Unicorn Startup : Karya Kebanggaan Anak Bangsa

22 August 2019

  • Share

Belakangan ini, kita banyak mendengar istilah ‘Unicorn startup’. Tak heran, hal ini marak kita dengar karena Indonesia menyumbang startup terbanyak di Asia Tenggara dan beberapa di antaranya adalah Unicorn startup. Membanggakan sekali ya?

Unicorn startup adalah gelar yang diberikan kepada startup (perusahaan rintisan) yang memiliki valuasi lebih dari US$ 1 miliar atau saat ini setara dengan Rp 14 triliun (Kurs Rp 14.000 / 1 US$). Valuasi merupakan nilai dari suatu startup yang sedang berkembang. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi nilai valuasi adalah growth rate. Selain growth rate, faktor-faktor lain yang tak kalah penting adalah jumlah investor, kekuatan produk, kredibilitas dan peran founder. Faktanya, rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh startup Indonesia hingga bisa meraih gelar Unicorn adalah enam tahun.

Dilansir dari CB Insights, di seluruh belahan dunia ada 361 startup yang sudah mendapatkan gelar Unicorn. Dari 361 Unicorn tersebut, Indonesia menyumbang 4 startup. Adapun bidang yang digeluti oleh Unicorn startup cukup bervariasi, mulai dari ride-hailing, e-commerce, hingga travel. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan teknologi, mengingat Indonesia memiliki ruang tumbuh dan menjadi pasar potensial bagi startup sehingga hal ini dapat terwujud.

Hal yang tak kalah penting dalam menggerakkan dan memajukan startup adalah kemudahan bertransaksi bagi para penggunanya.  Sehubungan dengan hal tersebut, dua Unicorn startup di Indonesia yaitu Tokopedia dan Gojek menggunakan layanan PRIMA Payment Solution sebagai salah satu solusi tepat untuk transaksi real time online. PRIMA Payment Solution merupakan salah satu produk Jaringan PRIMA yang menawarkan sistem pembayaran online bagi perusahaan yang ingin memberikan kemudahan layanan pembayaran bagi pelanggannya. Contohnya melalui ATM, Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, Teller, dan PPOB yang telah terhubung dengan Jaringan PRIMA. Dengan PRIMA Payment Solution, pengguna dapat melakukan top up atau pembayaran dengan mudah.

Tokopedia, Gojek, dan calon-calon Unicorn lainnya sudah bergabung dengan PRIMA Payment Solution nih. Yuk, rasakan kemudahan transaksi online bareng Jaringan PRIMA!

 

REFERENSI:

Finansialku

Tirto

Katadata

berita lainnya

Kawan PRIMA, dalam mewujudkan kemajuan arus ekonomi digital yang kondusif, Bank Indonesia menetapkan lima visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, akhir 2017 silam kita mulai mengenal istilah Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Hingga pada Mei 2018, kartu ATM/Debit berlogo GPN ini secara resmi dapat digunakan oleh masyarakat. ... Selengkapnya >
Di era technology disruption kini, setiap industri harus siap bergerak menghadapi perubahan-perubahan yang dinamis.... Selengkapnya >