Alasan Mengapa Kartu Debit Cocok jadi Alat Pembayaranmu

17 April 2024

  • Share

Kawan PRIMA, di tengah kemajuan teknologi yang memudahkan kita untuk melakukan proses transaksi hanya dalam satu genggaman saja, model transaksi konvensional seperti kartu debit masih diminati oleh sebagian besar masyarakat. Terbukti sepanjang tahun 2023 PT Bank Tabungan Negara (BTN) mengeluarkan sebanyak 7 juta kartu debit berlogo GPN dengan total nilai transaksi sebesar Rp 800 miliar.

 

BCA juga mencatat peningkatan yang baik terkait debit GPN mereka. Di 2023 terjadi peningkatan sebesar 45% dari transaksi kartu debit GPN yang mereka keluarkan dengan total nilai mencapai Rp 22,6 triliun sepanjang 2023. Hal ini mematahkan stigma bahwa pembayaran digital seperti QRIS akan mematikan penggunaan kartu debit.

 

GPN sendiri merupakan singkatan dari Gerbang Pembayaran Nasional  yakni sebuah sistem pembayaran nontunai yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) yang menghubungkan dan mengintegrasikan transaksi nontunai dengan seluruh instrumen perbankan. Sistem di sini maksudnya adalah semua yang meliputi standar, pelayanan, dan kanal-kanal pembayaran yang disetarakan sebagai instrumen pembayaran nasional.

 

Lalu, apa sih keunggulan kartu debit yang mungkin cocok untuk Kawan PRIMA dibandingkan metode pembayaran lainnya?

 1. Aman dari sinyal buruk

Buat Kawan PRIMA yang berada di wilayah atau tempat dengan sinyal buruk maka kartu debit menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan pembayaran. Sinyal buruk bisa terjadi di mana saja misal memang ada gangguan dari provider atau desain bangunan yang memang kedap sinyal. Saat momen itu terjadi dan menghindari antrian yang mengular, kartu debit lah jawabannya.

 2. Alternatif belanja tanpa menggunakan uang tunai

Kartu debit bisa memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi berbelanja. Sebab sang pengguna tidak perlu repot-repot membawa uang tunai dan mengandalkan mesin EDC yang disediakan oleh merchant. Dari segi keamanan pun lebih aman dan nyaman sebab kartu debit dapat menyelesaikan transaksi dengan angka yang spesifik atau sesuai kebutuhan.

 3. Fitur yang user friendly

Saat ini fitur pembayaran tagihan sudah banyak disediakan oleh M-banking, namun terkadang fitur yang menarik dan canggih kurang user friendly untuk beberapa penggunanya. Bagi kamu yang ingin melakukan pembayaran via EDC dengan tampilan sederhana, payment menggunakan kartu debit di mesin EDC menjadi pilihan yang tepat untukmu.

 4. Keuangan yang lebih terkontrol

Kemudahan dalam pembayaran digital terkadang membuat kita sedikit boros karena bisa melakukan pembayaran di manapun dan kapanpun. Untuk Kawan PRIMA yang sulit menahan godaan, maka kartu debit menjadi pilihan yang tepat sebab kamu bisa lebih mengontrol pengeluaran pribadimu sendiri. Sebab, untuk melakukan pembayaran atau penarikan tunai kamu masih tergantung terhadap ketersediaan mesin EDC di merchant atau ATM

 

Nah, itu dia keunggulan dari penggunaan debit yang mungkin cocok dengan gaya bertransaksi Kawan PRIMA semua. Dengan diandalkannya kartu debit sebagai alat pembayaran yang universal, Jaringan PRIMA pun terus mendukung model transaksi yang juga menawarkan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan bagi seluruh nasabahnya.

 

Sumber:

kontan.co.id

Kompas.com

tirto.id

 

berita lainnya

Liburan kenaikan sekolah bisa dijadikan momentum bagi Kawan PRIMA untuk berburu tiket dari jauh-jauh hari seperti tiket kereta api atau tiket pesawat.... Selengkapnya >
Kawan PRIMA, untukmu yang rutin menggunakan kartu debit dalam bertransaksi pernahkah mengalami kendala dan kamu tidak tahu apa penyebabnya?... Selengkapnya >
Kawan PRIMA sendiri tahu tidak kalau baik kartu ATM dan debit itu memiliki perbedaan meskipun tidak terlalu signifikan?... Selengkapnya >