Covid-19 Bisa Menurunkan Kecerdasan

23 November 2021

  • Share

Kawan PRIMA, Covid-19 ternyata tidak hanya menyerang sistem kekebalan tubuh, namun juga berdampak pada penurunan tingkat kecerdasan seseorang. Temuan ini disampaikan para peneliti di Inggris melalui sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet pada Juli 2021. Awalnya riset ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana dampak gaya hidup modern terhadap kecerdasan warga Inggris. Namun karena saat proses pengambilan sampel bertepatan dengan kemunculan pandemi Covid-19, para peneliti juga akhirnya berupaya mencari tahu dampak virus corona bagi kecerdasan mantan pasien.

Studi ini dilakukan dengan menganalisis data dari 81.337 orang yang menjalani sebuah tes kecerdasan. Diantara para partisipan tersebut, sekitar 13 ribu orang diantaranya pernah terinfeksi Covid-19. Setelah memperhitungkan faktor-faktor, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengetahuan bahasa dari masing-masing partisipan, para peneliti menghasilkan temuan bahwa orang-orang yang pernah tertular atau penyintas Covid-19 cenderung memiliki kemampuan yang lebih buruk pada tes kecerdasan dibandingkan mereka yang tidak tertular virus. Para penyintas Covid-19 mengaku lebih kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan di dalam tes. Tugas-tugas tersebut berkaitan dengan penalaran, pemecahan masalah, dan penataan ruang.

Temuan ini berkaitan dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya. Penelitian sebelumnya mengungkapnya bahwa penyintas Covid-19 yang terjangkit long Covid, mengalami gejala brain fog atau “kabut asap”. Brain fog merupakan sebuah kondisi seseorang mengalami kesulitan berkonsentrasi dan kesulitan untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk berbicara.

Para peneliti mengatakan penurunan kecerdasan seorang penyintas Covid-19, tergantung seberapa serius infeksi yang dirasakan penderita. Mantan pasien dengan gejala berat atau mereka yang dirawat dengan bantuan ventilator, menunjukkan penurunan kecerdasan yang paling besar, yakni penurunan IQ sebanyak 7 poin.

Meski demikian, para peneliti belum dapat menarik kesimpulan yang tegas apakah Covid-19 bisa menurunkan kecerdasan atau IQ seseorang. Hal ini karena ada banyak faktor yang berpotensi turut mempengaruhi penurunan kecerdasan pada penyintas.

Jadi, meskipun terlihat ada penurunan kecerdasan pada orang yang pernah mengidap Covid-19, namun terkait penyebab dan berapa lama hal itu akan terjadi masih belum diketahui.

 

Referensi:

Kumparan.com

Kompas.com

Republika.co.id

Tempo.co

berita lainnya

Latte factor berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan. Perilaku tersebut merupakan sebuah contoh pengeluaran kecil yang jika diakumulasi akan menjadi pengeluaran besar.... Selengkapnya >
Kerajaan Inggris memberlakukan sejumlah aturan ketat bagi setiap anggota keluarga Kerajaan. Berikut adalah sejumlah makanan yang dijauhi oleh bangsawan Kerajaan Inggris.... Selengkapnya >
Mungkin ada kebiasaan dalam diri kita yang tanpa disadari merugikan orang lain dan justru berpotensi merusak hubungan. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan toxic yang bisa memperbanyak musuh... Selengkapnya >