Beberapa Kebiasaan yang Bikin Orang Sulit Kaya

27 July 2021

  • Share

“Uang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang”. Pernah mendengar pernyataan ini kan Kawan PRIMA? Boleh jadi ini adalah salah satu alasan mengapa sebagian besar orang di dunia berlomba-lomba menjadi kaya. Bahkan saking terobsesinya dengan kekayaan, sebagian orang sering melontarkan kalimat “muda bahagia, tua kaya raya, mati masuk surga” hehe.

Yang perlu disadari, menjadi kaya tidak semudah mengucapkannya. Dibutuhkan kerja keras dan kedisiplinan. Tentu kita tidak sedang membicarakan mereka yang sudah kaya sejak lahir atau berasal keturunan ningrat yah. Kita sedang membahas miliarder yang memulai segalanya dari nol. 

Menjadi kaya memang dipengaruhi oleh banyak faktor dan bisa berbeda dampaknya bagi setiap orang. Namun kebiasaan dan pola pikir masing-masing individu, menjadi salah satu penentu  kesuksesan dan kekayaan. Nah berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang jika tidak dirubah, hanya akan menjauhkan seseorang dari kesuksesan dan kekayaan. Apakah kamu termasuk?

 

1. Boros

Untuk menjadi kaya, kamu harus membiasakan diri menyisihkan sebagian pendapatanmu ditabung. Miliarder sekaligus investor kawakan terkenal di dunia Warren Buffet, sudah membuktikannya. Warren Buffett menyarankan untuk jangan menabung  dari sisa pengeluaran. Namun sebaliknya, tabung dahulu belanja kemudian. Artinya, menabung adalah prioritas utama. Kamu harus menentukan besaran nominal yang bisa kamu sisihkan di setiap bulan. Sisanya, barulah bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan lainnya. Jadi Kawan PRIMA, abis gajian jangan langsung foya-foya yah. Ditabung!!!

 

2. Menabung tapi Tidak Investasi

Jika kamu sudah bisa mendisiplinkan diri untuk menabung, artinya kamu sudah menerapkan satu kebiasaan untuk menjadi kaya. Namun alangkah baiknya lagi bila dana yang kamu tabung tidak hanya dibiarkan “menganggur” begitu saja. Investasikanlah dana yang kamu miliki. Karena jika fokusnya hanya menabung, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kekayaan. Kamu tidak akan menghasilkan banyak keuntungan. Justru berpotensi mengurangi daya beli uang yang kamu miliki, karena adanya inflasi. Sebaliknya, dengan berinvestasi memungkinkan kamu memperoleh pengembalian modal yang lebih besar. (baca juga: instrumen-investasi-safe-haven-vs-high-risk-investment).

Warren Buffet, Benjamin Graham dan Peter Lynch adalah beberapa tokoh dunia yang salah satu sumber kekayaannya berasal dari investasi.

 

3. Rela berhutang Demi Gaya Hidup

Asalkan sesuai dompet, tidak ada salahnya mengikuti tren dan gaya masa kini. Namun yang sering terjadi, banyak orang rela berhutang untuk membeli barang-barang mewah. Ya semuanya karena gengsi semata. Padahal orang super kaya sekalipun masih tetap menerapkan hidup sederhana meski sudah bergelimang harta. Sebut saya Jack Ma, sang pendiri bisnis Alibaba. Ia dikenal “pelit” dalam membeli barang mewah. Mobil pilihannya adalah Mocin, yang merupakan produk lokal China. Untuk ukuran seorang Jack Ma, tentu mobil yang dipilihnya masih dikategorikan sederhana.

 

4. Cepat Merasa Puas dengan Situasi

Karier bagus dan keuangan yang stabil tidak bisa dijadikan alasan untuk berpuas diri dan berhenti mengembangkan potensi. Segala hal buruk bisa saja terjadi di waktu yang akan datang. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini. Salah satunya dengan mengasah skill lain di luar keahlian kamu saat ini.

Steve Jobs yang merupakan pendiri perusahaan Apple pernah berkata, “stay hungry and stay foolish”. Baginya untuk menjadi sukses, seseorang harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan mau mempelajari hal-hal baru. Tidak ada kata berpuas diri. Prinsip inilah yang kemudian menuntunnya ke tangga kesuksesan. Hasilnya, kita bisa lihat bagaimana produk-produk Apple saat ini menguasai pasar dunia.

 

5. Selalu Mengeluh

Kebiasaan mengeluh merupakan salah satu kebiasaan yang melekat di masyarakat zaman sekarang. Berbagai kemudahan yang ditawarkan di zaman modern membuat orang menjadi lebih mudah bermanja ria. Kebanyakan akan mengeluh dan enggan mengeluarkan sedikit usaha ketika berada dalam situasi sulit. Padahal salah satu karakter yang harus dimiliki orang sukses dan kaya adalah mencari solusi dari setiap masalah, bukan mengeluh!

Elon Musk yang merupakan salah satu orang terkaya dunia dan bos dari perusahaan teknologi SpaceX dan perusahaan otomotif Tesla, adalah tokoh yang banyak menginspirasi anak muda. Berhenti mengeluh adalah salah satu saran yang diberikannya untuk menjadi sukses. Elon Musk menyebut mengeluh tidak dapat menyelesaikan masalah. Berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru dan berguna jauh lebih penting. Buah dari kerja kerasnya dapat kita lihat melalui kesuksesan peluncuran Astronot NASA ke luar angkasa menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. Bahkan saat ini Elon Musk diketahui tengah mempersiapkan pesawatnya untuk membawa manusia ke planet Mars.

Nah Kawan PRIMA, itu tadi adalah beberapa kebiasaan yang dapat membuat seseorang sulit kaya. Sebenarnya masih banyak kebiasaan lain yang bisa menjadi pemicunya. Yang pasti, untuk menjadi kaya dan sukses semuanya berawal dari cara pandang dan kerja keras. Para miliarder yang sering kita lihat di berbagai media, pastinya sudah melewati berbagai tantangan berat sebelum mencapai titik saat ini. Pertanyaannya, apakah kita berani dan mau untuk bertindak?

 

 

Referensi:

Indopremier.com

Kompas.com

Kontan.co.id

Tribunnews.com

Quora.com

Cnnindonesia.com

berita lainnya

Berikut ini adalah beberapa cara memaksimalkan penggunaan media sosial untuk menunjang karier... Selengkapnya >
Ada dampak buruk yang ditimbulkan jika anak sering mendapat bentakan, diantaranya:... Selengkapnya >
Meski memiliki tujuan yang sama untuk memudahkan segala kebutuhan, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya digital banking dan mobile banking adalah dua layanan yang berbeda. Agar lebih memahami perbedaan keduanya, berikut rangkumannya :... Selengkapnya >