Pancasila Ideologi Bangsa Dikagumi Dunia

1 June 2022

  • Share

Kawan PRIMA, tiap 1 Juni kita memperingati hari kelahiran ideologi bangsa serta dasar negara Indonesia, Pancasila. Tidak hanya berperan sebagai pedoman bagi masyarakat Indonesia, namun Pancasila ternyata juga dikagumi dunia. Berikut bukti kekaguman dunia akan Pancasila :

  1. Dianggap sebagai Ideologi Terbaik

Hal ini dikemukakan oleh Profesor Thomas Meyer, seorang Pakar Ilmu Politik Universitas Dortmund Jerman yang menobatkan Pancasila sebagai dasar negara terbaik pada Abad ke-21 ini. Menurutnya, Pancasila sering dijadikan bahan kajian oleh akademisi di Eropa. Hasil kajian tersebut menyatakan Pancasila lebih baik dibandingkan paham-paham neoliberalisme serta fundamentalisme keagamaan yang selama ini digadang sebagai kekuatan politik terbesar dunia. Pancasila dianggap sebagai ideologi demokrasi sosialis yang paling cocok diterapkan dan paling mampu menjawab segala tantangan pada abad ke-21 ini.

  1. Lagu Garuda Pancasila Dinyanyikan Oleh Band Indie Rock Asal Perancis

Lagu Garuda Pancasila adalah lagu yang memiliki makna yang berkaitan dengan lambang dan dasar negara Indonesia. Lagu tersebut ternyata menarik salah satu band asing untuk menyanyikannya. The Shaphers, grup band rock indie asal Prancis tertarik untuk berkolaborasi dengan salah satu band lokal asal Yogyakarta bernama Rasgoki. Mereka membawakan lagu Garuda Pancasila di ICE BSD Tangerang, pada  gelaran International Indie Musik Festival - Pekan Raya Indonesia 2018. Rasgoki menyatakan bahwa The Shaphers terlihat sangat antusisas dan meminta mereka untuk menerjemahkan dan menjelaskan makna lagu Garuda Pancasila tersebut. Kolaborasi ini menjadi salah satu hal yang membanggakan bagi Indonesia, karena Pancasila turut dilestarikan melalui karya seni.  

  1. Pancasila Dipuji Kaum Sant’Egidio

Komunitas Sant Egidio merupakan komunitas persahabatan tanpa batas dengan orang-orang yang berasal dari negara dan budaya yang berbeda. Asosiasi awam Katolik yang didedikasikan untuk pelayanan sosial ini pernah menyatakan kekagumannya pada Pancasila. Mereka kagum atas harmoni kemajemukan yang dimiliki Indonesia dengan dasar Pancasila. Ini disampaikan langsung oleh pendiri komunitas tersebut, Andrea Riccardi, saat Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi bertandang ke Roma, Italia 10 Oktober 2017 silam.

 

Semoga kekaguman dunia terhadap Pancasila, kembali menggugah kita sebagai warga Negara Indonesia untuk memaknai Pancasila dengan menjaga kerukunan dalam keberagaman Indonesia.

 

Sumber:

Goodnewsfromindonesia.id

Republika.co.id

berita lainnya

Latte factor berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan. Perilaku tersebut merupakan sebuah contoh pengeluaran kecil yang jika diakumulasi akan menjadi pengeluaran besar.... Selengkapnya >
Kerajaan Inggris memberlakukan sejumlah aturan ketat bagi setiap anggota keluarga Kerajaan. Berikut adalah sejumlah makanan yang dijauhi oleh bangsawan Kerajaan Inggris.... Selengkapnya >
Mungkin ada kebiasaan dalam diri kita yang tanpa disadari merugikan orang lain dan justru berpotensi merusak hubungan. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan toxic yang bisa memperbanyak musuh... Selengkapnya >