Makanan yang tepat saat berpuasa

9 May 2019

  • Share

Puasa Idul Fitri sudah berjalan beberapa hari nih, Sobat PRIMA!

Di bulan puasa pun, kita tetap harus memerhatikan kesehatan dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu momen penting memasukan asupan gizi tersebut adalah pada saat berbuka puasa. Oleh karena itu, Sobat PRIMA harus memperhatikan gizi dan kalori yang dikonsumsi saat berbuka puasa ya! Supaya badan tetap fit selama berpuasa, catat yuk 5 hal di bawah ini untuk berpuasa nanti:

Hindari konsumsi kafein dan makanan manis berlebihan

Kafein dapat memicu naiknya asam lambung pada perut yang kosong, sehingga menyebabkan perut terasa  perih. Sedangkan makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan kantuk sehingga mengurangi konsentrasi. Selain itu, dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan obesitas.

Konsumsilah karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks ini bisa didapatkan dari makanan berbahan gandum, umbi-umbian, serta buah-buahan. Selain bergizi, makanan ini juga membuatmu kenyang lebih lama dan menambah energi hingga waktu berbuka.

Sayur-sayuran dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh

Konsumsilah sayur yang banyak agar serat tubuh terpenuhi. Kamu juga tidak boleh melupakan serat selama berpuasa. Serat dapat mencegah konstipasi dalam tubuh. Kamu bisa memenuhinya dengan mengonsumsi sayur-sayuran.

Jangan makan gorengan dan santan terlalu banyak

Meskipun puasa identik dengan dua hal ini, jangan mengonsumsinya secara berlebihan ya. Makanan-makanan ini dapat menimbulkan begah jika dikonsumsi secara berlebihan, apalagi saat berbuka. Terkhusus santan, dapat meningkatkan kadar asam lambung dan kolestrol lho.

Dianjurkan membatalkan puasa dengan buah kurma karena banyak manfaatnya

Kurma mengandung banyak gula alami, serat, mineral, fitonutrien, kalium, magnesium, zat besi, protein dan lemak. Kurma mudah dicerna sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi. Karena itu kurma dapat membantu kembalikan kadar glukosa darah dengan cepat sehingga kembali normal setelah seharian berpuasa.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air mineral

Yang paling penting, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum delapan gelas dalam sehari. Kebutuhan delapan gelas dalam sehari ini bisa kamu bagi menjadi: dua gelas saat sahur dan berbuka, dua gelas setelah tarawih, dan dua gelas sebelum tidur. Jika lebih justru akan lebih baik.

Nah, sudah tahu mau makan apa untuk berbuka nanti? Yuk, #LebihBaikPakaiGopay untuk hunting makanan sehat dan bergizi untuk berbuka nanti karena sedang ada beragam promo seru Bukber Berkah dengan GO-PAY nih, Sobat PRIMA. Simak promo selengkapnya di sini. Selamat berpuasa dan terus jaga kesehatan tubuh agar tetap fit ya!

REFERENSI:

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/rully-bunga/5-tips-memilih-makanan-saat-puasa-1/full

https://food.detik.com/info-sehat/d-4541304/ternyata-ini-manfaat-di-balik-tradisi-makan-kurma-saat-berbuka-puasa

https://www.go-jek.com/blog/promo-ramadan-go-pay/

berita lainnya

Uda rencanain Bukber tapi gagal melulu? Supaya acara ngumpul berjalan sukses tanpa rempong, simak aja tips-tips dari Jaringan PRIMA sebelum hubungin temen-temen kamu... Selengkapnya >
Kereta adalah salah satu transportasi favorit untuk perjalanan jauh di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, naik kereta juga bikin kamu bebas stres dari macetnya jalanan. Gerbong kereta yang nyaman dan bersih, ditambah pemandangan yang indah juga bikin kita betah selama perjalanan.... Selengkapnya >
THR. Salah satu hal yang paling kita tunggu-tunggu sejak awal bulan Ramadan. Mungkin beberapa di antara kita ada yang memakai THR untuk...... Selengkapnya >