Tips Liburan Low Budget

11 July 2019

  • Share

Kawan PRIMA, saat mengalami penat rasanya ingin sekali pergi liburan ya? Namun saat merencanakan liburan, masalah lain yang seringkali timbul adalah minimnya budget. Tenang dulu Kawan PRIMA, ternyata berlibur tidak harus selalu mahal dan boros lho! Simak tips-tips berikut ini yuk:

 

Manfaatkan Momen

Dalam hal ini, manfaatkan momen-momen low price. Pertama, carilah tiket promo yang biasanya terdapat di travel fair atau ditawarkan oleh agen wisata tertentu. Kedua, ketahuilah bahwa memesan tiket jauh-jauh hari dapat memangkas harga hingga lima puluh persen. Untuk mendapatkan penawaran harga terbaik, membeli tiket sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan sebelum keberangkatan. Terakhir, pilihlah tanggal off season sehingga harga jauh lebih murah, karena ketika peak/high season yang bertepatan dengan masa-masa liburan harga paket wisata akan cenderung tinggi.

 

Destinasi Wisata Ramah Kantong

Supaya lebih mudah dalam mengurus keberangkatan, pilihannya adalah wisata domestik atau ke negara yang sudah bebas visa, seperti kawasan ASEAN. Di negara bebas visa, kita dapat tetap berpergian ke luar negeri dan menikmati suasana negara lain tanpa merogoh kocek dan mengeluarkan usaha lebih untuk mengurus visa. Jika wisata domestik, kita bisa mendapatkan wawasan baru mengenai kearifan lokal budaya setempat lho. Cobalah bertanya kepada penduduk setempat mengenai tempat wisata rekomendasi mereka. Mengeksplorasi titik-titik wisata di luar destinasi mainstream dapat menjadi sebuah pengalaman baru yang menyenangkan.

Tak harus selalu pergi ke lokasi-lokasi wisata yang berbayar, banyak juga lokasi wisata bagus yang gratis lho. Kamu dapat membuat perencanaan lokasi wisata mana saja yang akan kamu kunjungi dan mengombinasikan lokasi-lokasi wisata tersebut. Dalam hal ini, susunlah skala prioritas agar kamu tidak perlu merogoh kocek untuk pergi ke setiap tempat. Menarik kan?

 

Penginapan Terjangkau

Untuk urusan akomodasi, sesuaikan penginapan dengan agenda wisata. Jika memang tujuannya adalah jalan-jalan, tidur di hotel mewah bukanlah prioritas utama. Banyak kok opsi penginapan murah dengan suasana yang bersih dan nyaman. Kini hotel kapsul sudah banyak menjamur di berbagai perkotaan, terutama yang kerap kali menjadi pilihan destinasi wisata. Walaupun ukuran hotel kapsul cenderung kecil, namun tetap privat dan pastinya terawat. Sedikit tips, pilihlah hotel kapsul yang lebih baru jika ingin merasakan atmosfer yang lebih bersih, minimalis, dan modern. Opsi lainnya jika ingin berada di ruangan yang lebih luas adalah guest house. Pengalaman menginap di guest house cenderung lebih homey dan murah. Dengan menginap di guest house kamu lebih memiliki kesempatan untuk berbaur dengan sesama wisatawan maupun orang lokal.

 

Transportasi Publik

Pastinya dalam berwisata kita akan banyak singgah dan pergi dari satu tempat ke tempat lainnya ya, Kawan PRIMA? Mobilitas yang tinggi ini membuat harus bijak memilih kendaraan agar pengeluaran dalam transportasi tidak menguras kantong. Kereta atau bus bisa menjadi pilihan transportasi lho. Kini selain lebih cepat, transportasi publik juga tak kalah nyamannya kok. Dengan menggunakan transportasi publik, kita sudah banyak berhemat dari segi waktu dan materi, mengingat tak perlu membayar biaya bahan bakar dan lebih terhindar dari bermacet-macet ria. Bahkan kini, beberapa transportasi publik tidak dipungut biaya seperti Go KL di Malaysia.

 

Nah, apakah Kawan PRIMA akan berwisata dalam waktu dekat? Bagaimana nih perencanaannya? Jika ingin berpergian, jangan lupa susun budget dan perencanaan secara matang ya. Jangan lupa nantikan terus PRIMA News edisi berikutnya dalam seri Travelling!

 

REFERENSI:

https://fabelio.com/blog/tips-liburan-akhirtahun/

https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3320459/mengatur-anggaran-liburan-agar-tidak-over-budget

https://www.finansialku.com/tips-liburan-enggak-over-budget-supaya-liburanmu-tetap-menyenangkan/

berita lainnya

Tentu kita ingin serba praktis jika membawa uang untuk keperluan selama traveling. Yuk, simak apa saja sih kiat-kiat praktis dan aman membawa uang saat traveling!... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, pada edisi PRIMA News sebelumnya kita telah membahas tentang Tips Cepat Memiliki Rumah Bagi Kaum Milenial. Setelah mengikuti tips-tips sebelumnya, mungkin sebagian Kawan PRIMA sudah mulai mempertimbangkan untuk membeli hunian idaman. ... Selengkapnya >
Beli rumah sendiri sebelum menginjak usia 30 tahun bukanlah impian belaka lho Kawan PRIMA. Yuk, simak tips-tips di bawah ini...... Selengkapnya >