Atur Liburan Impianmu Biar Anti Ribet!

14 December 2023

  • Share

Bulan Desember identik dengan musim liburan. Di bulan ini kita siap menutup tahun yang lama dengan berbagai kegiatan liburan yang menyenangkan. Bagi Kawan PRIMA yang sudah merencanakan destinasi perjalanan, kami ada nih tips agar liburan akhir tahunmu tidak ribet!

 

 1.Atur tujuan dan waktu kunjungan dari jauh hari

Di akhir tahun, pusat turis pasti akan ramai dan sulit untuk mendapatkan transportasi. Nah Kawan PRIMA bisa melakukan pengaturan ini dari 1-2 bulan sebelum hari keberangkatan. Bisa mulai dari menentukan tanggal, permohonan cuti, serta menyiapkan tiket transportasi. Kamu bisa menentukan transportasi favoritmu yang pembayarannya terhubung dengan mitra bank Jaringan PRIMA seperti kereta api (KAI), pesawat (Citilink, Super Air Jet, Lion Air, dan Sriwijaya Air), atau moda transportasi favorit lainnya.

 

 2.Buat daftar perjalanan dan lakukan riset

setelah menentukan tujuan dan transportasi, kamu bisa menentukan apa yang akan kamu lakukan di sana. Misal seperti menentukan hotel yang dekat bandara / stasiun, atau jenis wisata apa yang akan kamu hendaki (alam, perkotaan, atau kulineran). Pastikan juga tempat yang kamu tuju itu buka. Sebab, ada beberapa tempat yang jam operasionalnya mungkin berbeda dengan yang lain. Kawan PRIMA juga perlu memperhatikan waktu tempuh antardestinasi, apakah bisa diraih dalam sehari atau tidak.

 

 3.Terapkan metode travel light

Apa itu travel light? Ini adalah konsep liburan dengan ciri khas yaitu satu ransel untuk memuat seluruh perlengkapan liburan. Konsep ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur dengan tingkat mobilitas yang cukup tinggi. Keuntungan lainnya adalah, selain bawaan yang ringan, kemungkinan barang tercecer atau tertinggal dapat dikurangi.

 

 4.Cari partner liburan yang tepat

Partner liburan sangat berpengaruh terhadap liburanmu yang bakal ribet atau tidak. Misalnya, bila Kawan PRIMA merasa pergi berlima akan menyulitkan itinerary perjalananmu, kamu bisa memangkas menjadi berdua atau bertiga. Kawan PRIMA juga perlu kenal tipe teman liburanmu apakah kalian memiliki preferensi yang sama atau tidak.

Bedanya preferensi liburan akan sangat merepotkan saat pergi bersama dalam kelompok. Harus ada kesepakatan praacara yang dibuat agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan jauh dari konflik.

 

5.Gunakan alat pembayaran yang praktis

Buat kamu yang berencana pergi ke luar negeri pasti mencari lokasi Money Changer agar bisa bertransaksi di negara tujuan. Namun saat ini sudah banyak teknologi transaksi yang mengakomodasi pembayaran dengan sistem contactless seperti QRIS yang sudah bisa digunakan di Singapura, Malaysia, dan Thailand. Kamu jadi tidak perlu repot-repot mencari Money Changer dan membawa uang dalam bentuk fisik.

 

Itu dia tipsnya Kawan PRIMA, semoga liburan akhir tahunmu nyaman dan anti ribet ya. Selamat berlibur!

 

Sumber:

Kompasiana.com

detik.com

kompas.com

berita lainnya

Rupiah Digital merupakan uang Rupiah berbasis digital yang hanya diterbitkan oleh BI selaku bank sentral Indonesia. ... Selengkapnya >
Membuat resolusi adalah hal yang biasa dilakukan oleh kita semua saat memasuki awal tahun. Diharapkan resolusi tersebut bisa menjadi pemicu agar kita mampu menjalani tahun ini dengan lebih semangat. ... Selengkapnya >
Riset yang dirilis oleh Fortinet mengungkapkan serangan siber di seluruh wilayah Indonesia meningkat dua kali lipat sepanjang 2023. ... Selengkapnya >