Pakai Tools AI Gratis Ini untuk Mempermudah Pekerjaanmu!

31 January 2024

  • Share

Di era serba digital saat ini, artificial intelligence (AI) telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. AI dapat melakukan banyak hal, seperti membuat konten, menerjemahkan bahasa, dan menganalisis data. Bahkan AI telah menggantikan pekerjaan-pekerjaan konvensional dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Teknologi dan informasi yang mengalir pesat kadang sulit diimbangi oleh kecepatan manusia yang terbatas. Untuk itu berbagai tools berbasis AI ini hadir di tengah-tengah perkembangan zaman. Berikut tools berbasis AI gratis yang memudahkan pekerjaanmu:

 

 1.ChatGPT

Dari antara semua tools AI, ChatGPT menjadi yang paling terkenal. Layaknya ensiklopedia berjalan, ChatGPT dapat melakukan berbagai pekerjaan berbasis teks hanya dalam hitungan detik. Seperti menjawab pertanyaan, membuat artikel, bahkan sebagai penerjemah. Kamu tinggal memberikan perintah detail seperti “Tulis artikel dengan tema…” maka ChatGPT langsung membuatkannya untukmu kurang dari 1 menit.

 2.Quillbot

Quillbot merupakan AI tools gratis yang banyak dimanfaatkan oleh kalangan pelajar. Kekuatan utamanya terletak dalam kemampuan parafrase dan perbaikan tata bahasa (grammar checking) yang memudahkan mahasiswa dalam menulis makalah ilmiah. Alat ini berguna banget untuk Kawan PRIMA yang pekerjaannya banyak berurusan dengan tulis-menulis, baik menulis kreatif, maupun teknis. Alat ini juga berguna untuk kamu yang lagi belajar menulis dalam bahasa Inggris, karena Quillbolt mampu untuk mengoreksi tata bahasa dan memberikan alternatif penulisannya.

 3.Canva

Siapa yang di sini tahunya Canva hanyalah aplikasi desain layout? Sekarang Canva sudah berkembang begitu pesat. Melalui fitur Magic Studio, kamu bisa memerintah Canva untuk membuat desain sesuai dengan keinginanmu. Baik itu desain poster, visual, maupun foto realis. Tentunya fitur gratis ini bisa membantu para desainer untuk mencari inspirasi atau mempercepat proses kreatifmu dalam membuat konten media sosial atau laporan.

 4.Gencraft

Berbeda dengan Canva, Gencraft lebih terfokus terhadap penciptaan visual berbasis prompt. Website AI ini bisa membuat ilustrasi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti media sosial, poster, iklan dan sebagainya. Semakin detail perintah yang diberikan, maka Gencraft dapat memprosesnya sedetail arahan yang Kawan PRIMA berikan.

 5.Tome

Pernah terbayang tidak presentasi berlembar-lembar bisa selesai dalam hitungan kurang dari 10 detik? Semua ini bisa terjadi apabila Kawan PRIMA memanfaatkan Tome. Sebuah aplikasi berbasis AI yang bisa mengerjakan presentasi kreatif hanya dengan perintah sederhana. Kawan PRIMA cukup memberikan perintah jenis presentasi apa yang mau dibuat (sales pitch, product knowlegde, company briefing dsb) dilengkapi dengan key points yang ingin ditampilkan. Setelah mengisi itu semua, Kawan PRIMA cukup menekan tombol dan AI yang akan mengerjakan semuanya. Untuk finalisasi, Kawan PRIMA tinggal merapikan template yang sudah dikerjakan oleh AI.

 

Nah, itu dia tools berbasis AI yang bisa Kawan PRIMA manfaatkan. Meskipun pada hasil akhirnya tetap butuh sentuhan tangan manusia untuk melakukan verifikasi data dan touch-up; setidaknya aplikasi-aplikasi di atas dapat mempermudah proses agar kerjamu makin efisien.

 

Sumber:

berbagai sumber.

berita lainnya

Dengan memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran, wisatawan Thailand akan merasakan berbagai manfaat seperti keamanan dalam pembayaran... Selengkapnya >
Di Indonesia metode pembayaran menggunakan QR dikenal akrab dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard), namun di luar negeri tentu nama QRIS tidaklah akrab oleh warga lokal di sana.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA bisa merasa lega karena dibanding dua tahun lalu, peningkatan merchant QRIS mulai bertambah secara masif di seluruh Indonesia, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat bepergian ke luar kota dan tidak menemukan merchant yang menyediakan QRIS. ... Selengkapnya >