TIPS INTERVIEW ONLINE

28 September 2021

  • Share

Kawan PRIMA, pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan dalam berbagai hal. Kini sebagian besar pekerjaan menjadi serba online. Termasuk proses rekrutmen karyawan, yang kini dilakukan secara daring untuk mencegah penyebaran virus corona. Proses interview atau wawancara kerja biasanya menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, maupun aplikasi video conference  lainnya. Bagi kamu yang mendapatkan undangan interview online, jangan remehkan prosesnya. Wawancara kerja online punya tantangan sendiri. Kamu harus tahu bagaimana cara menampilkan sisi terbaik dari diri kamu, meski prosesnya dilakukan tanpa bertemu fisik dengan pemberi kerja.

Tidak semua orang lihai berbicara di depan kamera, meskipun itu hanya sekadar kamera laptop atau ponsel. Ada yang menjadi gugup karena belum terbiasa berbincang dengan menatap layar. Jika sudah begini, kesalahan mungkin saja terjadi. Lakukan beberapa tips ini agar wawancara kerja online di masa pandemi bisa menarik pewawancara.

 

1. Tanyakan Detail Mekanisme Interview Online

Setelah mendapatkan undangan wawancara secara online, kamu berhak menanyakan tentang mekanismenya kepada HRD. Informasi yang diberikan akan membantu kamu mempersiapkan segala sesuatunya. Kamu bisa menanyakan beberapa hal, diantaranya:

  • Aplikasi online apa yang digunakan pada saat wawancara? Zoom, Google Meet atau aplikasi lain? Pastikan kamu sudah mengunduh dan mempelajari penggunaan aplikasi yang diminta HRD dari jauh-jauh hari untuk menghindari kesalahan teknis di hari H.
  • Berapa lama proses interview online berlangsung? Pastikan kamu meluangkan waktu untuk sesi ini.
  • Siapa dan berapa banyak orang yang akan mewawancarai? Informasi ini dibutuhkan untuk mempersiapkan jawaban dari kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan.

 

2. Riset

Kamu juga harus mengumpulkan informasi terkait profil perusahaan dan jobdesk dari posisi yang sedang kamu lamar. Kamu bisa mencari informasinya dari berbagai sumber di internet. Informasi ini akan sangat berguna untuk menjawab pertanyaan pewawancara nantinya.

 

3. Latihan

Untuk memperlancar proses interview online, kamu bisa mempersiapkan diri dengan berlatih sejak jauh-jauh hari. Berlatih bisa dilakukan secara online pula. Kamu dapat melakukan video call dengan teman kamu seolah-olah sedang melakukan interview. Hal ini untuk membiasakan kamu yang masih canggung berbicara di depan kamera.

 

4. Pilih Tempat Nyaman dan Pencahayaan Baik

Saat akan melakukan wawancara online, kamu perlu memperhatikan pemilihan tempat, latar belakang dan pencahayaan yang baik. Sangat disarankan memilih tempat yang tidak ramai, seperti di kamar atau di ruangan yang tidak berisik. Suasana yang tenang akan membantu kamu fokus saat menjawab pertanyaan pewawancara. Pastikan juga latar belakang yang kamu pilih tidak berantakan, atau lebih baik menggunakan latar belakang yang polos sehingga terlihat lebih rapih dan professional. Cek juga pencahayaan di ruangan yang kamu pilih, pastikan wajah kamu bisa terlihat jelas dan suara kamu terdengar oleh perekrut.

 

5. Gunakan Outfit Terbaik

Jangan mengira karena interview dilakukan secara online, membuat kamu mengabaikan penampilan. Kamu tetap harus menggunakan outfit terbaik, menampilkan wajah yang segar, sehingga pewawancara melihat keseriusan dengan posisi yang dilamar. Berpakaianlah seperti kamu sedang akan melakukan wawancara tatap muka. Mengenakan jas, kemeja, atau pakaian formal lainnya tetap pilihan terbaik.  Untuk wanita, dapat menggunakan riasan make up agar lebih menarik perhatian.

 

6. Cek Koneksi Internet

Hal paling penting yang harus diperhatikan saat interview kerja online, yaitu koneksi  jaringan internet yang kamu miliki. Jangan sampai di tengah-tengah sesi wawancara online, internet kamu terputus sehingga mengganggu konsentrasi dan kelancaran proses wawancara online. Hal tersebut juga bisa mengurangi nilai kamu di hadapan perekrut, karena dianggap tidak mempersiapkan diri dengan baik.

 

7. Perhatikan Gestur Tubuh

Sangat penting untuk menunjukkan antusiasme ketika interview online berlangsung. Hal tersebut menunjukkan ketertarikan kamu terhadap pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar. Usahakan kamu tidak terlalu kaku atau cemberut saat menjawab pertanyaan yang diajukan. Gunakan bahasa tubuh seperti mengangguk, tersenyum, dan bersemangat di depan perekrut.

 

Referensi:

Avrist.com

Firstmedia.com

Indozone.id

Cermati.com

berita lainnya

Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Yusak Pranoto, Direktur IT PT Bank Mayapada Internasional Tbk dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Kamis, 14 Oktober 2021 ... Selengkapnya >
Bank Indonesia berencana memperluas layanan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Antarnegara dengan beberapa negara ASEAN.... Selengkapnya >
Direktur Marketing PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Purnomo B. Soetadi, Retail Banking Director PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. dalam acara Virtual Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Rabu, 13 Oktober 2021 ... Selengkapnya >