Pengaruh Positif Media Sosial Untuk Karier

26 August 2021

  • Share

Kawan PRIMA, seiring perkembangan zaman, semakin banyak orang menggunakan media sosial (medsos) baik itu Whatsapp, Facebook, Line, Instagram, Tiktok hingga LinkedIn. Bahkan saking asyiknya dengan medsos, kegiatan bersosialisasi seperti nongkrong dan kumpul keluarga, tidak lagi sehangat dulu. Hal ini karena sebagian besar orang-orangnya sibuk dengan gadget masing-masing.

Namun harus diakui bahwa media sosial memberikan banyak pengaruh dan manfaat positif bagi penggunanya. Kini media sosial tidak sekadar digunakan untuk berbagi foto, video pribadi dan keperluan hiburan saja, namun telah bertransformasi sebagai sarana belajar, bisnis, mengembangkan potensi hingga memaksimalkan karier.

Berikut ini adalah beberapa cara memaksimalkan penggunaan media sosial untuk menunjang karier kalian.

Bangun image positif

Daripada mengunggah status, foto atau video yang bernuansa negatif, ada baiknya kamu mengunggah konten-konten positif dan inspiratif. Biasakan untuk berpikir ulang sebelum mengemukakan pendapat atau opini di medsos, utamanya saat berada dalam keadaan emosi. Hal ini akan berdampak langsung pada image kamu di kemudian hari. Termasuk ketika proses rekrutmen, sebagian HRD di sejumlah perusahaan biasanya akan mulai menilai karakter seseorang, dari isi media sosial calon karyawannya. Jadi membangun image positif di medsos sangat penting sebagai langkah awal penunjang karier.

 

Gunakan nama dan foto wajah asli

Menggunakan nama dan foto wajah yang asli di profil medsos bertujuan untuk memudahkan orang menemukanmu dan mengenali siapa dirimu. Jangan menggunakan nama samaran karena akan terkesan tidak profesional. Kamu bisa menambahkan alamat email dan link portofolio agar perusahaan bisa melihat potensi dan lebih mudah menghubungi kamu.

 

Tunjukkan Prestasi

Manfaatkan media sosial sebagai platform untuk memamerkan karya dan prestasi yang pernah kamu raih. Jika memiliki kemampuan fotografi, kamu bisa mengupload foto-foto hasil jepretanmu. Jika memiliki kemampuan menulis, kamu bisa menunjukkan artikel, cerpen atau novel yang pernah kamu tulis. Hal ini akan menjadi magnet tersendiri bagi perusahaan yang ingin  merekrutmu.

 

Follow akun-akun inspiratif

Tujuannya agar kamu selalu mendapatkan informasi terkini dari sektor pekerjaan yang ingin kamu geluti. Misalnya dengan mengikuti akun media sosial tokoh-tokoh sukses di bidang bisnis dan keuangan. Kamu dapat menjadikan mereka sebagai role model, sekaligus menambah motivasi dan inspirasi kamu dalam mengembangkan karier.  Selain itu beberapa komunitas juga sering membahas beragam topik menarik dan mengadakan kegiatan positif melalui media sosial. Kegiatan tersebut dapat kamu ikuti untuk menambah dan wawasan.

 

Meningkatkan skill lewat medsos

Media sosial seperti LinkedIn maupun Facebook, menyediakan platform untuk meningkatkan kemampuan diri lewat penguasaan hard skill serta soft skill. Kamu bisa mengunjungi halaman Learn with Facebook serta LinkedIn Learning, yang menyajikan ribuan pelatihan lintas topik. Disana kamu bisa mendapatkan berbagai tips dari para ahli dalam berbagai industri pekerjaan. Selain itu kamu bisa mengakses artikel maupun video yang tentunya akan bermanfaat untuk meningkatkan skill dan pengetahuan.

 

 

Referensi :

Liputan6.com

Cosmopolitan.co.id

Studiilmu.com

berita lainnya

Ada dampak buruk yang ditimbulkan jika anak sering mendapat bentakan, diantaranya:... Selengkapnya >
Meski memiliki tujuan yang sama untuk memudahkan segala kebutuhan, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya digital banking dan mobile banking adalah dua layanan yang berbeda. Agar lebih memahami perbedaan keduanya, berikut rangkumannya :... Selengkapnya >
Arnault berhasil menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya, berkat performa saham LVMH yang bergerak positif selama beberapa bulan terakhir... Selengkapnya >