5 TIPS AGAR PEDE BERBICARA DI SITUASI GENTING

28 July 2022

  • Share

Kawan PRIMA, tidak semua orang mampu bersikap percaya diri alias pede saat berada dalam situasi genting atau hectic. Misalnya saat diminta berbicara di depan umum secara mendadak, mengikuti interview kerja untuk posisi yang diidam-idamkan, melakukan presentasi di hadapan klien penting, atau bahkan momen saat bertemu dengan calon mertua untuk pertama kalinya. Kepercayaan diri seseorang bisa menciut di situasi genting seperti ini. Sebagian orang bahkan bisa mengalami efek tambahan seperti bolak-balik ke toilet karena tiba-tiba merasakan sakit perut dan semacamnya.  Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menyikapi ketidaksiapan tersebut?

 

1. Tenangkan Diri dan Bicara Perlahan

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat harus berbicara di situasi genting adalah dengan menenangkan diri terlebih dulu.  Saat panik, biasanya jantung kita akan berdetak lebih cepat. Hal tersebut akan mempengaruhi cara kita bernafas. Berbicara dengan kondisi seperti itu hanya akan membuat intonasi dan ekspresi kita saat berbicara menjadi berantakan. Untuk itu, saat panik cobalah bernafas dengan tenang, lalu

 

2. Perhatikan Postur Tubuh

 Cara berdiri maupun duduk seseorang, bisa menunjukkan apakah dia sedang merasa grogi atau percaya diri. Orang yang sedang grogi secara tidak sadar akan membungkukkan badannya serta menghindari kontak mata lawan bicara atau audience. Untuk menutupi perasaan grogi tersebut, upayakan mengatur posisi tubuh agar tetap tegap. Mungkin awalnya kamu akan merasa kesulitan. Namun bila dilakukan secara konsisten, perlahan akan terbiasa dan bisa menambah mengurangi rasa tidak pede kamu.

 

3. Tersenyum

Tidak banyak yang tahu bahwa tersenyum dapat membantu seseorang menjadi lebih pede. Saat berada di situasi genting, cobalah untuk menebarkan seyum sederhana dengan tatapan penuh keyakinan. Senyuman yang kamu berikan bisa membuat suasana yang tegang menjadi lebih cair.

 

4. Berpakaian Bersih dan Rapih

Tidak harus selalu mengikuti fashion yang sedang ngetren, mengenakan pakaian bersih saat bertemu dengan banyak orang, bisa membantu kamu tampil lebih percaya diri. Namun yang paling penting, gunakanlah pakaian sesuai dress code. Jika acara yang akan kamu hadiri merupakan acara formal, maka kamu bisa menggunakan jas maupun blazer, begitu pun sebaliknya. Selain itu penting juga memperhatikan kerapihan dan kebersihan diri sebelum bertemu banyak orang, seperti mandi sebelum acara dimulai, menyetrika pakaian, serta memotong rambut. Hal itu akan membantu kamu merasa lebih siap.

 

5. Latihan Berlatih

Agar lebih tenang dan tampil pede saat berbicara di situasi genting, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan latihan terlebih dulu dari rumah. Kamu bisa berbicara di depan cermin, untuk melihat bahasa tubuh apa yang perlu diperbaiki.

 

Referensi:

Liputan 6.com

Suara.com

Idntimes.com

Jawapos.com

berita lainnya

Berikut adalah 5 bentuk penyesalan terbesar yang sering dirasakan banyak orang di hari tua... Selengkapnya >