Mengapa Singapura disebut Negeri Singa?

3 May 2024

  • Share

Kawan PRIMA, Indonesia merupakan negara kepulauan yang juga bersebelahan dengan beberapa negara tetangga. Seperti Malaysia yang sebagian negaranya berbatasan langsung dengan Kalimantan, lalu Timor-Leste, Papua Nugini, dan yang banyak menjadi destinasi liburan warga Indonesia adalah Thailand dan Singapura.

 

Tahukah kamu, sebagai negara tetangga Singapura memiliki julukan sebagai Negeri Singa? Mengutip artikel dari Kompas.com, kata “singa” dalam Singapura merupakan turunan dari bahasa Sansekerta kuno “simha” dieja “singha” yang berarti singa dan “pura” yang berarti kota sehingga bila diartikan secara harfiah memang Singapura berarti Kota Singa.

 

Selain itu, julukan “negeri singa” lekat karena adanya patung Merlion yang menjadi ikon Singapura. Merlion sendiri merupakan patung hasil rancangan Alec Frederick Fraser-Brunner; seorang ahli perikanan asal Inggris. Bila ditarik dari sisi historis, tidak ada singa yang tercatat pernah mendiami kawasan Singapura. Penemu Singapura, Pangeran Sang Nila Utama; berkisah bahwa ia melihat makhluk tersebut saat menapaki wilayah ini untuk pertama kalinya sekitar abad 13 Masehi.

 

Namun para ahli sejarah percaya bahwa yang dilihat Sang Nila Utama adalah harimau bukan singa. Nah, untuk ekor ikannya sendiri karena pemukiman pertama di Singapura dinamakan Temasek yang artinya “kota laut”. Perpaduan antara singa berekor ikan (Merlion) inilah yang akhirnya membuat Singapura lekat dengan julukan Negeri Singa bahkan sampai era modern sekarang.

 

Singapura dan Pesonanya

Berfoto di patung Merlion seolah menjadi destinasi wajib bagi para turis asing. Namun, selain itu Kawan PRIMA juga bisa menemukan banyak spot foto menarik yang menjadi ciri khas dari negara tersebut di antaranya adalah:

 1. Jewel Changi Airport

Merupakan taman indoor yang terletak di dalam Bandara Internasional Changi. Wilayah ini menjadi magnet bagi para turis yang ingin berfoto di depan air terjun di tengah-tengah taman. Sembari menikmati suasana alam yang dihadirkan oleh Jewel Changi, pengunjung bisa membeli berbagai makanan atau souvenir di pusat perbelanjaan di sekitarnya. Bagi turis Indonesia, kalian bisa memanfaatkan QRIS yang saat ini sudah bisa digunakan di Singapura sejak November 2023 lalu (Baca: Jalan-jalan ke Singapura Makin Mudah Pakai QRIS). Kemudahan ini membuat pengalaman belanjamu menjadi lebih cepat dan efisien tanpa harus mencari-cari money changer.

2. Kampong Glam

Wilayah yang menjadi pusat komunitas Melayu dan Arab ini begitu populer karena menghadirkan spot-spot yang Instagramable terutama pada bagian bangunan-bangunan pertokoan yang berwarna-warni di sepanjang Haji Lane yang berlatar gedung-gedung pencakar langit.

 

Selain dua tempat di atas Kawan PRIMA juga bisa menikmati keindahan panorama kota Singapura lewat Singapore Flyer atau berfoto di kawasan Gardens by the Bay dan tempat-tempat hidden gem lain yang mungkin bisa Kawan PRIMA temukan saat menginjakkan kaki di sana. Jangan lupa untuk selalu andalkan QRIS sebagai solusi transaksimu selama di Singapura!

 

Namun kalau di Singapura jangan bilang bayar pakai QRIS ya, tapi bilangnya bayar dengan QR Payment atau langsung sebut 2 (dua) produk QR Payment di sana yakni SGQR dan NETS QR agar proses transaksimu dengan QRIS jadi lebih lancar dan bebas kendala! (Baca: Jangan Sebut QRIS di Luar Negeri)

 

sumber:

kompas.com

kumparan.com

visitsingapore.com

berita lainnya

Liburan kenaikan sekolah bisa dijadikan momentum bagi Kawan PRIMA untuk berburu tiket dari jauh-jauh hari seperti tiket kereta api atau tiket pesawat.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, untukmu yang rutin menggunakan kartu debit dalam bertransaksi pernahkah mengalami kendala dan kamu tidak tahu apa penyebabnya?... Selengkapnya >
Kawan PRIMA sendiri tahu tidak kalau baik kartu ATM dan debit itu memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan?... Selengkapnya >