Kunci Hidup Sehat dan Bahagia di Tahun 2021

19 February 2021

  • Share

Bicara soal hidup sehat dan bahagia, bisa dibilang merupakan keinginan mendasar setiap orang bukan? Ya, wajar saja kalau kata hidup sehat dan bahagia sering kali dijadikan template ucapan tahun baru, ulang tahun, bahkan ucapan pada hari raya. Nah, demi mencapai hidup sehat dan bahagia, berbagai cara dilakukan, termasuk dengan menyusun resolusi di awal tahun dengan berbagai ekspetasi demi tercapainya hidup sehat dan bahagia yang realistis. Eitts, tapi kalau hanya resolusi, dan ekspetasi aja nggak cukup untuk mencapai hidup sehat dan bahagia, kita juga perlu tetap optimis untuk menjalankan kunci hidup sehat dan bahagia. Hmm, kira-kira apa aja ya? Tanpa berlama-lama, berikut kunci hidup sehat dan bahagia di tahun 2021:

 

  • Cintai Diri Sendiri

Memang benar kata pepatah yang mengatakan ‘semua dimulai dari diri sendiri’, sama halnya untuk menjadi sehat dan bahagia, kamu harus memulainya dengan mencintai dirimu sendiri. Tapi, ini bukan artinya kamu perlu menjadi pribadi yang narsistik lho ya, hehehe… Terus gimana? Disini, kosep mencintai diri sendiri adalah dengan menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, dan juga merangkul semua kekurangan diri sendiri. Dengan kata lain mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.

 

Mencintai diri sendiri setulus hati, berarti kita juga membebaskan diri dari beban sosial, belajar untuk memahami diri sendiri dan terus bersyukur dengan segala hal dalam hidup. Jadi nggak ada lagi deh tuh pikiran negatif terhadap orang lain, maupun sifat iri dengan membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. Demikian terjadi karena kita disibukkan untuk bersyukur, berkembang, dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

 

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Selanjutnya, untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar, tentu kita perlu memiliki pola hidup yang sehat juga. Sederhana, mulailah dari menjaga pola makan dan cukupi kebutuhan gizi bagi tubuh, serta tak lupa melakukan olahraga yang teratur. Tak lupa minum air mineral yang cukup, juga jangan memforsir tubuh dengan berbagai kegiatan meskipun itu menyehatkan, melainkan lakukan sewajarnya dan biarkan tubuh beristirahat dengan cukup. Sederhana dan mudah bukan?

 

 

  • Memiliki Work Life Balance

Tak kalah penting, yaitu memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work life balance). Hal ini sering kali dilupakan banyak orang, terlebih bagi mereka yang workaholic. Padahal memiliki work life balance secara tidak langsung akan membuat kamu menikmati hidup. Untuk memiliki work life balance kamu harus bekerja secara maksimal dan efisien saat jam kerja sehingga tidak ada pekerjaan yang tertunda atau dibawa pulang. Selain itu sama halnya dengan berolahraga, kita juga perlu mengetahui limit diri sendiri, jadi ketika kita sudah mulai merasa jenuh dengan pekerjaaan, tidak ada salahnya menjernihkan pikiran dengan mengambil cuti. Intinya pandai-pandai dalam mengelola stres kerja karena setiap pekerjaan tentu memiliki beban kerja yang berbeda-beda.

 

 

  • Mewujudkan Mimpi/ Tujuan Hidup

Kunci hidup sehat dan bahagia yang terakhir adalah dengan mewujudkan mimpi dan tujuan hidup. Ini diperkuat dengan studi Journal of Clinical Psychiatry tahun 2019 yang memaparkan bahwa jika seseorang memiliki tujuan atau makna dalam hidup, besar kemungkinannya mereka akan sehat secara fisik, mental, dan juga menjadi bahagia. Di sisi lain, orang-orang yang masih bimbang, dan gelisah karena mencari makna di kehidupannya, cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih buruk. Ini dikarenakan perjuangan yang mereka lakukan untuk menemukan tujuan hidup bisa memengaruhi suasana hati, hubungan sosial, kesehatan psikologis, serta kemampuan untuk berpikir dan bernalar.

 

Jadi, bagi yang belum menentukan tujuan hidupnya hingga hari ini, tidak ada kata terlambat. Mulailah dengan melihat kembali pencapaian dalam hidup, mengenali ketertarikan pribadi, mencari inspirasi, menyusun  Smart Goals, dan jangan lupa untuk merealisasikannya…..

 

 

Nah, Kawan PRIMA itu tadi merupakan kunci hidup sehat dan bahagia di tahun 2021. Agar hidup sehat dan bahagia dapat terealisasi sesuai ekspetasi dan resolusi, imbangi juga dengan sikap konsisten. Akhir kata, selamat mencoba!

 

 

Artikel Terkait:

Cara Membuat Dan Mencapai Life Goals

Bedanya Pekerja Keras Dengan Workaholic

Work Life Balance Agar Bisa Pulang Teng Go

 

Referensi:

lifestyle.bisnis.com

sehatq.com

hellosehat.com

kumparan.com

cermati.com

 

 

 

berita lainnya

Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award" kepada Direktur TI & Operasional PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Benny Sudarsono Tan, didampingi, Kepala Divisi Jaringan & Operasi PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Yudi Gunawan dan Kepala Departemen Operasional TI & Data Center PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, Bapak Arief Candra dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Rabu, 14 April 2021.... Selengkapnya >
Mari bersihkan hati dan jiwa di bulan yang suci ini, sambut kembali indahnya Ramadan penuh berkah dengan mendekatkan diri kepada-Nya.... Selengkapnya >
Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Santoso Liem, Direktur PT Bank Central Asia Tbk dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Kamis, 1 April 2021.... Selengkapnya >