Pesaing baru ChatGPT: Lebih Lancar Bahasa Indonesia

17 January 2024

  • Share

Alibaba baru saja meluncurkan model bahasa AI seperti ChatGPT yang bisa digunakan untuk mengolah bahasa Indonesia. Tidak hanya bahasa Indonesia, large language model (LLM) yang dikembangkan oleh Alibaba DAMO Academy ini juga bisa memproses bahasa dari negara-negara Asia Tenggara seperti; Thailand, Malaysia, Laos, Myanmar, Filipina, dan Kamboja.

 

Singkatnya, AI ini bisa memproses aksara-aksara sulit selain latin seperti tulisan Kamboja, Thailand, dan sebagainya. Tujuannya tentu adalah menjadi chatbot yang menjangkau keragaman aksara dan menyesuaikan dengan gaya komunikasi lokal. Sebelum diluncurkan, model dasar SeaLLMs sendiri telah menjalani pelatihan khusus sehingga chatbot ini dapat memahami, menghormati, dan mencerminkan konteks budaya, adat istiadat dan norma sosial yang berlaku di negara tersebut.

 

Selain memiliki gaya bahasa yang brilian, ChatGPT versi Tiongkok ini juga dapat memahami pelajaran-pelajaran yang terdapat di kawasan Asia Tenggara mulai dari fisika, kimia, hingga ekonomi. Tentunya hal ini dapat membantu anak-anak di kawasan Asia Tenggara yang tidak bisa menguasai bahasa Inggris dan Mandarin tetap mendapatkan akses informasi yang sama luasnya dengan bermodalkan bahasa ibu mereka.

 

Dikutip dari Medcom, dalam sebuah evaluasi yang menggunakan benchmark M3-Exam, SeaLLMs menunjukkan pemahaman yang lebih baik daripada model bahasa lainnya terhadap sejumlah mata pelajaran, mulai dari sains, kimia, fisika, hingga ekonomi dalam bahasa-bahasa di Asia Tenggara. M3-Exam sendiri merupakan benchmark rangkaian kertas ujian dari sekolah dasar hingga ujian masuk universitas.

 

Tidak hanya asisten pintar untuk belajar, asisten chatbot ini tentu berguna bagi para pebisnis Asia Tenggara untuk bisa saling berinteraksi satu sama lain sehingga berpotensi untuk meningkatkan transaksi dan membantu perluasan bisnis tanpa harus alih bahasa.

 

Nah, Kawan PRIMA, bila nanti aplikasi ini sudah rilis secara penuh, sepertinya bakal jadi teman akrab fitur QRIS Antarnagara dari Jaringan PRIMA nih. Lewat teknologi asisten chatbot ini, kemudahan transaksi pembayaran QRIS Antar negara di Malaysia, Thailand dan Singapura jadi makin easy buat kita semua.

 

Sumber:

Tempo.co

Cnbcindonesia.com

Medcom.id

berita lainnya

Data dari Bareskrim Polri sepanjang Januari-Februari 2023 mengatakan bahwa ada lebih dari 6000 kasus pelaporan penipuan bermodus love scam yang terjadi di Indonesia.... Selengkapnya >
Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 5th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada ⁠Ibu Asfima Aisya Tusin Putri - Head of Digital, Analytics & Servicing, Standard Chartered Bank Indonesia, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 19 Februari 2024 di Kantor SCB Indonesia, Jakarta... Selengkapnya >