Metode Pembayaran Digital yang Lagi Ngetren di Masyarakat

29 November 2023

  • Share

Kawan PRIMA, metode pembayaran di Indonesia semakin beragam. Jika dulu proses transaksi hanya bisa dilakukan secara tunai, kini kita sudah bisa melakukan pembayaran secara non tunai atau cashless. Perlahan namun pasti, transisi sistem pembayaran dari tunai menjadi non tunai menciptakan fleksibilitas dan kepraktisan, sehingga semakin digemari masyarakat luas. Terlebih saat ini banyak inovasi produk keuangan non tunai yang bisa diakses secara mudah melalui smartphone, dengan tetap mengutamakan aspek keamanan bertransaksi. Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone dan internet di Indonesia.

Masyarakat Indonesia perlahan telah menerima dan nyaman menggunakan metode pembayaran cashless. Kini semua kebutuhan mulai dari membeli makanan, minuman, pakaian hingga memesan jasa transportasi, bisa dilakukan dengan mudah dalam satu genggaman kapan pun dan di mana pun.

Lalu apa saja sih inovasi produk keuangan non tunai yang sedang ngetren dan digemari masyarakat akhir-akhir ini?

  1. QRIS

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) kini menjadi primadona dalam sistem pembayaran. Sejak diluncurkan pada tahun 2019 lalu, jumlah pengguna QRIS telah mencapai 41,48 juta orang per Oktober 2023. QRIS yang juga didukung oleh Jaringan PRIMA sangat memudahkan karena pengguna tidak lagi perlu repot membawa uang tunai saat berbelanja. Semua aplikasi pembayaran baik bank maupun non bank yang terdapat di smartphone pengguna, kini dapat digunakan untuk berbelanja di pasar, warung, supermarket. Jadi tinggal scan, langsung bayar. Praktis kan? Bahkan QRIS juga bisa digunakan untuk keperluan membayar parkir, tiket wisata, dan berdonasi.

Tidak hanya memfasilitasi pembayaran di dalam negeri, QRIS juga memudahkan pengguna untuk bisa berbelanja di luar negeri melalui fitur QRIS Antarnegara. Melalui fitur ini, QRIS bisa digunakan dalam transaksi inbound dan outbound cross border. Artinya, turis Indonesia dapat bertransaksi menggunakan QRIS ketika sedang bepergian ke luar negeri. Sebaliknya, hal yang sama juga berlaku bagi para turis mancanegara yang sedang berkunjung ke Indonesia. Mereka bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi yang biasa mereka gunakan di negara asalnya, sepanjang aplikasi tersebut telah terkoneksi dengan QRIS. Sejauh ini Singapura, Thailand, dan Malaysia merupakan tiga negara yang telah terhubung dengan QRIS. Ke depan, implementasi penggunaan QRIS akan terus diperluas ke beberapa negara ASEAN lainnya.

Yang terbaru, Bank Indonesia juga meluncurkan QRIS Tuntas atau Tarik Tunai, Transfer, dan Setor Tunai pada bulan Agustus lalu. Fitur QRIS transfer sendiri bisa digunakan untuk memindahkan dana antarpengguna QRIS hanya dengan scan QR Code, baik dari rekening bank maupun non-bank. Sementara fitur QRIS tarik dan setor tunai bisa digunakan untuk menarik maupun menyetor uang di ATM dan merchant agen QRIS, juga hanya dengan scan QR Code.

  1. Cardless Cash Withdrawal (CCW)

Sebagai salah satu wujud transformasi digital, dunia perbankan terus melakukan inovasi guna merespon perubahan perilaku masyarakat yang kini lebih menyukai transaksi secara digital. Salah satunya dengan menghadirkan fitur cardless cash withdrawal atau tarik tunai tanpa kartu, yang dapat diakses melalui aplikasi mobile banking nasabah. Fitur cardless cash withdrawal semakin diminati masyarakat karena dinilai lebih cepat, praktis, dan menghemat banyak waktu. Fitur ini setidaknya memberikan dua (2) manfaat kepada nasabah. Pertama, menghindarkan nasabah dari praktik kejahatan skimming yang mengincar informasi kartu debit nasabah di mesin ATM. (baca juga: cara-menghindari-kejahatan-skimming).

Kedua, layanan ini memastikan keamanan nasabah karena transaksi cardless cash withdrawal menggunakan kode OTP yang dikirimkan langsung ke aplikasi mobile banking nasabah.

Tidak hanya dapat dinikmati secara on us (sesama bank), fitur tarik tunai tanpa kartu juga bisa digunakan secara off us (antarbank). Jaringan PRIMA menjadi lembaga switching yang memfasilitasi layanan ini. Saat Jaringan PRIMA telah melakukan kerjasama dengan delapan (8) mitra bank dalam menghadirkan layanan tarik tunai tanpa kartu secara off us (antarbank). Bank-bank tersebut yakni:

Issuer:

  1. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI)
  2.  PT Bank CIMB Tbk (CIMB Niaga)
  3. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI)
  4. PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (Multiarta Sentosa)

Acquirer:

  1. PT Bank Nationalnobu Tbk. (Bank Nobu)
  2. PT Bank DKI (Bank DKI)
  3. PT Bank Yudha Bhakti (BNC)
  4. PT. Bank Victoria International Tbk.
  5. PT Bank Multiarta Sentosa Tbk (MAS)

Melalui komitmen tersebut, nasabah Bank DKI, nasabah Bank Nobu, dan nasabah Bank Multiarta Sentosa nantinya dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu di ATM bank BNI dan ATM Bank CIMB Niaga berlogo Jaringan PRIMA di seluruh Indonesia.

 

Kompas.com

Katadata.co.id

Kontan.co.id

tempo.co

berita lainnya

Rupiah Digital merupakan uang Rupiah berbasis digital yang hanya diterbitkan oleh BI selaku bank sentral Indonesia. ... Selengkapnya >
Membuat resolusi adalah hal yang biasa dilakukan oleh kita semua saat memasuki awal tahun. Diharapkan resolusi tersebut bisa menjadi pemicu agar kita mampu menjalani tahun ini dengan lebih semangat. ... Selengkapnya >
Riset yang dirilis oleh Fortinet mengungkapkan serangan siber di seluruh wilayah Indonesia meningkat dua kali lipat sepanjang 2023. ... Selengkapnya >