Mengasah Skill Berburu Promo Jajanan

29 June 2021

  • Share

Kawan PRIMA, pasti semua sepakat jika keinginan untuk ngemil terkadang sangat sulit dibendung kan? Apalagi bagi mereka yang sedang menjalani WFH alias work from home. Tidak adanya pengawasan langsung dari atasan saat WFH, seakan mendorong kita untuk bebas mengekspresikan diri. Entah itu menyelesaikan pekerjaan sambil tiduran di kasur, atau mengikuti meeting virtual sambil menyantap donat dan menyeruput kopi susu hangat. Tapi ingat, kamera laptopnya jangan lupa dimatikan dulu yah hihihi.  

Kalau hasrat untuk jajannya muncul setelah gajian sih tidak jadi masalah. Yang jadi soal jika keinginan untuk ngemil muncul di tanggal tua, saat sisa saldo di rekening telah memasuki level warning. Jika sudah begini kita dituntut memutar otak, mencari cara memenuhi hasrat ngemil, tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Yang patut disyukuri, inovasi teknologi saat ini berlomba-lomba memberikan kemudahan bagi masyarakat. Saat ini banyak aplikasi belanja online yang “bakar duit” dengan memberikan berbagai promo berupa voucher diskon kepada penggunanya. Besaran diskon pun beragam  sesuai dengan promo dari masing-masing e-commerce, dompet dan atau uang elektronik. Makanan yang dibanderol seharga 40 ribu, bisa dinikmati dengan cukup membayar 15 ribuan saja. Bentuk promo juga seringkali disertai dengan fasilitas gratis ongkos kirim. Nah tapi untuk menikmati promo ini ternyata juga perlu “skill” khusus loh. Tidak semua orang mengetahui cara menggunakannya. Terkadang sebagian orang mager dan tidak mau ribet, sehingga lebih memilih membeli makanan dan minuman dengan harga normal. Duh sayang banget kan?

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan, khususnya dalam berburu promo jajanan, diantaranya:

 

1. Cek Jadwal Promo Secara Berkala

Penawaran promo tidak diberikan setiap hari. Umumnya berbagai e-commerce ­menawarkan promo saat menyambut hari-hari besar keagamaan, hari kemerdekaan dan di tanggal-tanggal cantik, seperti promo 12.12, yakni promo yang diberikan pada tanggal 12 di bulan 12 dsb. Namun tidak jarang pula penawaran promo berlangsung di tanggal-tanggal tua ataupun saat gajian “pay day”. Nah agar gak ketinggalan informasinya, kamu bisa pantengin dan follow akun media sosial masing-masing e-commerce yah.

 

2. Buatlah Daftar Prioritas Belanja

Berbagai e-commerce tentunya akan menawarkan promo-promo menggiurkan dengan harapan membuat calon pembelinya kalap. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan bersaing, sehingga tidak jarang membuat si pembeli sulit menentukan pilihan. Oleh karena itu, sebelum memesan, pastikan kamu sudah mengetahui apa yang betul-betul perlu kamu beli. Jangan sampai karena tergiur promo, kamu memesan jajanan secara berlebihan. Sayang banget kan jajanannya kalau tidak dihabiskan hehehe.

 

3. Pesan Jajanan dari Merchant Terpercaya

Meski mendambakan jajanan yang murah meriah, namun pastikan pesanan yang kamu beli memiliki rasa yang enak. Karena percuma murah, kalau tidak bisa dinikmati kan? Maka dari itu, kamu perlu memfilter merchant atau restoran yang ada di e-commerce sebelum bertransaksi. Caranya, cek rating atau penilaian si merchant dengan terlebih dulu mengunjungi “lapak jualannya” di aplikasi e-commerce. Hal ini guna mengetahui komentar dan pendapat pembeli terdahulu. Penilaian yang dituliskan pembeli lain di kolom komentar, bisa kamu jadikan acuan secara umum. Umumnya perolehan rating masing-masing merchant tergambar dari jumlah bintang yang diperoleh, mulai dari 3,5 hingga 5 bintang.

 

4. Download Aplikasi Promo

Saat ini banyak sekali aplikasi promo yang bermunculan dan menghadirkan promo-promo menarik. Masing-masing aplikasi tersebut sudah terhubung dengan berbagai restoran di seluruh Indonesia. Berbagai promo yang diberikan, diantaranya berbentuk potongan harga (diskon), cashback, dan gratis ongkos kirim. Kamu bisa mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut agar tidak ketinggalan informasi promo dari jajanan favoritmu.

 

5. Transaksi Cashless Bisa Dapat Voucher Extra

Ternyata di beberapa e-commerce, kita bisa mendapatkan promo ekstra jika bertransaksi secara non tunai alias cashless loh.  Jadi selain mendapatkan keuntungan dari potongan yang sedang berlaku, pembayaran melalui transfer perbankan maupun dompet digital juga mendatangkan potongan harga tambahan. Hal ini karena perbankan dan perusahaan keuangan digital sering melakukan kerja sama dengan sejumlah merchant dalam rangka promosi. Menarik banget kan Kawan PRIMA? Sangat cocok buat kamu yang ngaku dari kalangan cashless society.

 

Referensi:

https://wolipop.detik.com/sale-and-shop/d-5515773/jangan-kalap-begini-tips-berburu-barang-diskon-di-e-commerce

https://www.sallyponchak.com/aplikasi-promo-makanan/

https://www.wartaekonomi.co.id/read320439/dijamin-gak-kuras-kantong-begini-cara-cerdas-berburu-diskon-saat-belanja-online

 

Detik.com

Sallyponchak.com

Wartaekonomi.co.id

berita lainnya

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang jika tidak dirubah, hanya akan menjauhkan seseorang dari kesuksesan dan kekayaan.... Selengkapnya >
Jika kamu termasuk salah satu orang yang kesulitan menabung, produk perbankan bernama tabungan berencana atau tabungan berjangka bisa menjadi solusi.... Selengkapnya >
Menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi menjadi suatu keharusan. Sebab jika sudah jatuh sakit, potensi tertular virus corona akan semakin besar.... Selengkapnya >