Kesalahan Finansial First Jobber

18 May 2022

  • Share

 

Kawan PRIMA, awal usia 20-an adalah fase dimana kamu mulai bekerja dan mendapatkan penghasilan secara mandiri sehingga tidak lagi bergantung pada pemberian orang tua. Disaat itu, kamu akan memiliki ambisi yang kuat untuk memenuhi keinginan seperti membeli barang, melakukan kegiatan yang kamu sukai maupun bereksplorasi dalam banyak hal, mulai dari gaya hidup, berpakaian, percintaan dan banyak lainnya. Hal itu dapat memengaruhi finansial baik dalam jangka pendek maupun panjang. Mari kita simak beberapa kesalahan finansial yang sering dilakukan oleh para first jobber:

 

  1. Kebiasaan Nongkrong

Setelah bekerja lima hari penuh, biasanya para anak muda memberikan self-reward pada diri sendiri dengan nongkrong bersama teman-teman, seperti berpesta atau mungkin sekedar makan atau minum kopi. Budget yang dikeluarkan tentunya tidak murah, dan jika kebiasaan ini terus dilakukan akan berdampak pada keuangan jangka panjang.

 

  1. Nge-date Berlebihan

Menjalin hubungan atau pacaran adalah hal biasa bagi anak muda masa kini. Namun alih-alih memanfaatkan proses tersebut untuk mengenal satu sama lain lebih baik, seringkali masa pacaran dijadikan ajang untuk menghamburkan uang dengan melakukan dinner maupun liburan dengan biaya tak murah.

 

  1. Mengabaikan Budget Plan

Budget plan atau rencana keuangan merupakan pencatatan rencana serta pengeluaran dalam keuangan seperti kebutuhan sehari-hari, pendidikan, kesehatan, hiburan, hingga dana darurat. Tapi, banyak orang yang mengabaikan budget plan karena dianggap ribet, padahal dengan melakukan budget planning, maka rencana keuangan dapat lebih teratur serta dapat meminimalisir bencana keuangan yang akan terjadi di masa depan.

 

  1. Shopaholic

Kini, industri fashion dan teknologi sangatlah berkembang pesat. Model dan tren fashion maupun gadget terbaru setidaknya selalu muncul setiap bulannya. Kebiasaan anak muda yang tak mau ketinggalan dengan gaya fashion dan tren gadget terbaru menyebabkan kegiatan berbelanja menjadi kebutuhan utama. Hal ini dapat berdampak buruk jika dilakukan terus menerus.

 

  1. Menyukai Barang Branded

Siapa yang tak menyukai barang branded, barang yang berkualitas tinggi dan eksklusif? Ada prestige sendiri ketika memakai barang branded, inilah mengapa mereka lebih menyukai barang branded. Hal ini tidak menjadi masalah jika memiliki penghasilan yang sudah cukup tinggi dan stabil. Namun akan menjadi kebiasaan yang buruk kalau kamu memiliki penghasilan yang pas-pasan apalagi di masa pertama kamu bekerja.

 

Itulah beberapa kesalahan yang sering terjadi di masa pertama kamu bekerja yang patut kamu waspadai dan hindari. Kawan PRIMA, jadilah bijak dalam hal keuangan agar tidak ada penyesalan di hari tua.

 

 

Referensi:

Idntimes.com

Kompas.com

 

berita lainnya

Latte factor berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan. Perilaku tersebut merupakan sebuah contoh pengeluaran kecil yang jika diakumulasi akan menjadi pengeluaran besar.... Selengkapnya >
Kerajaan Inggris memberlakukan sejumlah aturan ketat bagi setiap anggota keluarga Kerajaan. Berikut adalah sejumlah makanan yang dijauhi oleh bangsawan Kerajaan Inggris.... Selengkapnya >
Mungkin ada kebiasaan dalam diri kita yang tanpa disadari merugikan orang lain dan justru berpotensi merusak hubungan. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan toxic yang bisa memperbanyak musuh... Selengkapnya >