Kartu ATM, Debit, Kredit. Apa Bedanya?

17 May 2024

  • Share

Kawan PRIMA, berbagai inovasi dalam dunia transaksi pembayaran sudah banyak dikembangkan oleh layanan payment gateway dan perbankan mulai dari QRIS, Mobile Banking, Debit hingga Tarik Tunai tanpa Kartu. Salah satu inovasi yang mungkin sudah akrab di masyarakat Indonesia adalah transaksi menggunakan kartu debit. Namun, di tengah maraknya pembayaran cardless, apakah kartu debit masih diminati?

Mengutip dari Kontan.com, data Bank Indonesia per Februari 2024 lalu menyatakan bahwa ada penurunan terhadap transaksi berbasis kartu sebesar 8,81% dengan nominal hanya mencapai 566 triliun. Meskipun begitu sejumlah bank mencatat adanya kenaikan transaksi berbasis kartu misalnya seperti BCA yang mencatat adanya peningkatan 10,5% per Desember 2023 lalu dan BTN yang mencatat peningkatan kenaikan sebesar 92% dibanding Februari 2023.

Nah, untuk Kawan PRIMA sendiri tahu tidak kalau baik kartu ATM dan debit itu memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan? Untuk mengetahui bedanya simak penjelasan versi Jaringan PRIMA:

1. Kartu ATM

Menurut CNBC Indonesia, Kartu ATM adalah alat pembayaran yang dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai dan pemindahan dana melalui mesin ATM.

2. Kartu Debit

Kartu debit diterbitkan oleh bank kepada nasabah sebagai sumber dana utama yang saldonya berasal dari pendapatan, tabungan, maupun simpanan. Kartu debit sendiri berfungsi untuk melakukan transaksi melalui mesin Electronic Data Capture (EDC). Namun demi efisiensi, saat ini bank mengeluarkan kartu ATM dan Debit yang digabung menjadi satu. Hal itulah yang membuat kedua jenis kartu ini tidak terlalu signifikan perbedaannya.

3. Kartu Kredit

Untuk kartu jenis ini memiliki perbedaan paling signifikan dibandingkan kartu ATM dan debit. Meskipun sama-sama merupakan alat transaksi pembayaran, kartu kredit dikeluarkan oleh bank agar nasabah dapat melakukan pembayaran barang atau jasa menggunakan dana dari bank dengan syarat dan bunga yang berlaku.

Di Indonesia memang lazim kartu ATM dan kartu debit dikeluarkan bersamaan, selain efisiensi, kenyamanan tentu menjadi faktor yang utama. Nasabah tidak perlu membawa banyak-banyak kartu untuk menikmati manfaat yang kurang lebih sama.

Jaringan PRIMA sendiri juga mendukung komitmen mitra bank dalam menghadirkan fitur debit kepada nasabah. Keunggulan kartu debit sendiri antara lain adalah:

Bagi Nasabah

  1. Nasabah dapat bertransaksi di semua mesin Electronic Data Capture (EDC) bank seluruh Indonesia
  2. Tidak dikenakan biaya oleh merchant
  3. Tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar

Bagi Merchant

  1. Satu mesin EDC untuk semua kartu
  2. Standarisasi besaran MDR
  3. Cash handling lebih efektif, menghindari risiko uang palsu dan pencurian
  4. Pangsa pasar lebih luas

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai fitur dari PRIMA Debit, Kawan PRIMA bisa mengunjungi website Jaringan PRIMA di jaringanprima.co.id. Tingkatkan terus transaksimu dengan Jaringan PRIMA!

 

Sumber:

Kontan.co.id

CNBCIndonesia.com

Bi.go.id

investopedia.com

 

berita lainnya

Wakil Direktur Utama PT. Rintis Sejahtera, Bapak Suryono Hidayat menyerahkan penghargaan 20th Years Appreciation Customer Loyalty Award kepada Bapak Irianto - Plt Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, dalam acara Customer Loyalty Awards Jaringan PRIMA, Senin, 24 Juni di Bank Jateng, Semarang... Selengkapnya >
Fitur tarik tunai tanpa kartu atau Cardless Cash Withdrawal (CCW) yang dapat dilakukan oleh nasabah melalui aplikasi mobile banking mereka.... Selengkapnya >
Meskipun sudah 48 juta masyarakat Indonesia terhubung dengan QRIS namun kita masih dihadapi dengan pertanyaan oleh merchant seperti “QRIS-nya pakai apa kak?”... Selengkapnya >