnya >
Berikut berbagai kegiatan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk jaga kesehatan mental... Selengkapnya >